Cegah Kanker, Ayo Rutin Konsumsi 8 Teh Ini

Cegah Kanker, Ayo Rutin Konsumsi 8 Teh Ini

Berabad-abad yang lalu, orang percaya bahwa minum teh itu baik untuk kesehatan. Salah satu jenis teh yang baik untuk kesehatan adalah teh yang terbuat dari daun Camellia sinensis, yang tidak hanya memberikan rasa hangat dan rileks, tetapi juga dapat membantu mencegah kanker, diabetes tipe 2, dan radang sendi.

Meminum teh tanpa pemanis dan mengkonsumsinya secara rutin dan tidak berlebihan, sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah delapan jenis teh yang dapat Anda minum karena dapat meningkatkan kesehatan Anda.

teh hitam di dalam cangkir

1. Teh Hitam (black tea)

Minum teh hitam membantu wanita dalam mencegah pertumbuhan kanker payudara, terutama wanita yang sudah mengalami menopause. Teh juga meningkatkan kadar globulin dalam hormon selama menstruasi.

Selain antioksidan polifenol, teh hitam juga mengandung flavonoid. Perlu dicatat bahwa senyawa antioksidan flavonoid telah terbukti memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan jantung.

Dengan kata lain, konsumsi rutin teh hitam diduga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko berbagai penyakit yang menyerang organ tersebut. Misalnya kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, obesitas, atau tekanan darah tinggi.

Kandungan sifat antimikroba yang ada dalam teh ini mampu membunuh zat berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

2. Teh Hijau (green tea)

Polifenol dalam teh daun hijau dikenal sebagai epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCG berpotensi membunuh sel kanker. Efek ini penting diperhatikan karena sel kanker berbeda dengan sel normal di dalam tubuh karena terus tumbuh dan menyebar ke seluruh tubuh.

Beberapa penelitian laboratorium menyatakan bahwa kadar EGCG dapat membantu mencegah pertumbuhan dari sel kanker. Beberapa dari kanker ini termasuk kanker kulit, paru-paru, payudara, kandung kemih, hati, prostat, usus besar dan kerongkongan. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam teh dapat membantu memblokir pembuluh darah yang memasok darah ke sel kanker.

Selain itu, teh hijau juga cocok untuk menurunkan berat badan, terutama pada orang yang kelebihan berat badan. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat mengurangi lemak tubuh, lingkar perut, dan lingkar pinggang secara signifikan. Namun, manfaat tersebut tentunya akan lebih optimal lagi jika diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Manfaat lain dari teh hijau adalah perbaikan suasana hati. L-theanine dalam teh hijau dapat menghambat aktivitas neuron GABA, suatu neurotransmitter dengan efek anti-kecemasan. Selain itu, L-theanine juga dapat meningkatkan senyawa dopamine yang dapat meningkatkan mood.

Jika Anda menderita insomnia atau sulit tidur, cobalah teh hijau rendah kafein. Tumbuhan ini mengandung L-theanine yang dapat mengurangi hormon stres dan memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga memudahkan Anda untuk tertidur.  Anda menyeduh teh hijau rendah kafein dengan air hangat sebelum tidur, untuk mendapatkan manfaat tersebut.

3. Teh Putih (white tea)

Teh putih terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis. Daun teh mudah layu dan teroksidasi segera setelah dipetik. Selama proses oksidasi, zat yang terkandung dalam daun teh dirusak oleh enzim. Proses ini menghasilkan warna daun yang lebih gelap dan aroma yang khas.

Manfaat teh putih untuk mencegah kanker diyakini terkait dengan senyawa polifenol. White tea atau teh putih kemungkinan memiliki kandungan polifenol yang lebih tinggi dibandingkan teh hijau. Hal ini karena teh putih dibuat dari daun teh muda (bibit), dimana proses oksidasi tidak terjadi.

Polifenol sendiri dapat mencegah mutasi DNA yang menjadi penyebab kanker. Teh putih lebih baik dalam mencegah mutasi DNA daripada teh hijau. Kandungan ini memberikan teh putih kekuatan anti kankernya.

4. Teh Oolong (oolong tea)

Dibalik warnanya yang gelap dan rasanya yang pahit, ternyata teh oolong memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, seperti penurunan berat badan dan pencegahan kanker payudara. Dengan konsumsi teh oolong secara teratur, Anda dapat merasakan banyak manfaat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti menyatakan bahwa teh oolong berperan dalam pencegahan pertumbuhan sel kanker payudara.

Pengeluaran energi tubuh dan peningkatan metabolisme seperti pada olahraga dapat dirasakan manfaatnya ketika meminum teh oolong. Artinya, meminum teh oolong yang difermentasi ringan dapat membantu Anda menurunkan berat badan beberapa kilogram dengan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, bahkan saat istirahat.

Lemak dapat dibakar dengan teh oolong karena mengandung kafein dan flavonoid yang memiliki peran tersebut. Secangkir teh oolong mengandung sekitar 75 miligram kafein. Sering disajikan di restoran Cina, teh oolong berfungsi sebagai penetral makanan berlemak yang dimakan dengan makanan berat.

5. Teh Rooibos (rooibos tea)

Teh Rooibos kaya akan antioksidan sehat seperti asphaltene dan quercetin. Radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dapat dicegah dengan Antioksidan yang dapat membantu melindungi sel.  Risiko penyakit jantung dan kanker dapat diturunkan dalam jangka panjang dengan konsumsi teh ini.

Dalam sebuah penelitian terhadap 15 orang, kadar antioksidan darah meningkat sebesar 2,9 persen saat peserta meminum rooibos merah dan 6,6 persen saat mereka meminum varietas hijau.

6. Teh Kunyit

Teh kunyit merupakan teh yang rasanya manis dan pedas serta memiliki aroma yang harum. Teh kunyit dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai agen anti kanker. Orang yang menderita peradangan mendapat manfaat paling banyak dari teh kunyit.

Cara yang efektif untuk mengkonsumsi kunyit adalah dalam teh. Antioksidan yang kuat dalam kurkumin memiliki banyak manfaat untuk fungsi sel.

Teh kunyit terbuat dari akar kunyit bubuk atau bubuk murni. Sementara itu, konsumsi teh kunyit setiap hari sangat bergantung pada kondisi tubuh atau penyakit yang Anda derita. Kurkumin dan kunyit diketahui dapat membantu dalam mengurangi penyakit jantung, mencegah serta mengobati kanker, dan mencegah penyakit diabetes tipe 2.

bunga dan secangkir teh

7. Teh Jahe

Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan minum teh. Antioksidan yang dikandungnya dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kerusakan. Selain itu, minuman ini juga disebut dapat mengurangi stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Terakhir, dalam hal pencegahan kanker, manfaat ini bisa didapatkan dari jahe yang menurut penelitian membantu tubuh melawan pertumbuhan sel kanker.

8. Teh Chai

Tradisi India menunjukkan bahwa chai berasal dari istana kerajaan ribuan tahun yang lalu. Deskripsi lokasi hidangan ini bervariasi dari India hingga Thailand. Terlepas dari asalnya, chai sangat serbaguna terkhususnya untuk sel kanker, dengan rempah-rempah yang direkomendasikan dan metode persiapan yang sangat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Saat ini, teh chai dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari restoran asli India hingga kedai kopi besar.

Itulah beberapa jenis teh yang dapat Anda konsumsi untuk berbagai kesehatan tubuh termasuk untuk mencegah dari Kanker. Teh Villa memproduksi teh hitam premium. Selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!