Konsumsi Teh Untuk Si Kecil Apakah Aman? Yuk, Cari Tahu!

Konsumsi Teh Untuk Si Kecil Apakah Aman Yuk Cari Tahu

Setiap orang tua, tentu menginginkan hal terbaik bagi  buah hatinya. Salah satunya, asupan si kecil menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan perkembangan tubuh anak yang sehat dan optimal.

Adanya kebiasaan orang tua untuk mengonsumsi teh di pagi hari, ataupun menjadikan teh sebagai menu andalan wajib pendamping sarapan keluarga, membuat sebagian orang tua bertanya-tanya, bolehkah teh diberikan kepada anak usia balita?

Pertanyaan tersebut, tentu menjadi kekhawatiran orang tua akan aman atau tidaknya pemberian teh pada usia dini. Maka dari itu, sebelum memberikan di kecil untuk mengkonsumsi teh, yuk cari tahu keamanan dan efek samping konsumsi teh pada si kecil.

menuang teh ke dalam cangkir
Sumber : Unsplash.com

Kandungan Kafein Dalam Teh Si Kecil

Tidak hanya terdapat pada kopi, kandungan Kafein juga dapat dijumpai pada teh. Dalam segala jenis teh Anda dapat menemukan kandungan Kafein yang bervariasi. Oleh karena itu, dengan adanya kandungan kafein pada teh, konsumsi teh dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan dan perkembangan si kecil.

Diantaranya, konsumsi kafein dapat menyebabkan dampak negatif berupa sakit kepala, sakit perut, dehidrasi, sulit berkonsentrasi, dan lain sebagainya.

Kandungan Tanin yang Juga Terdapat Pada Teh

Selain mengandung kafein, teh juga mengandung komponen zat lain bernama tanin. Tanin sendiri merupakan zat yang memberikan rasa pahit atau sepat pada teh. Sama halnya dengan kafein, tanin juga memiliki tingkat kandungan yang berbeda-beda untuk setiap jenis teh.

Umumnya, tanin memang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh. Namun, kandungan tanin pada teh yang dikonsumsi secara berlebihan, memberikan dampak negatif untuk tumbuh kembang. Salah satu dampak negatif yang bisa diperoleh adalah terganggunya proses penyerapan zat besi pada tubuh. Yang mana zat besi sendiri, menjadi salah satu unsur yang sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan si kecil.

anak kecil
Sumber : Unsplash.com

Efek Samping Mengkonsumsi Teh Pada Si Kecil

Dengan adanya kandungan kafein dan tanin, pemberian teh pada si kecil tentu perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan asupan yang lebih bergizi. Pada bagian ini, akan dibahas sejumlah efek samping dari konsumsi teh berkafein pada si kecil.

1.Membuat Perilaku Anak Menjadi Hiperaktif

Bagaimana bisa hanya dengan meminum teh membuat anak menjadi hiperaktif?  Di dalam teh terdapat sejumlah kandungan seperti kafein, theobromine, dan teofilin. Kandungan ini merupakan stimulan yang berefek pada munculnya perilaku anak yang hiperaktif.

Dengan adanya hal ini, tentu si kecil akan sulit tidur dan terus aktif dalam jangka waktu yang cukup panjang. Padahal, aktivitas tidur yang cukup menjadi istirahat terbaik untuk si kecil yang dapat membantu tumbuh kembangnya.

2.Sering Buang Air Kecil

Efek samping yang selanjutnya adalah intensitas buang air kecil anak yang mengalami peningkatan. Mengapa demikian? Hal ini dapat terjadi karena kandungan kafein pada teh memiliki sifat diuretik. Yang mana dapat diartikan, dengan adanya kandungan kafein ini tubuh menjadi lebih sering mengeluarkan air seni.

3.Terhambatnya Penyerapan Zat Besi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kandungan tanin pada teh membuat penyerapan zat besi anak menjadi terganggu. Zat besi sendiri memiliki peran yang berkaitan dengan saraf dan metabolisme saraf.

 

Pedoman Memberikan Teh Pada Anak

Pada dasarnya, konsumsi teh pada anak tidak memiliki efek negatif apabila dilakukan pengawasan dan takaran yang baik dan tepat. Khususnya untuk anak dengan usia satu tahun ke atas, anak mulai diperkenalkan dengan asupan selain asi, termasuk salah satunya adalah teh.

Diantaranya, pemberian teh pada anak perlu memperhatikan berbagai hal seperti, pemberian teh disarankan tanpa gula atau pemanis lainnya, orang tua membatasi pemberian teh sebanyak satu per hari,  dan waktu pemberiannya sebaiknya diantara waktu makan.

Perlu diingat, orang tua harus mengawasi pemberian teh pada anak dan memberikan pedoman minum teh dengan tepat. Hal ini perlu dilakukan, karena anak umumnya akan merasa kenyang, dan sulit untuk makan ketika mengkonsumsi teh, padahal asupan teh saja tidak cukup. Asupan lain yang memiliki gizi seimbang juga perlu diberikan untuk mengoptimalkan kinerja tubuh si kecil.

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!