Minum Teh Bisa Membuat Orang Lebih Kreatif, Apa Benar?

Minum Teh Bisa Membuat Orang Lebih Kreatif, Apa Benar

Teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Selain nikmat, kandungan antioksidan yang tinggi pada minuman berwarna coklat tua ini dipercaya dapat menangkal berbagai penyakit serius dan menurunkan berat badan secara alami.

Pernahkah Anda mendengar bahwa kebiasaan minum teh dapat membuat orang menjadi lebih kreatif? Rupanya, beberapa penelitian menemukan hal ini benar, dan orang yang minum banyak teh lebih kreatif daripada mereka yang hanya minum air putih.

Teh mengandung kafein dan theanine, yang dapat meningkatkan kecepatan berpikir, ketepatan dan fokus. Studi juga menemukan bahwa manfaat mengkonsumsinya tidak langsung terasa, memakan waktu sekitar 30 hingga 60 menit. Menurut para peneliti di Universitas Peking di China, teh memiliki efek psikologis yang positif. Mereka menemukan bahwa teh dapat meningkatkan mood dan membuat peminum teh merasa lebih rileks, seperti meditasi.

Alasan Minum Teh bisa Bikin Seseorang Lebih Kreatif

Sebuah studi oleh Peking University di China yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food Quality and Preference menunjukkan bahwa teh meningkatkan fokus dan keterampilan berpikir otak, membuat orang lebih kreatif saat menghasilkan ide. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim psikolog di Universitas Peking, hingga 50 siswa berusia antara 20 dan 23 tahun mengambil bagian dalam penelitian untuk mengetahui efek minum teh pada kesehatan otak. Sebelum mengikuti tes, separuh responden diminta minum secangkir teh hitam, sedangkan separuh lainnya hanya minum segelas air putih, lapor The Independent. Setelah itu, para siswa yang terlibat dalam penelitian ini diberi dua tugas, yang pertama merancang bangunan yang menarik. Setelah itu, buat nama brand yang unik dan “out of the box” untuk restoran tersebut.

Ide responden ini kemudian dinilai oleh mahasiswa lain yang tidak terlibat dalam penelitian. Hasilnya, siswa yang meminum secangkir teh hitam memiliki skor kreativitas rata-rata lebih tinggi, 6,54 berbanding 4,11. Sedangkan siswa yang minum segelas air sebelum ujian hanya mendapat nilai 6,03 dan 3,78. Meskipun tidak jelas berapa banyak minum teh dalam meningkatkan pemikiran kreatif seseorang, penelitian ini membuktikan bahwa dua zat terbesar dalam teh, kafein dan theanine, membantu meningkatkan kinerja otak, membuat mereka mampu berpikir lebih fokus.

Minum Teh Bisa Membuat Orang Lebih Kreatif, Apakah benar

 

 

Benarkah Teh dapat meningkatkan Fungsi Kongnitif seseorang?

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food Quality and Preference tersebut menunjukkan bahwa dua komponen utama dalam teh dianggap berperan penting dalam meningkatkan fungsi kognitif. ”Dua komponen biologis dalam teh, kafein dan theanine, memiliki efek atau manfaat yang besar untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Ini merupakan bagian integral dari fungsi kognitif” dikutip dalam jurnal ilmiah Food Quality and Preference.

Mengkonsumsi teh dapat membuat sel otak lebih aktif sehingga memaksimalkan kemampuan berpikir dan mencerna informasi. Tak hanya itu, kandungan kafein pada teh juga dapat mencegah risiko penyakit alzheimer karena dapat memperlambat penurunan fungsi otak.  Kandungan theanine dalam teh membantu meningkatkan konsentrasi pikiran selama situasi kerja yang penuh tekanan. Hal ini disebabkan kemampuan theanine untuk merangsang gelombang alfa di otak sehingga menghasilkan pikiran yang lebih rileks dan tenang. Buatlah teh yang cocok untuk diminum sebelum bekerja.

Teh juga harus dikonsumsi dengan sangat hati-hati, karena kelebihan kafein dan theanine dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti insomnia, kecemasan, bahkan gangguan pencernaan. Peneliti merekomendasikan minum hingga tiga cangkir teh per hari agar kadar teh tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Jadi bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.