Mengatasi Flek Hitam dengan Teh Hitam

Mengatasi Flek Hitam dengan Teh Hitam

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam pada dasarnya adalah tanda alami penuaan. Jika Anda sudah lebih tua, biasanya kulit Anda tidak dapat memproduksi kolagen untuk memperkuat jaringan kulit. Akibatnya, bintik hitam bisa muncul. Namun, flek hitam kini tak hanya terlihat pada usia lanjut, tapi juga pada orang yang masih muda. Paparan radikal bebas dan sinar UV dari matahari membuat flek hitam ini rawan muncul. Untuk mengatasi masalah ini, kebanyakan orang menggunakan perawatan atau produk perawatan kulit. Namun tidak semua orang bisa melakukan perawatan, atau bahkan harga produk skin care yang bisa memeras kantong.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, bahan alami bisa dijadikan solusi, salah satunya adalah teh hitam. Lantas bagaimana cara menggunakan teh hitam ini untuk menghilangkan flek hitam?

flek hitam di wajah dihilangkan dengan teh hitam
Sumber : Canva.com

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Teh

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang relatif lebih aman, mudah, dan murah. Salah satu bahan ini adalah teh hitam. Teh hitam sepertinya menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah. Mengoleskan air teh hitam pada kulit gelap dapat membantu mengatasi flek hitam tersebut. Pasalnya, air teh hitam memiliki efek mencerahkan pada kulit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan daun teh hitam ke dalam air mendidih dan diamkan selama sekitar dua jam. Saring dan tambahkan bola kapas ke dalam air teh hitam. Anda dapat menggunakannya dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

Beberapa Bahan Alami Lainnya untuk Mengatasi Flek Hitam

1. Gunakan Masker Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu penyembuhan luka. Kunyit juga efektif sebagai antiperadangan. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan kunyit sangat sederhana. Awalnya, campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit air, atau untuk hasil terbaik jika dicampur dengan perasan lemon. Oleskan pasta kunyit ke area wajah dengan bintik hitam dan biarkan selama 15 menit.

2. Oleskan Sari Lemon

Secara umum, lemon mengandung banyak vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Dengan cara ini, lemon juga bisa digunakan untuk menutupi bintik hitam di area hidung. Jika ingin merasakan manfaatnya, coba basahi kapas dengan air perasan lemon. Kemudian, oleskan lapisan tipis secara merata di atas area hidung. Diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Namun, pastikan tidak ada jerawat atau luka di hidung yang bisa memperparah masalah kulit.

3. Oleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung senyawa aloin dan asam salisilat yang secara alami dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Untuk merasakan manfaatnya, oleskan lidah buaya pada area hidung yang memiliki flek hitam. Ambil setangkai lidah buaya, cuci bersih, kupas, dan buang gel lidah buayanya. Lalu, oleskan gel lidah buaya pada area hidung pada malam hari sebelum tidur. Jadikan gel lidah buaya menjadi masker wajah. Diamkan hingga gel lidah buaya terserap ke dalam kulit, lalu bilas dengan air bersih suam-suam kuku. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil terbaik.

4. Konsumsi Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak Biji Anggur, produk alami lainnya yang dapat membantu mencerahkan flek hitam pada wajah. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak biji anggur secara rutin selama enam bulan bermanfaat bagi orang dengan kondisi kulit yang disebut melasma, mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

5. Oleskan Madu

Madu tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga menghilangkan flek hitam di hidung. Itu karena madu mengandung antioksidan yang mencerahkan dan meratakan warna kulit Anda. Dengan cara ini, madu juga bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit, bahkan di area hidung. Oleskan madu tipis-tipis pada area hidung dan biarkan selama 5-10 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat bersih. Anda juga bisa membuat lulur dengan campuran madu dan garam atau gula. Gunakan campuran ini untuk memijat lembut area hidung. Selain menghilangkan flek hitam, scrub juga mengangkat sel kulit mati.

kantong teh hitam dicelupkan ke dalam gelas
Sumber : Canva.com

6. Tempelkan Teh

Ekstrak teh memiliki efek depigmentasi pada kulit. Anda bisa merendam kantong teh dalam air mendidih selama beberapa menit, lalu meludahkannya. Biarkan kantong teh mendingin, lalu oleskan pada area kulit dengan bintik hitam. Ulangi dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

7. Oleskan Cuka Apel

Cara menghilangkan flek hitam di hidung yang pertama adalah dengan menggunakan cuka apel. Pasalnya, cuka apel mengandung asam asetat yang memiliki khasiat mencerahkan dan meratakan warna kulit. Jika Anda ingin merasakan khasiat cuka sari apel untuk menghilangkan flek hitam di hidung, caranya mudah. Campurkan beberapa tetes cuka sari apel dan air mendidih dalam mangkuk kecil. Lalu, oleskan campuran cuka sari apel dan air mendidih ke area hidung yang berbintik hitam. Tutup mulut Anda selama sekitar 2-3 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin dua kali sehari untuk hasil yang maksimal

8. Mengaplikasikan Susu

Susu mengandung asam laktat yang membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit, termasuk bintik hitam. Cara menggunakan susu untuk menghilangkan flek hitam di hidung sangat sederhana. Anda bisa menuangkan susu secukupnya pada kapas. Lalu, usapkan kapas tersebut ke area hidung, jadikan seperti masker. Diamkan beberapa menit sampai kapas tidak terlalu basah. Lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara tersebut beberapa kali dalam seminggu agar hasilnya optimal.

9. Menggunakan Kentang

Kentang mengandung pati yang dapat mengatasi flek hitam atau noda pada kulit, termasuk area hidung. Pada saat yang sama, enzim dalam kentang dapat digunakan untuk menutrisi kulit. Cara menghilangkan flek hitam di hidung dengan kentang sangat sederhana. Kupas, cuci, dan parut kentang. Kemudian, campur kentang parut dengan satu sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut pada area hidung yang terdapat flek hitam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau hingga kering dan bilas dengan air hangat.

10. Mengaplikasikan Oatmeal

Kandungan saponin dalam oatmeal membantu pembersihan seperti menghilangkan kulit mati dan menyamarkan bintik hitam di area hidung. Oatmeal juga melembabkan, menghaluskan dan meremajakan kulit agar kulit tampak lebih sehat. Cara pengaplikasikannya dengan menumbuk oatmeal halus. Kemudian, tambahkan jus lemon dan oleskan campuran tersebut ke area hidung sebagai masker. Diamkan beberapa saat hingga masker mengering, lalu bilas menggunakan air hangat.

11. Mengaplikasikan Mentimun

Saat dioleskan ke masker wajah, mentimun memiliki efek menenangkan. Selain itu, timun juga bermanfaat untuk menghilangkan noda pada kulit, termasuk di area hidung. Pasalnya, timun mengandung vitamin C yang bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit. Untuk menghilangkan flek hitam di hidung, cuci mentimun dan parut. Lalu oleskan parutan mentimun pada hidung yang berbintik hitam. Biarkan hingga sari mentimun meresap ke dalam kulit, kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas bersih dengan air hangat.

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!