Meningkatkan Imunitas dengan Teh

Meningkatkan Imunitas dengan Teh

Teh selalu menjadi minuman yang menyenangkan apa pun cuacanya. Disajikan dingin atau panas, teh tetap nikmat. Tidak hanya menyegarkan, tetapi tidak berhenti di situ. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum teh dapat meningkatkan kesehatan Anda. Bahkan, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menemukan bahwa sekitar 10.000 orang dewasa China yang minum teh secara teratur memiliki risiko stroke yang lebih rendah dibandingkan dengan peminum non-teh.

Menurut penelitian, orang berusia 50 tahun yang rutin minum teh hidup satu setengah tahun lebih lama dibandingkan mereka yang jarang minum teh. Teh dianggap dapat menurunkan tekanan darah, itulah sebabnya teh dapat mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung atau stroke.

Teh kaya akan kandungan flavonoid, polifenol, dan antioksidan yang meningkatkan kerja otak, mengurangi stres, meredakan peradangan, dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Rutin minum teh selain menjaga kesehatan gigi, juga merupakan cara untuk menghidrasi tubuh setiap hari. Minum teh secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit serius lainnya seperti diabetes dan kanker dan meningkatkan imunitas tubuh.

Tentu saja, yang terbaik adalah minum teh tanpa pemanis, dan minum tiga sampai lima cangkir teh hijau sehari baik untuk kesehatan. Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi makanan atau minuman sesuai porsi dan porsi karena kelebihan apapun tidak baik.

9 Manfaat Mengkonsumsi Teh bagi Kesehatan

1. Teh Kaya akan Antioksidan

Teh hitam mengandung katekin, theaflavin, dan thearubigins yang termasuk dalam kelompok polifenol dan sumber antioksidan utama. Antioksidan dapat mencegah penuaan dini, membuat lebih awet muda dan membuat tubuh lebih sehat.

2. Teh Memiliki Kandungan Kafein Lebih Sedikit

Kandungan kafein pada teh jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan teh. Teh hitam memiliki sekitar 14 dan 70 miligram kafein per porsi. Menurut USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), orang sehat mengonsumsi hingga 400 mg per hari. Bila dikonsumsi dalam jumlah tersebut, kafein mampu memberikan manfaat kesehatan seperti  peningkatan kewaspadaan, peningkatan mood, dan peningkatan metabolisme.

3. Teh dapat Mengurangi Resiko Stroke dan Serangan Jantung

Efek minum teh pada tubuh adalah efek kesehatan yang paling banyakdibuktikan. Mereka yang rutin minum 3 cangkir teh per hari memiliki risiko serangan jantung 32 persen lebih rendah dan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

4. Teh dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Minum teh hitam secara rutin setiap hari dapat mengembalikan kepadatan tulang karena teh hitam mengandung pengganti kalsium. Masalah tulang seperti patah tulang pada lansia juga bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi teh hitam.

5. Teh Mencegah Kerusakan Gigi

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa minum setidaknya tiga cangkir teh hitam sehari dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Teh membantu mengurangi risiko kerusakan gigi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam membantu melawan dua jenis bakteri, Streptococcus mutans dan Lactobacillus. Bakteri ini telah dikaitkan dengan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

6. Teh Dapat Meningkatkan Sistem Imun dalam Tubuh

Teh telah lama dikenal dan dikonsumsi orang selama berabad-abad untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh setelah cedera atau sakit karena sifat antibakteri, antijamur dan anti-inflamasi yang bermanfaat.

7. Teh Memiliki Kandungan Bebas Kalori

Teh hitam terbukti sangat rendah kalori, sehingga aman diminum bagi yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Teh hitam hanya mengandung 2 kalori per cangkir.

8. Teh dapat Mencegah Kanker

Senyawa polifenol yang terkandung dalam teh hitam, terutama theaflavin, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan mengurangi produksi sel kanker baru. Studi juga menunjukkan bahwa polifenol dapat mengatasi penyebaran kanker payudara yang bergantung pada hormon. Namun, minum teh hitam hanya bisa mencegah kanker, bukan menyembuhkannya.

9. Teh dapat Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan ginjal, stroke, gangguan pengelihatan, dan serangan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

Teh Herbal yang Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Ada banyak jenis teh herbal yang bisa Anda minum untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teh herbal ini biasanya bebas kafein karena dibuat dari buah-buahan, bunga, dan rempah-rempah.

Berikut adalah tujuh teh herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

1. Teh Hitam

Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Teh hitam diketahui mengandung antigen, senyawa tanin dan kaya akan antioksidan. Teh hitam mengandung polifenol, selain  menjaga kesehatan mulut,  kandungan ini ternyata merupakan salah satu jenis  antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungannya juga dapat mencegah munculnya penyakit yang disebabkan oleh berbagai  virus. Kandungan lemak dalam tubuh juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi teh hitam ini. Jadi, minum teh hitam  membantu mencegah banyak penyakit.

2. Teh Hijau

Teh hitam dan Teh hijau sama-sama dihasilkan dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Teh ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatannya, untuk menurunkan berat badan, peradangan, dan kembung.  Teh hijau ini mengandung campuran senyawa polifenol seperti flavanol, flavonoid dan asam fenolik. Senyawa ini merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk sistem imun tubuh.

3. Teh Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain memperkaya cita rasa masakan, kunyit juga bisa diolah menjadi teh. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh kunyit telah terbukti meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi gejala radang sendi dan mengontrol tekanan darah.

4. Teh Jahe

Tak berbeda dengan kunyit, jahe juga merupakan salah satu bumbu andalan di Indonesia. Jahe kaya akan vitamin C, asam amino dan kalsium, seng, fosfor, dan mineral lainnya. Selain meningkatkan stamina, teh jahe juga baik untuk pencernaan. Teh jahe membantu merangsang pencernaan yang lambat.

5. Teh Peppermint

Teh peppermint dibuat dengan menyeduh daun mint atau peppermint dalam air panas. Daun peppermint mengandung beberapa minyak essential seperti menthol dan limonene. Minyak esensial ini dilepaskan saat direndam dalam teh hangat. Minum teh peppermint dapat membantu meringankan masalah pencernaan, meredakan hidung tersumbat, mengurangi alergi musiman, dan meredakan sakit kepala.

6. Teh Chamomile

Teh Chamomile menenangkan karena  sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Bahkan uap chamomile dipercaya dapat meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

7. Teh Serai

Teh serai kaya akan antioksidan, memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi serta membantu memperbaiki pencernaan. Teh ini juga bisa membantu meredakan kecemasan.

Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.