Cara Menyeduh Teh Hitam yang Benar

Cara Menyeduh Teh Hitam yang Benar

Teh dianggap sebagai minuman yang mudah dibuat dan bisa dinikmati kapan saja. Cukup tuangkan air panas ke dalam cangkir, tambahkan sedikit gula, dan nikmati teh Anda. Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menikmati secangkir teh yang rasanya sesuai dengan keinginannya.

Ada yang menambahkan gula, susu, madu, lemon, atau tetap polos. Menyeduh teh harus dilakukan dengan cara yang benar agar teh terasa nikmat. Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, antara lain jenis dan suhu air, jumlah dan kualitas teh, serta waktu penyeduhan.

Ternyata ada panduan cara menyeduh teh yang benar dan benar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan menuai manfaatnya. Minum teh sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Namun, tidak semua orang mengetahui cara menyeduh teh untuk mendapatkan manfaat dari tanaman ini. Berikut cara menyeduh teh hitam yang benar:

1. Gunakan Air yang Tepat

Sekilas, airnya terlihat sama. Sebagian orang beranggapan bahwa semua jenis air – mulai air tanah atau air ledeng, air sulingan, air mineral – sama saja karena pada akhirnya harus direbus terlebih dahulu untuk memanaskannya. Namun nyatanya, jenis air yang berbeda dapat menyeduh rasa teh yang berbeda. Gunakan jenis air berkualitas tinggi, seperti air mineral dan air murni. Mata air terbaik untuk membuat teh memiliki pH netral sekitar 7.

2. Menyeduh Teh yang Benar Suhu Air yang Tepat

Beberapa teh hitam premium, seperti Darjeeling yang pertama kali diseduh, membutuhkan suhu seduh yang lebih rendah, sekitar 82 – 87 derajat Celcius. Namun, sebagian besar teh hitam dapat diseduh antara suhu 93 – 100 derajat Celcius.

3. Cara Menuang Air pada Teh

Menuangkan air saat menyeduh teh dengan cara menuangkan air dengan gerakan melingkar dan merata. Jika tidak menuangkannya secara merata, teh bisa rusak karena terlalu banyak air yang meresap ke dalamnya.

4. Proses Penyeduhan

Saat menyeduh teh hitam kantong, hanya diperlukan 200ml air panas untuk menyeduh secangkir teh. Selanjutnya, diamkan selama 3-5 menit agar teh mengembangkan rasa dan aromanya, setelah itu Anda bisa mengeluarkan kantong tehnya. Jangan merendam kantong teh dalam waktu yang lama, karena akan menghasilkan teh yang kental dan menimbulkan rasa pahit.

5. Setelah Menyeduh Teh Diamkan Beberapa Saat

Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Inframerah Murdijati Gardjito mengatakan, teh seduhan sebaiknya tidak langsung dinikmati. Biarkan selama sekitar lima menit. Ekstrak dari teh akan hadir dengan cara terbaik dan efektif. Teh, terutama teh hijau, memiliki kualitas yang bagus untuk kesehatan karena mengandung antioksidan yang tinggi.

6. Pilih Tempat untuk Membuat Teh

Tempat terbaik untuk membuat teh adalah di keramik karena tidak berbau dan rasanya lebih enak. Tuangkan air seduhan dengan gerakan memutar agar merata, lalu diamkan selama kurang lebih tiga menit sebelum dinikmati. Jika tidak merata maka teh akan rusak pada sisi yang terlalu banyak diseduh air.

cara menyeduh teh yang benar
Sumber: www.unsplash.com

Apakah Boleh Minum Teh Hitam Setiap Hari?

Selain memiliki warna yang lebih pekat, teh hitam juga memiliki cita rasa yang lebih khas dibanding jenis teh lainnya. Teh hitam juga mengandung lebih banyak kafein daripada teh lainnya, tetapi lebih sedikit dari kopi. Dilihat dari nutrisi di atas, kandungan antioksidan teh hitam cukup tinggi. Salah satunya bermanfaat meningkatkan kewaspadaan dan energi, dan beberapa orang memilih minum teh hitam untuk meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan energi. Itu karena teh hitam mengandung kafein dan asam amino L-theanine, yang membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. L-Theanine juga meningkatkan aktivitas otak, memberikan relaksasi dan fokus yang lebih baik pada tubuh Anda.

Secara umum, teh hitam bermanfaat dan aman. Namun, Anda perlu memperhatikan asupan harian Anda karena efek samping dapat terjadi. Karena kandungan kafein di dalamnya, minum teh hitam dalam jumlah banyak, sekitar 2-3 cangkir per hari dapat menimbulkan efek kesehatan.

Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotaktumbler strianerteh villa sachetteh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.