Mengatasi Jerawat pada Wajah dengan Ampas Teh

Mengatasi Jerawat pada Wajah dengan Ampas Teh

Setiap orang selalu ingin memiliki wajah yang bersih dari jerawat, kencang dan halus. Teh selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata berguna juga untuk perawatan kecantikan. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa teh hitam juga mengobati berbagai masalah kulit seperti jerawat. Antioksidan, anti penuaan dan anti inflamasi yang terdapat pada teh bisa membantu menjaga kulit menjadi sehat dan bantu atasi jerawat dengan teh. Teh juga dapat mengatasi jerawat karena memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Menurut penelitian dari jurnal Antioxidants, bahwa komponen polifenol dalam teh dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, kandungan polifenol juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan membunuh bakteri dan manfaat masker wajah kantong teh dapat membantu dalam mencegah infeksi bakteri penyebab infeksi jerawat di wajah.

Apakah Teh Aman untuk Wajah?

Teh memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Walaupun daun teh bersifat asam, namun kandungan vitamin E pada daun teh tetap ada, sehingga daun teh dapat mencerahkan kulit wajah dan menjaga kekenyalan kulit. Selain itu teh juga memiliki kandungan antioksidan yang membantu membuka pori-pori kulit, membersihkannya dan  menghilangkan komedo. Teh memiliki kandungan katekin di dalamnya yang memiliki sifat antibakteri. Fungsinya, melawan bakteri penyebab jerawat dan mengatur kadar hormon tubuh untuk mencegah jerawat. Teh juga dapat membantu menyembuhkan kulit rusak, memungkinkan tubuh melawan efek radikal bebas. Mengonsumsi teh secara teratur dapat menekan produksi sebum dan mengurangi peradangan yang merupakan pemicu masalah jerawat.

1. Membuat Kulit Awet Muda

Ampas teh dapat memperbaiki warna kulit, menghilangkan bintik hitam akibat polutan di wajah, dan mengelupas sel kulit mati untuk merevitalisasi kulit. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah, berikut caranya: Ambil dua kantong teh bekas. Lalu keluarkan ampas teh dari kantong. Tambahkan dua hingga empat sendok makan madu. Tambahkan perasan lemon. Lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini secara rutin, sekali sampai dua kali seminggu.

bersihkan jerawat dan mata panda dengan kantong teh celup
Sumber : Canva.com

2. Menghilangkan Kantung Mata

Antioksidan dan tanin yang terkandung dalam teh dapat membantu merawat kantong di bawah mata. Ampas teh juga bisa menyempitkan pembuluh darah kecil di belakang mata sehingga menyebabkan mata membesar akibat kantong di bawah mata. Kandungan vitamin pada teh juga dapat membantu menutupi lingkaran hitam. Untuk menghilangkan kantong mata, masukkan 2 kantong teh ke dalam lemari es selama 30 menit. Lalu letakkan kantong teh dingin di kelopak mata yang tertutup setelah dingin, tunggu selama 15 menit. Ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mencegah Penuan Dini

Teh hitam mengandung antioksidan dan polifenol dalam jumlah tinggi, yang diketahui dapat menunda penuaan dini pada kulit. Meminumnya atau menggunakan kantong teh hitam pada wajah dapat melindungi kulit dari pembentukan kerutan. Teh hitam juga dapat mengurangi produksi gen yang menghasilkan enzim pendegradasi kolagen, menurut banyak penelitian. Selain itu, teh hitam lebih efektif mengurangi kerutan dibandingkan jenis teh lainnya.

4. Menghilangkan Jerawat

Senyawa katekin dalam teh bertindak sebagai antimikroba untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Sebagai salah satu penyebab utama jerawat, katekin dapat membantu meredakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Sifat anti-inflamasi dari daun teh juga dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan yang terkait dengan jerawat. Zat Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh juga dapat membantu mengobati jerawat dengan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk menghilangkan jerawat dengan langkah-langkah berikut, ambil ampas teh dan campurkan dengan sedikit air untuk dijadikan masker. Oleskan secara merata pada wajah yang berjerawat. Setelah 10-15 menit, bilas dengan air dingin.

5. Membantu Proses Pengelupasan Kulit

Tekstur daun teh kering dapat membantu pengelupasan dan mengangkat sel kulit mati dan polutan lainnya. Caranya, campurkan satu sendok teh daun teh kering, satu cangkir gula pasir, satu setengah cangkir minyak zaitun, dan dua sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah atau tubuh, lalu gosok dengan gerakan melingkar. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

teh hitam mulai dicelup ke dalam cangkir
Sumber : Canva.com

6. Sebagai Toner

Teh memiliki kandungan katekin yang dapat membantu meredakan masalah jerawat, melawan tanda-tanda penuaan, menyegarkan dan membersihkan kulit, serta memiliki sifat antiseptik. Teh juga mendinginkan kulit. Langkah-langkah membuat toner dari teh yaitu,  seduh teh dengan air panas, lalu diamkan hingga suhu airnya dingin. Masukkan seduhan teh kedalam botol spray agar mudah di aplikasikan muka. Siapkan kapas bersih, semprot air teh yang sudah di seduh sebelumnya lalu usap seluruh bagian wajah. Lalu tepuk-tepuk wajah agar lebih meresap, lalu lanjutkan dengan produk perawatan kulit lainnya, misalnya esens, serum atau moisturizer (pelembap). Gunakan toner secara teratur untuk mendapatkan kulit yang sehat terawat.

 

menggunakan masker yang terbuat dari teh hitam
Sumber : Pexels.com

8 Cara Menggunakan Ampas Teh untuk Wajah

Membuat masker wajah dari teh hitam bisa menggunakan ampas teh hitam yang dibuat menjadi masker. Cara membuat masker wajah dari teh hitam cukup sederhana, ikuti cara dan langkahnya di bawah ini

  1. Ingatlah untuk mencuci muka sampai bersih.
  2. Kemudian oleskan ampas teh hitam tersebut secara merata pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Kemudian bilas dengan air hangat.
  4. Lakukan secara rutin minimal 2 kali seminggu.
  5. Penggunaan secara teratur dapat membantu mengatasi jerawat.
  6. Dengan mengoleskan ampas teh sebagai masker wajah, akan cepat membersihkan wajah dari jerawat dan bekasnya.
  7. Selain digunakan mejadi masker wajah, residu dalam kantong teh dapat digunakan sebagai pengganti toner.
  8. Daun teh akan membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, mengecilkannya dan menjaganya agar tetap terhidrasi.

 

Untuk para Villavers yang sedang mencari teh hitam premium dengan kualitas terbaik, selalu ingat Teh Villa. Dengan kualitas daun teh terbaik, Teh Villa mampu memberikan berbagai macam manfaat. Untuk area Surabaya, nikmati layanan gratis pengiriman. Mari mulai hidup sehat dengan rutin minum teh hitam, dan membersihkan wajah dengan teh.