Manfaat Teh Celup Bekas untuk Mata

Manfaat Teh Celup Bekas untuk Mata

Apakah Anda minum teh secara teratur, tetapi langsung membuang teh celup bekas? Kantong teh tersebut ternyata dapat dimanfaatkan loh! Anda bisa menggunakan teh celup bekas ini untuk mengobati berbagai kondisi mata. Beberapa manfaat menggunakan teh celup bekas untuk mata adalah menghilangkan mata panda atau kantong di bawah mata. Pengobatan rumahan menggunakan kantong teh bekas adalah pilihan yang terjangkau dan alami. Namun, jangan sembarang menggunakan teh celup. Sebaiknya gunakan kantong teh hitam, teh putih atau teh hijau. Berikut beberapa manfaat Teh celup bekas untuk mata:

1. Mengurangi Radang atau Pembengkakan Mata

Kandungan flavonoid, salah satu antioksidan dan tanin pada teh hitam dan hijau, memberikan efek positif pada mata sembab. Menurut International Journal of Molecular Sciences, flavonoid juga membantu menjaga kekencangan kulit di sekitar mata. Selain itu, kafein dapat mengecilkan pembuluh darah di jaringan sehingga mengurangi pembengkakan.

2. Membantu Mengobati Mata Merah

Teh ini dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan yang keluar dari mata sekaligus mengurangi pembengkakan dan iritasi mata. Sedangkan teh hijau memiliki sifat antibakteri, artinya melawan bakteri penyebab iritasi mata dan kemerahan

3. Menutupi Lingkaran Hitam

Kurang tidur sering menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata. Lingkaran hitam alias mata panda memang bisa sangat mengganggu. Salah satu cara alami untuk menghilangkan mata panda adalah dengan meletakkan kantong teh di atas mata. Pilih teh hitam atau hijau, karena mengandung kafein, yang dapat menghidupkan kembali pembuluh darah di sekitar mata. Akibatnya, dapat lebih menyembunyikan tampilan lingkaran hitam

4. Meringankan Bintitan Mata

Bintitan pada mata biasanya ditandai dengan benjolan kecil di tepi kelopak mata. Nah, gunakan teh hitam untuk menghilangkan bintitan atau kantung di bawah mata. Nah, menggunakan teh hitam bisa menjadi cara untuk menghilangkan bintitan atau kantung pada mata. Hal ini dikarenakan teh tersebut memiliki sifat antibakteri sehingga membantu mengobati iritasi mata secara alami.

5. Mengatasi Gejala Rosacea

Kondisi kulit rosacea sering terjadi dan biasanya menyebar ke area sekitar mata. Untuk mengatasi gejala Rosacea bisa menggunakan teh untuk mengurangi bintik merah dan iritasi.

6. Melembabkan Mata yang Kering

Mata kering salah satunya jika Anda sering bepergian dengan kendaraan roda dua atau bekerja di ruangan ber-AC seharian. Nah, manfaat lain dari kantong teh bekas untuk mata adalah untuk mengatasi mata kering. Teh hitam dapat membantu menjaga kulit di sekitar mata tetap terhidrasi, menjaga mata agar tidak kering saat terkena polusi atau dingin.

7. Mengatasi Mata Memar

Teh celup bekas dapat digunakan untuk mengobati mata yang memar, bengkak atau lebam. Teh ini dapat membantu meredakan pendarahan internal, menenangkan kulit yang teriritasi, dan meredakan sakit atau perih pada mata.

manfaat kantong teh celup bekas untuk mata

Cara Menggunakan Teh Celup Bekas untuk Mata

Cara mendapatkan manfaat mata dari kantong teh bekas sangat sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Gunakan kantong teh biasa untuk membuat teh, lalu keluarkan kantong teh dan peras airnya agar tidak terlalu basah.
  2. Biarkan kantong teh mendingin atau simpan di lemari es selama 10-20 menit.
  3. Tempatkan kantong teh di atas mata tertutup sambil menggunakan jari Anda untuk memijat lembut di sekitar area mata.
  4. Lakukan ini selama 15-30 menit. Jangan mengoleskan kantong teh ke mata Anda saat masih panas, karena dapat mengiritasi mata.
  5. Hati-hati dengan kantong teh bekas karena mata adalah area sensitif. Untuk alasan ini, penting untuk mempraktikkan kebersihan tangan sebelum melanjutkan perawatan. Hapus juga riasan terlebih dahulu, terutama di sekitar mata. Pastikan kantong teh bekas yang akan Anda gunakan dalam keadaan bersih dan tidak rusak. Potong talinya agar tidak mengganggu.

Jadi, sangat bermanfaat sekali ya bekas kantong teh celup  itu. Bila Anda ingin membeli teh celup kotak, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), tumbler strainerteh villa sachetteh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.