Mengusir Hama Tanaman dengan Ampas Teh

Mengusir Hama Tanaman dengan Ampas Teh

Tanaman diserang hama atau bahkan dirusak oleh binatang kesayangan? Jangan menggunakan insektisida kimia karena dapat membahayakan hewan peliharaan. Lihatlah kantong teh bekas yang Anda buang ke tempat sampah setelah membuat teh setiap hari. Meski sudah direndam air panas, daun teh di dalam kantong masih banyak manfaatnya.

Jika Anda sering minum teh di pagi hari jangan membuang ampas tehnya. Gunakan kembali teh celup bekas untuk taman yang lebih segar dan hijau. Daun teh mengandung 4,15% nitrogen dan unsur hara lain yang berguna untuk menyuburkan tanah. Meski terkesan remeh dan sering dibuang begitu saja, ampas teh bermanfaat untuk memperbaiki struktur tanah dan memperlancar drainase pada kebun. Kandungan tanin dalam daun teh menetralkan pH tanah, yang pasti akan membuat tanaman tumbuh subur.

Fungsi Ampas Teh sebagai Pengusir Hama

Menurut laman Medical News Today, teh celup bekas punya banyak manfaat untuk kesehatan, berbagai nutrisi dalam teh yang bermanfaat bagi kesehatan manusia juga dapat dimanfaatkan untuk pemupukan tanaman. Sedangkan untuk aromanya bisa digunakan untuk mengusir hama tanaman, sehingga tetap aman untuk binatang kesayangan.

Cara Penggunaan Ampas Teh untuk Mengusir Hama

Teh celup bekas bisa didaur ulang menjadi pupuk. Caranya dengan menambahkan teh celup ke dalam kompos yang ada di rumah. Campurkan teh ke dalam tanah kebun untuk mengusir hama dan membantu tanaman tumbuh dengan sehat. Tentu saja, jenis teh yang berbeda memberikan nutrisi dan manfaat yang berbeda pada setiap tanaman.

Mengusir Hama Tanaman dengan Ampas Teh bisa lho

Kegunaan Kantong Teh Celup untuk Tanaman

Untuk melakukan ini, campurkan teh ke dalam tanah kebun untuk mengusir hama dan membantu tanaman tumbuh dengan sehat. Tentu saja, jenis teh yang berbeda memberikan nutrisi dan manfaat yang berbeda pada setiap tanaman. Berikut kegunaan kantong teh celup untuk tanaman:

1. Memberikan Nutrisi Alami

Daun teh kaya akan nitrogen dan kafein. Dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Caranya, tempatkan kantong teh celup bekas di tanah pekarangan, lalu letakkan di dekat tanaman favorit, tapi lepas dulu label kertasnya beserta tali pada teh celup. Alternatif lain, Anda bisa mengeluarkan daun teh dari kantongnya. Kemudian gunakan dalam campuran tanah tanaman, campuran teh basah ini akan membuat tanah lebih lembap selain memberikan nutrisi.

2. Mengusir Serangga

Teh celup dapat digunakan untuk mengusir hama terutama serangga pengganggu tanaman. Ambil saja sekantong kantong teh dan letakkan di pot di permukaan tanah. Serangga tidak menyukai aroma teh. Dijamin, serangga tidak akan mendekat tanaman lagi.

Untuk hasil yang maksimal, bisa mengganti kantong teh celup pada tanaman kesayangan setiap harinya. Agar aromanya tetap terjaga, sehingga serangga tidak mendekat pada tanaman kesayangan Anda.

3. Maksimalkan Produktivitas Kompos

Untuk memaksimalkan produktivitas kompos, bisa dengan mencampurkan teh ke dalam tanah kebun untuk mengusir hama dan membantu tanaman tumbuh dengan sehat. Tentu saja, jenis teh yang berbeda memberikan nutrisi dan manfaat yang berbeda pada setiap tanaman. Caranya adalah dengan mencampurkan daun teh dari kantong teh dengan berbagai sisa dapur. Biarkan membusuk, lalu gunakan sebagai kompos.

4. Untuk Membantu Proses Pembibitan

Saat menanam bibit tanaman, jangan lupa untuk memasukkan daun teh ke dalam media tanam yang ada. Daun teh yang kaya nitrogen dan kafein akan membantu benih tanaman berkecambah dan berakar dengan cepat.

5. Pupuk Cair Alami

Caranya cukup rebus beberapa kantong teh dalam sepanci air. Setelah mendidih, matikan api dan dinginkan. Saat cuaca dingin, sirami tanaman dengan teh setiap pagi dan sore. Berbagai nutrisi dan karbohidrat di dalamnya akan menyehatkan tanaman.

Apabila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasiĀ  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.