Begini Sejarah Upacara Minum Teh Jepang

Begini Sejarah Upacara Minum Teh Jepang

Pengenalan Upacara Minum Teh Jepang

Upacara minum teh dikenal sebagai chanoyu atau sado dalam bahasa Jepang, dan persiapan serta penyajian teh hijau bubuk dengan matcha disebut otemi. Chakai adalah pertemuan informal untuk ritual menyajikan teh, sedangkan acara yang lebih formal adalah chaji. Versi upacara alternatif tetapi kurang umum menggunakan daun teh dan dikenal sebagai senchado.

Sado atau Chanoyu adalah salah satu ritual Jepang yang dilakukan oleh seorang tuan rumah saat menjamu tamu dengan cara tradisional. Istilah chanoyu yang ditulis dalam huruf Jepang adalah 茶の湯. Chanoyu dapat dilihat pada karakter kanji yang terdiri dari berikut: cha (茶) untuk teh, no (の) sebagai partikel penghubung, dan yu (湯) untuk air panas atau air hangat. Kata chanoyu secara harfiah berarti “air panas untuk teh”.  Chanoyu memiliki nama lain yaitu chado (茶道) yang berarti “cara menyiapkan teh”, namun kemudian berkembang menjadi upacara minum teh yang lebih umum dalam tradisi Jepang.

teh kering di dalam teko tanah liat
Sumber : Pexels.com

Asal Usul dan Sejarah Upacara Minum Teh Jepang

Asal usul dan sejarah upacara minum teh di Jepang dianggap sebagai salah satu dari tiga seni klasik besar Jepang, upacara minum teh dapat ditelusuri kembali ke Buddhisme Zen pada tahun 815, bersama dengan upacara pemujaan untuk dupa kodo dan pemberian rangkaian bunga. Pada tahun yang sama, biksu Eichu kembali dari Tiongkok – tempat teh telah dikonsumsi selama ribuan tahun – dan secara pribadi menyiapkan sencha untuk Kaisar Saga. Terkesan, sang kaisar mendirikan perkebunan teh di wilayah Kink di Jepang barat, dan kaum bangsawan mulai menikmati minuman tersebut, meskipun teh baru populer pada abad ke-12.

Teh hijau digunakan dalam upacara keagamaan di biara, dan minum teh dikaitkan dengan kelas elit masyarakat Jepang. Pesta teh menjadi mode dan diterima secara luas bahwa teh hijau terbaik di Kyoto ditanam dari biji biksu lain yang dibawa ke Jepang dari Cina.

Awal periode Muromachi (1336-1573) melihat munculnya estetika Jepang, termasuk upacara minum teh, dan pada abad ke-16, minum teh menjadi hal yang umum di semua lapisan masyarakat Jepang. Sen no Rikyu mungkin adalah tokoh paling terkenal dalam sejarah teh Jepang dan filosofinya adalah bahwa setiap pertemuan harus disayangi karena tidak akan pernah bisa terulang kembali. Dia mengidentifikasi prinsip-prinsip yang harus dimasukkan ke dalam upacara minum teh: Harmoni, rasa hormat, kemurnian dan ketenangan. Kyoto dianggap sebagai daerah penanaman teh hijau terbaik di Jepang.

menuang teh putih di atas cangkir
Sumber : Pexels.com

Peran dan Makna Upacara Minum Teh dalam Budaya Jepang

Upacara minum teh di Jepang ini berbeda dengan cara minum teh murni pada umumnya. Chanoyu juga mengandung peran  dan makna dalam pelaksanaannya, antara lain:

1. Pembelajaran Tata Krama

Jepang dikenal sebagai negara maju yang membudayakan sopan santun dan kesopanan. Nilai etiket dan kesopanan tercermin dalam upacara minum teh atau chanoyu. Hal ini terlihat dari pelaksanaannya, biasanya tuan rumah yang menyelenggarakan upacara minum teh ini memberikan makanan ringan kepada para tamu sebagai pujian dan penghargaan.

2. Mencakup Rasa Hormat dan Nilai-Nilai Kekeluargaan

Masyarakat Jepang ditandai dengan rasa hormat terhadap orang lain. Penghormatan ini terutama terlihat dari yang lebih muda ke yang lebih tua, yang lain yang lebih dihormati, bawahan atasan dan tuan rumah termasuk tamunya, terutama saat melakukan upacara minum teh.

3. Melatih Ketepatan Waktu dan Kesabaran

Setiap langkah dalam penyiapan teh ini dilakukan dengan sangat hati-hati dan tidak boleh terburu-buru. Sama seperti seseorang duduk selama upacara minum teh. Selama upacara berlangsung, umat membutuhkan kesabaran dengan duduk dalam posisi seiza, dimana kedua lutut ditopang saat duduk. Karena upacara minum teh tidak dapat dilakukan dengan cepat dan hati-hati, posisi duduk ini harus dipertahankan hingga upacara. Beberapa orang yang tidak terbiasa dengan posisi duduk ini merasakan sensasi kesemutan. Oleh karena itu, diperlukan kesabaran saat menyiapkan teh dan menjaga posisi duduk. Upacara minum teh juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan. Disiplin tepat waktu, disiplin menjaga sikap duduk, dan disiplin menggunakan perangkat chanoyu.

4. Menjaga Kesehatan

Teh hijau diketahui mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat tersebut  yaitu, dapat memperkuat gigi, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi dan kanker, menyegarkan tubuh serta mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh.

foto upacara teh di atas meja
Sumber : Pexels.com

Alat dan Bahan yang Digunakan dalam Upacara Minum Teh Jepang

Berbeda dengan yang biasa saya lakukan, dalam upacara minum teh ada alat yang harus digunakan dengan urutan tertentu. Alat-alat yang digunakan selama ritual ini antara lain:

Sendok air (hishaku), tong air (okamo), mangkuk teh (chawan), sendok teh (chasaku), wadah bubuk teh (natsume), pengaduk teh (chasen) dan bubuk teh hijau (matcha). Namun, pada saat itu beberapa upacara minum teh dilakukan secara semi formal dengan aturan yang lebih sederhana.

Tahapan dan Urutan dalam Upacara Minum Teh Jepang

Upacara minum teh di Jepang tidak sama dengan minum teh pada umumnya. Ritual ini dilakukan sesuai dengan urutan dan aturan pelaksanaannya. Budaya ini memiliki makna dan filosofi tersendiri, mencerminkan karakter warga negara Jepang yang berhati-hati dalam bertindak, sabar, dan menghargai orang lain. Menghormati acara dan aturan etika tidak hanya menjadi tanggung jawab tuan rumah, tetapi juga berlaku untuk tamu undangan. Sebagai tamu, mereka harus mempelajari etika minum teh dan memakan makanan yang disajikan. Ritual ini meliputi pola pikir, kesederhanaan, tujuan hidup dan nilai seni. Orang yang mempelajari seni upacara ini harus mempelajari ritual selama bertahun-tahun atau bahkan menghabiskan seumur hidup untuk menyempurnakannya. Saat ini juga ada sekolah khusus yang mengajarkan upacara minum teh ini, karena pembelajaran ritual ini tidak hanya dipraktekkan, tetapi harus lebih diperdalam dan disempurnakan. Beberapa orang mengetahui bahwa tradisi ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup.

Perkembangan dan Pengaruh Upacara Minum Teh di Masyarakat Jepang

Upacara minum teh Jepang mengandung banyak makna kehidupan, terutama untuk masyarakat Jepang. Setiap prosesi upacara minum teh di Jepang memiliki makna yang penuh. Prosesi saling menghormati antara tamu dan tamu berarti saling menghormati dan setiap orang harus menghormati tamu. Prosesi, di mana kue manis atau kue okashi dibagikan untuk dibawa pulang oleh para tamu, berfungsi sebagai ucapan terima kasih kepada tuan rumah karena telah menyambut tamu, dan pelanggan yang menerima kue okashi juga harus menggunakan ini sebagai ucapan terima kasih untuk itu. mereka memberikan sesuatu kepada para tamu sebagai bentuk penghormatan. Saat pembuat teh membuat teh, setiap pemegang sangat berhati-hati dan sabar, serta tidak terburu-buru, artinya harus dilakukan sesuatu dengan hati-hati dan sabar. Minum teh tidak bisa sembarangan. Mangkuk teh saji diletakkan dengan sangat hati-hati karena pelayan harus memastikan bahwa motif mangkuk teh yang terbaik menghadap ke tamu. Oleh karena itu, sebagai tanda terima kasih dan hormat, peminum teh juga harus memutar teko sehingga orang tersebut menghadap tuan rumah.

“Bahwa upacara minum teh itu sakral. Pada saat yang sama dijelaskan bahwa tidak penting kapan teh dihirup, tetapi tentang persiapannya”. Saat teh disiapkan dan kemudian disajikan dengan anggun, alam mengingatkan kita pada diri kita sendiri, mengingatkan kita pada alam, mengingatkan kita pada perjalanan hidup, mengingatkan kita dari mana kita berasal dan ke mana kita akan pergi. Harmoni dan keseimbangan adalah “way of life”, sebuah proses anggun yang harus dipelihara, ditata dan dilatih setiap saat”

Ingin mencoba mempraktekkan upacara teh di rumah? Gampang, tinggal beli teh hitam saja. Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!