Manfaat dan Kandungan Teh Hitam

Manfaat dan Kandungan Teh Hitam

Teh hitam telah lama dikenal karena manfaat kesehatannya.Salah satu manfaat teh hitam adalah pencegahan penyakit jantung.Namun, teh hitam memiliki banyak manfaat lain jika dikonsumsi dengan benar.Teh hitam berasal dari daun tanaman Camellia sinensis, tanaman yang sama dengan teh hijau. Untuk membuat teh hitam, daun teh melalui proses pengeringan dan oksidasi sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap dari teh hijau. Selain rasanya yang kuat, teh hitam juga mengandung lebih banyak kafein dibandingkan teh lainnya. Teh hitam juga kaya akan antioksidan, sehingga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

100 gram teh hitam mengandung komponen gizi sebagai berikut:

  • 99,7 gram air
  • 1 kkal energi
  • 0,3 gram karbohidrat
  • 0,02 miligram zat besi
  • 37 miligram kalium
  • 20 miligram kafein
  • 3 miligram magnesium
  • 1 miligram fosfor

Selain itu, teh hitam juga mengandung polifenol seperti katekin, theaflavin dan thearubigin yang merupakan sumber utama zat antioksidan.

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan Karena kandungan nutrisinya, teh hitam memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat teh hitam untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Teh hitam mengandung antioksidan yang dikenal dengan flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung.Minum teh hitam minimal 3 cangkir per hari dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat konsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu mengurangi banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida, dan obesitas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Preventive Medicine menemukan bahwa minum teh hitam selama 12 minggu secara signifikan menurunkan kadar trigliserida, kadar gula darah, dan kadar kolesterol.

2. Mencegah obesitas

Asupan gula dan lemak yang berlebihan akan meningkatkan risiko obesitas. Teh hitam diketahui mengandung polifenol yang menghambat penyerapan lemak dan gula kompleks, sehingga menghambat penambahan berat badan.Namun, minum teh hitam juga harus diimbangi dengan olahraga teratur untuk mencegah obesitas.

3. Mengontrol Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan katekin dalam teh hitam terbukti dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Selain itu, teh hitam juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

Meski teh sendiri baik untuk diabetes, penderita diabetes perlu membatasi gula tambahan dalam teh. Sebab, terlalu banyak tambahan gula justru menghilangkan manfaat dari teh itu sendiri. Memilih minuman tanpa atau sangat rendah kalori, seperti teh tanpa gula, dibandingkan minuman manis, seperti soda dan minuman kopi, adalah salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan pengendalian diabetes.

Selain itu, teh mengandung senyawa tanaman yang dapat melawan kerusakan sel dan menurunkan peradangan serta kadar gula darah. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan kronis. Inilah mengapa teh bisa menjadi pilihan yang tepat bagi penderita diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat teh hitam dalam meningkatkan kesehatan otak juga sangat baik. Dalam sebuah studi tahun 2015 yang dipublikasikan di Public Library of Science , ditemukan bahwa manfaat teh hitam dapat meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa berusia 60 tahun ke atas. Selain itu, kandungan kafein pada teh hitam juga dapat digunakan sebagai pengganti kopi untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

5. Mencegah Kanker

Ada lebih dari 100 jenis kanker, beberapa di antaranya tidak dapat dicegah. Namun, polifenol dalam teh hitam membantu mencegah kelangsungan hidup sel kanker. Studi yang dipublikasikan Anticancer Agents in Medicinal Chemistry,  ini menganalisis efek polifenol dalam teh pada sel kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh hitam dan hijau dapat membantu mengatur pertumbuhan sel kanker dan mengurangi produksi sel kanker baru. Namun, minum teh hitam hanya bisa mencegah kanker, bukan menyembuhkannya.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi meningkatkan risiko gagal jantung dan ginjal, stroke, masalah penglihatan, dan serangan jantung.Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.Selain beberapa manfaat di atas, teh hitam juga dapat menjaga kesehatan usus, meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko batu ginjal, osteoporosis, dan mengobati kerusakan gigi tanpa obat.

7. Meningkatkan Kesehatan Usus

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Translational Medicine menunjukkan bahwa jenis bakteri yang ditemukan di usus berperan penting dalam mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu. Seperti penyakit radang usus, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, obesitas dan kanker.

Polifenol  dalam teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti salmonella. Selain itu, teh hitam juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh zat berbahaya dan meningkatkan bakteri usus serta kekebalan tubuh dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah  tinggi dapat meningkatkan risiko komplikasi kesehatan seperti diabetes tipe 2, obesitas, penyakit kardiovaskular, gagal ginjal, dan depresi.  Teh hitam adalah minuman yang terbukti  meningkatkan penggunaan insulin oleh tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan manfaat teh hitam karena meningkatkan insulin dalam tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hitam meningkatkan aktivitas insulin lebih dari 15 kali lipat. Namun untuk menurunkan kadar gula darah, bisa konsumsi teh hitam tanpa gula.

9. Meningkatkan Fokus

Manfaat teh hitam juga bisa meningkatkan fokus dan kinerja otak. Hal ini dikonfirmasi dalam penelitian di Nutrition Reviews, yang menemukan bahwa asupan rutin kafein dan L-theanine dari teh hitam memiliki efek terbesar dalam menjaga kewaspadaan dan fokus otak. Inilah mengapa beberapa orang mengalami energi yang lebih stabil setelah minum teh daripada minuman berkafein lainnya seperti kopi. Teh hitam adalah minuman yang tepat untuk diminum jika Anda ingin menambah energi dan fokus pada kegiatan sehari-hari.

Meski teh hitam memiliki banyak manfaat karena kandungan polifenolnya, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya bagi kesehatan.

Apabila di rumah stok teh habis, Anda bisa membelinya melalui website ini. Bisa menghubungi chat WhatsApp di bawah atau membeli mandiri di website ini. Selain memproduksi teh hitam premium, Teh Villa juga memiliki produk lainnya yaitu teh celup kotakteh villa sachetteh merah wangitumbler strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung.