10 Jenis Teh yang Dibuat dari Daun Camellia Sinensis

Daun teh Camellia Sinensis

Sebagai minuman favorit banyak orang, teh memiliki berbagai variasi jenis yang mempunyai keotentikannya masing-masing. Salah satunya, teh yang dibuat dari daun camellia sinensis ini juga mempunyai ciri khas atau karakteristiknya sendiri pada masing-masing jenis teh yang dihasilkan.

Yang mana camellia sinensis sendiri merupakan jenis tanaman yang ekstrak daunnya dapat diolah menjadi beragam varian teh layaknya teh hijau, teh hitam teh oolong, dan lain sebagainya.

Tanaman ini mengandung empat macam katekin yang merupakan senyawa bioaktif pemberi rasa sepat atau pahit, yang bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

olahan daun teh di dalam cangkir
Sumber : Unsplash.com

Teh Olahan Daun Camellia Sinensis

Pada artikel ini, akan dibahas sejumlah teh yang dihasilkan dari daun camellia sinensis. Seperti apa spesifikasi masing-masing teh dan karakteristik yang dimilikinya? Berikut adalah penjelasannya.

1.Teh Hitam

Teh hitam merupakan jenis teh yang berasal dari daun camellia sinensis, teh ini diolah melalui proses fermentasi yang panjang sehingga memiliki ciri khas warna gelap yang pekat dan rasa yang kuat.

2.Teh Hijau

Lain halnya dengan teh hitam, teh hijau dibuat dengan proses pengukusan, penggulingan, dan pengeringan. Di dalam teh hijau, terdapat kandungan nutrisi dan antioksidan yang terjaga dengan baik karena proses pengolahannya yang cukup singkat.

3.Teh Putih

Teh putih merupakan jenis teh yang diolah dari kuncup daun camellia sinensis yang masih tertutup rapat. Proses pengolahan teh putih terbilang singkat, setelah melalui pengeringan pengolahan teh putih dapat berlangsung tanpa memerlukan proses oksidasi.

4.Teh Oolong

Teh Oolong merupakan jenis teh yang diolah dengan prosedur semi fermentasi, sehingga mengalami proses oksidasi yang menyebabkan warna hijau pada daun camellia sinensis berubah menjadi merah kecoklatan.

5.Teh Pu-erh

Jika teh hitam dapat diolah melalui proses fermentasi, maka teh Pu-erh juga melalui proses yang sama tapi sebanyak dua kali. Proses penyimpanan teh ini juga cukup lama pada ruangan bersuhu ruang dengan kelembaban tinggi, semakin lama teh ini disimpan, nantinya kualitas teh akan semakin bagus.

6.Teh Kuning

Jenis teh yang berikutnya adalah teh kuning, yang membedakan proses pembuatan teh kuning dengan teh lainnya adalah proses penguningan. Yang mana penguningan ini dilakukan dengan prosedur pemanasan ringan dalam sebuah kontainer mini hingga warna daun berubah menjadi kuning.

7.Teh Darjeeling

Teh darjeeling merupakan teh berkualitas yang diolah di distrik Darjeeling, India. Pemanenan daun camellia sinensis ini dilakukan dengan memetik dua pucuk daun teratas dan pucuk tanaman. Memiliki ciri khas yang berbeda dengan teh hitam pada umumnya, hingga mendapat julukan The Champagne of Teas.

8.Teh Assam

Jenis teh berikutnya adalah teh assam. Teh assam banyak digunakan untuk menambah rasa makanan. Ciri khas teh assam yang memberikan sensasi dingin dan menyegarkan, membuat teh ini banyak digemari oleh banyak kalangan.

9.Teh Ceylon

Teh Ceylon merupakan jenis teh yang berasal dari Sri Lanka, dan merupakan variasi dari jenis teh hijau. Rasa teh ceylon sendiri berbeda dengan teh hijau lainnya, yang mana teh ini memiliki rasa yang menyerupai kacang dan memiliki warna yang lebih gelap.

10.Teh Lapsang souchong

Teh lapsang souchong merupakan jenis teh yang diolah dengan cara dikeringkan menggunakan asap di atas kayu pinus. Pengasapan ini dilakukan terhadap daun camellia sinensis sebanyak dua kali.

menyeduh teh ke dalam cangkir
Sumber : Unsplash.com

Manfaat Mengonsumsi Teh dari Camellia Sinensis

Setelah membahas berbagai jenis yang diolah dari camellia sinensis, pada bagian ini akan dibahas sejumlah manfaat mengonsumsi teh dari camellia sinensis.

1.Mencegah Kanker

Manfaat yang pertama adalah mencegah kanker. Adanya kandungan antioksidan di dalam daun camellia sinensis dapat menurunkan resiko munculnya radikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

2.Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Resiko terpapar penyakit kardiovaskuler juga dapat diminimalisir dengan kandungan antioksidan pada daun camellia sinensis. Diantaranya cara kerja daun ini meminimalisir resiko penyakit jantung dan stroke adalah dengan menurunkan intensitas lemak jahat pada tubuh.

3.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Senyawa fitokimia yang berperan sebagai antioksidan dan antimikroba. Juga berperan untuk membentuk peningkatan kekebalan tubuh. Sehingga resiko penyakit akibat virus, bakteri, dan parasit dapat diminimalisir.

4.Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Resiko penyakit lainnya juga dapat diminimalisir dengan mengonsumsi teh olahanĀ  daun camellia sinensis. Layaknya pada penyakit kronis seperti batu ginjal dan penyakit parkinson.

5.Mengurangi Kadar Stres

Kandungan polifenol pada teh dapat menurunkan kandungan hormon kortisol yang menjadi pemicu stres. Kandungan senyawa dalam camellia sinensis ini berperan mengatur hormon serotonin dan dopamin yang berefek dengan meningkatnya suasana hari, emosi dan kualitas tidur.

Nyatanya, begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari teh olahan daun camellia sinensis. Namun, perlu diperhatikan dengan baik, konsumsi teh yang memberikan benefit positif ini tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang.

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!