Mengenal Chai, Teh Rempah nan Menyehatkan dari India

Cara menyeduh chai teh rempah

Sejak ribuan tahun lalu, subkontinen India telah menjadi sumber inspirasi bagi berbagai tradisi kuliner yang meresap ke berbagai penjuru dunia. Salah satu warisan kuliner yang telah menembus batas negara dan menjadi kegemaran banyak orang adalah Chai. Sebuah minuman teh yang diolah dengan campuran rempah-rempah pilihan, memberikan aroma khas yang menggoda indera dan sejumla manfaat kesehatan. Menyeruput Chai bukan hanya sekedar menikmati rasa teh, melainkan juga merasakan kehangatan, tradisi, dan kekayaan budaya India yang mendalam. Dalam artikel ini, kita akan menyelami lebih jauh ke dalam dunia Chai, memahami sejarahnya, rempah yang digunakan, serta manfaat kesehatannya bagi tubuh kita.

Asal-usul Teh Chai dari India

Masala Chai berarti teh rempah-rempah pada zaman dahulu, awalnya merupakan minuman herbal untuk keluarga kerajaan India kuno. Kini, dengan populernya chai di seluruh dunia, membuat minuman yang awalnya hanya digunakan sebagai ramuan ini menjadi salah satu minuman yang paling digemari di berbagai kedai kopi di seluruh dunia. Saat ini, variasi teh susu yang tak terhitung jumlahnya ada untuk pecinta teh susu di seluruh dunia.

Dikatakan bahwa sejarah masala chai dimulai ribuan tahun yang lalu di sebuah istana kerajaan kuno. Beberapa legenda mengatakan minuman itu dibuat 9.000 tahun yang lalu, sementara yang lain mengatakan itu 5.000 tahun yang lalu. Ada juga yang mengatakan bahwa teh chai berasal dari Thailand. Dikatakan bahwa seorang raja menciptakan minuman ini sebagai minuman Ayurvedic, menyehatkan dan menyegarkan.

Sejak hari kelahirannya, teh susu masala telah dibuat dengan berbagai bumbu dan dibuat melalui berbagai cara, serta dapat diminum panas atau dingin sebagai obat untuk mengobati penyakit. Saat itu, minuman pedas manis dan panas itu bebas teh dan bebas kafein.

Pada awal 1900-an, British Indian Tea Association mulai mempromosikan konsumsi teh India di India. Karena teh hitam adalah bahan yang paling mahal, pemasok menggunakan susu, gula, dan rempah-rempah untuk menjaga rasa minuman sekaligus menekan biaya. Popularitas teh chai langsung menyebar. Teh chai menjadi lebih populer di India pada 1960-an ketika produksi teh mekanis membuat teh hitam terjangkau bagi orang India. Minuman ini sering dijual oleh pedagang kaki lima dan pedagang di kereta api sebagai chai wallahs, yang berarti orang teh, sejenis chai barista. Di sana mereka menyajikan teh chai kepada orang-orang. Chai juga digunakan untuk menyambut tamu di rumah.

Teh dan daun mint
Sumber : Pixabay.com

Rempah-Rempah dalam Teh Chai

Minuman khas India yang terbuat dari racikan rempah-rempah ini tidak hanya memiliki aroma yang eksotis dan rasa yang nikmat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan.

Nama asli teh chai adalah masala chai yang berarti teh dengan rempah-rempah. Meski merupakan minuman khas India, teh chai menggunakan rempah-rempah yang biasa ditemukan di rumah sehingga mudah untuk disiapkan di rumah. Teh yang digunakan biasanya teh hitam yang tidak kalah dengan aroma rempah dan rasa susu karena rasanya yang kuat. Sedangkan rempah  yang digunakan juga beragam, seperti kapulaga hijau, jahe, cengkeh, kayu manis, adas bintang, adas, pala, bahkan merica.

Berbeda dengan teh pada umumnya, teh chai menawarkan pengalaman minum teh yang baru. Teh chai tidak hanya memiliki aroma pedas yang khas, tetapi juga memadukan rasa teh yang creamy dan manis.

Manfaat Kesehatan Teh Chai

Selain nikmat dan menghangatkan tubuh, teh susu masala memiliki beberapa manfaat kesehatan berkat kandungan teh dan rempah-rempahnya. Menurut situs web Herbs with Rosalee, beberapa bumbu dalam minuman tersebut membantu pencernaan dan mengurangi mual, jadi teh susu masala paling baik disajikan setelah makan.

Selain nikmat dan menghangatkan tubuh, teh susu masala memiliki beberapa manfaat kesehatan berkat kandungan teh dan rempah-rempahnya. Menurut situs web Herbs with Rosalee, beberapa rempah dalam minuman tersebut membantu pencernaan dan mengurangi mual, jadi teh susu masala paling baik disajikan setelah makan.

Dengan memadukan bahan utama lima rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh dan lada hitam dengan teh hitam, teh masala chai menjadi minuman yang kaya khasiat dan bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Sebelum menikmati secangkir masala chai, atau teh chai pada umumnya, berikut manfaat teh chai untuk kesehatan:

1. Membantu Sistem Pencernaan Tubuh

Teh chai menggunakan jahe yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan rasa mual. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi 1 hingga 1,5 gram jahe setiap hari mengurangi gejala mual pada ibu hamil. Jika Anda meminum secangkir teh ini, Anda akan memenuhi kebutuhan jahe Anda dalam satu hari. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa rempah-rempah lain seperti kayu manis, kapulaga, lada hitam, dan cengkeh juga mengandung antioksidan tinggi, sehingga meminum secangkir chai setiap hari dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

2. Menjaga Kesehatan Gigi

Makanan yang terperangkap di antara gigi membentuk plak dan menjadi salah satu penyebab kerusakan. Namun kandungan salah satu rempah dari teh chai memiliki manfaat untuk meredakan radang gigi dan mengurangi sensitivitas  gigi. Minum teh chai juga bisa mengurangi bakteri dan plak mulut. Meski bukan obat, dengan meminum teh chai Anda bisa mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bakteri di mulut Anda.

3. Mendukung Kerusakan Sel Akibat Radikal Bebas

Bahan-bahan dari teh chai ini memiliki kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Saat pertama kali ditemukan, minuman ini sudah menjadi salah satu minuman herbal yang banyak diminum para bangsawan. Oleh karena itu, minum secangkir di pagi atau sore hari dapat membantu menjaga imunitas tubuh Anda.

4. Membantu Penyerapan Nutrisi

Lada hitam tidak hanya menambah rasa pedas pada teh ini, tetapi juga mengandung senyawa bioaktif bernama piperin, yang merangsang saluran pencernaan untuk menyerap nutrisi lebih cepat.

5. Menjaga Kekuatan Tulang

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Cambridge meneliti hubungan antara kekuatan tulang dan kebiasaan konsumsi teh pada wanita yang lebih tua dan menemukan bahwa peserta yang minum teh memiliki tulang yang lebih kuat daripada mereka yang tidak minum teh. Susu yang ditambahkan ke setiap teh chai juga menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis karena kandungan kalsiumnya.

6. Memiliki Aroma yang Menenangkan

Rempah-rempah ini memiliki aroma yang kuat, terutama jahe dan kapulaga. Dalam pengobatan alternatif India, kapulaga digunakan sebagai aromaterapi karena kandungan kapulaganya dapat menenangkan pikiran, sehingga Anda dapat merasakan efek menguntungkan bagi tubuh dan pikiran saat meminum chai.

cangkir teh
Sumber : Pixabay.com

Cara Membuat Teh Chai yang Sehat

Selain rasanya yang enak, chai India memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama karena kandungannya yang pedas. Seperti jahe yang menghangatkan tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh. Begitu pula dengan lada hitam, cengkeh, kayu manis dan adas, yang tidak hanya memberikan efek positif pada sistem kekebalan tubuh, tetapi juga kaya akan antioksidan.

Jadi jika ingin mencoba chai tidak perlu repot mencari restoran India. Anda sebenarnya bisa melakukannya sendiri di rumah. Bahannya mudah ditemukan dan cara pembuatannya juga sederhana. Ini resepnya!

Bahan – bahan:

  • 3-4 butir kapulaga hijau
  • 3 butir cengkeh
  • 1-2 cm kayu manis
  • 480 ml air
  • 1 sdt teh hitam
  • 2-3 sdm gula
  • ½-1 sdt jahe cincang atau ulek
  • 120 ml susu

Bahan opsional:

  • 2 biji adas bintang
  • 4 biji lada hitam
  • 2 biji adas manis

Cara Pembuatan:

  1. Haluskan rempah-rempah terlebih dahulu, agar rasa dan aroma chai cukup kuat, haluskan semua rempah : Jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, adas dan merica. Untuk menggiling, Anda bisa menggunakan penggiling atau mixer konvensional.
  2. Tuang 2 gelas air ke dalam panci. Kemudian tambahkan teh dan rempah-rempah yang dihancurkan. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
  3. Kemudian tambahkan susu, gula dan garam. Saat rendaman terserap dengan baik, tuangkan susu ke dalam panci. Tambahkan juga gula dan sedikit garam. Diamkan selama 2-3 menit atau sampai teh menjadi gelap dan kental. Kemudian matikan kompor.
  4. Saring chai dari sisa bumbu dan bubuk teh, lalu tuang ke dalam cangkir atau gelas. Chai siap disajikan. Minuman ini bisa diminum hangat atau panas.

Minuman ini mengandung 93 kalori, 11 gram karbohidrat, 4 gram protein, 3 gram lemak, 1 gram lemak jenuh, 9 mg kolesterol, 59 mg natrium, 120 mg kalium, 9 gram gula, 250 IU vitamin A, 103 mg kalsium, dan sekitar 103 mg kalsium. Villavers bisa mengatur jumlah susu dan rempah sesuai selera. Jika ingin rasa yang kurang kuat, rempah juga bisa dimasak tanpa diolah. Jika ingin rasa rempah yang sangat kuat, rempah bisa disangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan.

Secangkir teh dan buku
Sumber : Pixabay.com

Konsumsi Teh Chai di India dan di Seluruh Dunia

Karena teh chai semakin populer di seluruh dunia, begitu pula jumlah variasinya. Teh chai India biasanya dimaniskan dengan gula tebu lokal yang tidak dimurnikan yang disebut jaggery. Di tempat lain, di Amerika Serikat, beberapa menggunakan pemanis seperti gula tebu atau madu. Di India dan sebagian besar dunia, teh chai dibuat dengan campuran teh hitam. Di Kashmir, orang menggunakan teh hijau bubuk mesiu sebagai gantinya. Ada versi chai lain yang bebas kafein karena menggunakan teh rooibos. Susu dalam chai biasanya susu murni.

Di seluruh dunia, sebagian orang lebih menyukai susu skim, susu kedelai, atau susu non-susu lainnya. Beberapa kedai kopi Amerika bahkan menggunakan es krim vanilla untuk membuat teh susu beku. Di India, teh susu masala dibuat dengan bahan-bahan segar seperti jahe segar dan bumbu segar lainnya seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan lada. Beberapa daerah juga ada yang menambahkan kembang lawang atau star anise, pala dan sebagainya. Selama bertahun-tahun, nama masala chai bergeser menjadi chai atau bahkan chai tea. Ini agak menyesatkan, karena Masala Chai berarti teh yang dibumbui, sedangkan chai berarti teh. Istilah Chai Tea ada jadi lebih buruk karena jika diterjemahkan menjadi teh teh. Dan lucunya justru nama ini yang lebih populer.

Teh Chai dari India ini bisa menjadi alternatif minuman berempah jika bosan dengan minuman sekoteng ataupun wedang jahe. Untuk para Villavers yang sedang mencari teh hitam premium dengan kualitas terbaik, selalu ingat Teh Villa. Dengan kualitas daun teh terbaik, Teh Villa mampu memberikan berbagai macam manfaat. Untuk area Surabaya, nikmati layanan gratis pengiriman. Mari mulai hidup sehat dengan rutin minum teh hitam.