Ternyata, Teh Hitam dapat Menurunkan Resiko Stroke dan Penyakit Jantung

teh hitam mampu turunkan resiko stroke

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Tak kalah dengan jenis teh lainnya, manfaat teh hitam juga sangat kaya. Meskipun teh hitam dan teh hijau berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia Sinensis, namun teh hitam cenderung berwarna lebih gelap. Karena daunnya mengalami beberapa proses sehingga memiliki warna yang sangat gelap dari teh lainnya. Secangkir teh hitam sangat bermanfaat bagi kesehatan. Rutin minum teh hitam dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa minum teh hitam setidaknya dua sampai tiga kali sehari dapat mengurangi risiko kematian sebesar 13%. Minum lebih banyak teh juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. “Minum teh dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah di Inggris,” tulis para peneliti American National Cancer Institute seperti dilansir dari diabetes.co.uk.

Menurut Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ali Khomsan, dapat dilakukan upaya terbaik dengan memilih cara tradisional.  Salah satunya adalah mengonsumsi minuman alami yang dapat mengurangi radikal bebas seperti teh hitam. Karena teh dapat mencegah penggumpalan dan penumpukan darah. Para peneliti menemukan bahwa dengan meminum teh hitam, para relawan akan mendapatkan level yang lebih rendah dari penggabungan protein darah dengan proses pembekuan. Teh hitam memiliki manfaat yang sangaaaat baik dalam proses sirkulasi darah. Pakar kesehatan jantung Dr. Mohammad Taufik S.PJ mengatakan kalau khasiat teh hitam sangat baik bagi kesehatan jantung maupun kecantikan kulit Teh hitam ini di Indonesia maupun luar negeri sudah banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan.

Rutin Minum Teh dapat Mengurangi Risiko Stroke Sebesar 20%

Menurut data yang diterbitkan pada tahun 2012 di Food & Function, teh hitam dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke sebesar 10% sampai 20%. Dua tahun sebelumnya, salah satu penelitian terbesar tentang dampak minum teh pada jantung kesehatan diterbitkan dalam Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology. Studi ini diikuti lebih dari 37.000 orang di Belanda selama 13 tahun dan menemukan bahwa orang yang minum banyak teh lebih sehat dan terhindar dari kematian di akibatkan penyakit jantung dan stroke.

Beberapa penelitian di Juli 2012 dalam Laporan Farmakologi, menunjukkan bahwa antioksidan kuat dalam teh hitam, khususnya EGCG, dapat membantu mencegah aterosklerosis, penyakit arteri khusus koroner, karena efek anti-inflamasi mereka pada penumpukan plak di aliran darah dan dinding arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Jika Anda seorang peminum teh hitam, maka Anda akan mengalami risiko yang lebih rendah untuk stroke jantung. Menurut studi independen yang dilakukan Netherlands National Institute of Public Health, teh hitam mampu meningkatkan kesehatan jantung dan dengan demikian, bisa mengurangi kemungkinan stroke.

Teh Hitam Mengandung Senyawa Flavonoid

Penelitian yang dilakukan oleh Netherlands National Institute of Public Health and the Environment menemukan bahwa minum teh hitam dapat melindungi dari risiko stroke. Teh hitam mengandung flavonoid tingkat tinggi yang membantu mengurangi produksi LDL (kolesterol jahat) yang berkontribusi terhadap stroke dan serangan jantung.

Minum teh hitam juga diduga dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah yang rusak yang berujung pada serangan jantung. Menurut penelitian, minum sedikitnya tiga cangkir teh hitam sehari dapat melindungi seseorang dari risiko penyakit jantung atau stroke. Para peneliti studi terbaru berhipotesis bahwa manfaat minum teh berkaitan dengan bahan kimia yang terkandung dalam pohon teh, yaitu polifenol dan flavonoid. Kedua zat tersebut dikatakan dapat membantu mengurangi peradangan. Jenis polifenol tertentu yang disebut katekin memiliki efek antioksidan dalam tubuh, mengurangi stres sel, dan membantu mengurangi risiko penyakit. Polifenol ini juga ada dalam teh hijau. Bedanya, teh hitam dibuat dengan cara memaparkan daun teh ke oksigen, sehingga warnanya lebih gelap dan rasanya lebih kuat.

Teh hitam tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga mengandung fluoride yang membantu menjaga kesehatan mulut dan tulang. Selain itu, teh hitam telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri. Teh hitam juga membantu mengontrol hormon yang berkontribusi terhadap stres dan depresi serta membantu memperbaiki pencernaan. Kantong teh hitam dingin juga bisa digunakan untuk mengobati mata bengkak.

Teh Memiliki Kandungan Antioksidan dan Kafein

Antioksidan adalah senyawa yang membantu tubuh melawan radikal bebas, yang dapat mencegah perkembangan penyakit kronis. Teh mengandung antioksidan, terutama polifenol, yang dapat meningkatkan kesehatan. Banyak kelompok polifenol yang ditemukan dalam teh. Teh hitam mengandung theaflavin, thearubigins, dan katekin. Selain memiliki kandungan antioksidan, teh memiliki kandungan kafein.

Kadar kafein yang dianggap aman untuk dikonsumsi adalah 400 mg per hari. Secangkir teh hitam mengandung 47 mg kafein. Kafein dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kinerja atletik, suasana hati, dan kewaspadaan mental. Kafein dianggap sebagai zat peningkat kinerja dan latihan karena bertindak sebagai stimulan sistem saraf pusat. Review dari 40 penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat meningkatkan hasil daya tahan tubuh sebanyak 12%.

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!