Waktu Terbaik Minum Teh Hitam

waktu terbaik minum teh

Teh adalah minuman yang populer di seluruh dunia. Teh juga sering dikaitkan dengan mode ketenangan. Secangkir teh panas memang bisa meningkatkan mood, apalagi aroma tehnya yang kuat bisa memberikan efek lebih.

Secangkir teh hangat benar-benar dapat meningkatkan mood, terutama jika teh memiliki aroma yang kuat yang dapat lebih meningkatkan khasiatnya. Teh juga sering dikaitkan dengan menenangkan diri. Menurut penelitian dari NYU Langone Medical Center, teh sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan rasa dan racikan tehnya. Para peneliti mengatakan bahwa campuran teh, seperti lemon atau adas, dapat memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh, dan ketika dikonsumsi pada waktu yang tepat, manfaat tersebut dapat dimaksimalkan. Namun kapan sih waktu terbaik minum teh? Berikut 5 Waktu Terbaik Minum Teh Hitam agar Terasa Manfaatnya!

Sebelum Berolahraga

Secangkir teh sebelum berolahraga memiliki banyak manfaat seperti dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan dan fokus. Sedangkan secangkir teh setelah berolahraga akan menyegarkan dan mengisi kembali energi tubuh. Minum teh memang membantu proses metabolisme tubuh, apalagi minum teh sebelum olahraga. Tahukah Anda minum teh dan berolahraga adalah kombinasi yang sempurna? Minum teh sebelum berolahraga dapat memberikan energi, memperpanjang waktu olahraga, dan meningkatkan pembakaran. Jumlah katekin pada daun teh hitam dalam secangkir teh berperan penting dalam proses pembakaran lemak tubuh. Teh hitam relatif rendah kafein dibandingkan dengan kopi, yang lebih tinggi kafein.

Pagi Hari

Teh telah lama dikenal akan manfaat kesehatannya, namun kebanyakan orang tidak menyadari bahwa minum teh di pagi hari memiliki manfaat tersendiri. Teh adalah minuman pagi yang baik untuk membantu Anda rehidrasi ketika bangun tidur, itu juga membuat otak bekerja dan membantu mendapatkan energi untuk hari yang produktif. Minum teh di pagi hari juga dapat meningkatkan fungsi otak karena teh memiliki kandungan L-theanine dan kafein.

Siang Hari

Minum teh bisa menjadi pilihan lain saat memulai rutinitas pagi dan menghilangkan kepenatan di siang hari. Selain itu, minum teh di siang hari juga baik untuk tubuh sehingga waktu yang tepat untuk minum teh karena menyegarkan tubuh setelah bekerja. Selain itu, dengan meminum teh, tubuh juga dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, dan memenangkan pikiran.

Tentu saja, tidak mengherankan jika siang hari adalah waktu yang tepat untuk minum teh, karena dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Dan teh ini tidak menghasilkan efek samping yang mempengaruhi kesehatan. Memang benar kita minum teh untuk bersantai di siang hari.

Malam Hari

Minum teh pada malam hari dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Dalam hal ini, kandungan theanine dapat mengurangi hormon yang berhubungan dengan stres dan meningkatkan fungsi neuron bahagia di otak. Selain itu kandungan tersebut meningkatkan rasa tenang dan rileks pada tubuh yang merupakan cara mudah dan efektif untuk mengatasi gangguan tidur.

Setelah Selesai Bekerja

Saat Anda lelah bekerja atau menghadapi kemacetan lalu lintas, minumlah secangkir teh untuk menghilangkan rasa lelah Anda. Aromanya yang menyegarkan juga menjernihkan pikiran dari hal-hal negatif dan melemaskan otot-otot yang tegang. 

Manfaat lain dari minum teh dapat melawan radikal bebas. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Jika dibiarkan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti diabetes, aterosklerosis, tekanan darah tinggi, dan kanker. Antioksidan tampaknya mampu melawan kerusakan ini dengan menstabilkan radikal bebas. Pada saat yang sama, mereka juga membantu mencegah pembentukan lebih banyak radikal bebas. Di sinilah teh yang mengandung banyak antioksidan dalam bentuk polifenol. Jadi itulah 3 waktu terbaik minum teh hitam agar terasa manfaatnya.

Eitss, dari banyaknya manfaat yang diperoleh saat minum teh di waktu diatas, ternyata juga terdapat beberapa waktu yang tidak dianjurkan untuk minum teh. Berikut 4 waktu yang tidak di anjurkan untuk minum teh:

Setelah Minum Obat

Jika Anda terbiasa meminum obat dengan secangkir teh, sebaiknya hilangkan kebiasaan ini. Minum teh saat atau segera setelah minum obat bisa berbahaya. Ini karena bahan kimia dalam obat bereaksi dengan teh sehingga menyebabkan keasaman. Oleh karena itu, selalu disarankan agar Anda meminum obat hanya dengan air putih.

Saat Makan atau Sesaat Setelah Makan

Teh memang meningkatkan pencernaan Anda, tetapi meminumnya dengan atau segera setelah makan dapat mengurangi penyerapan nutrisi dari makanan Anda. Dalam jangka panjang, ini menciptakan kekurangan nutrisi. Cobalah untuk kasih jeda setidaknya satu jam antara waktu makan dan minum teh.

Sebelum tidur

Jika Anda memiliki masalah tidur, sebaiknya hindari minum teh beberapa menit sebelum tidur. Teh dikenal dengan khasiatnya yang menenangkan, namun kandungan kafein yang bisa membuat Anda menjadi susah tidur.

Perut Kosong

Banyak orang yang berpikir bahwa minum teh saat perut kosong akan meningkatkan metabolisme. Namun hal tersebut salah, teh memiliki kandungan antioksidan kuat dan polifenol yang terkandung dalam teh dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat mengiritasi lambung. Jadi usahakan sebelum mengkonsumsi teh, anda sudah mengisi perut dengan makan terlebih dahulu.

 

Jadi waktu terbaik minum teh versi Villavers yang mana nih?

Untuk para Villavers yang sedang mencari teh hitam premium dengan kualitas terbaik, selalu ingat Teh Villa. Dengan kualitas daun teh terbaik, Teh Villa mampu memberikan berbagai macam manfaat. Untuk area Surabaya, nikmati layanan gratis pengiriman. Mari mulai hidup sehat dengan rutin minum teh hitam. Simak video berikut untuk lebih mengenal premium black tea dari Teh Villa.