Teh Hitam Turunkan Hipertensi

Teh hitam di cangkir warna biru

Teh hitam adalah jenis teh yang umum. Selain rasanya yang lebih tajam, teh hitam memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi teh hitam dapat membantu melindungi jantung dan mengendalikan tekanan darah yang tinggi. Ini karena teh hitam mengandung kafein, yang dapat mengendurkan otot-otot yang melapisi pembuluh darah. Jadi jika Anda rutin meminum teh hitam, tekanan darah Anda perlahan akan menurun.

Teh hitam adalah obat alami untuk hipertensi

Low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat dalam tubuh, dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan plak yang memicu penyakit jantung dan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kolesterol LDL hingga 4,64 mg/dl.

Tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal dan serangan jantung. Konsumsi rutin teh hitam menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik tubuh bila diimbangi dengan gaya hidup sehat.

Polifenol dalam teh hitam membantu menurunkan tekanan darah

Teh hitam mengandung polifenol, antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Padahal, kandungan polifenol pada teh hitam dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi.

Polifenol yang terdapat pada teh  terbukti dapat memperlambat perkembangan berbagai jenis kanker dan membunuh sel kanker. Meski tidak menyembuhkan kanker, minum teh hitam bisa menunda kematian akibat kanker. Dengan catatan, dipakai secara teratur.

cangkir putih berisi teh hitam
Sumber : Pexels.com

Kafein dalam teh hitam dapat meningkatkan efek polifenol

Kafein dan asam amino yang ada pada teh hitam disebut L-theanine. L-theanine ini mampu meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa minum teh hitam dapat meningkatkan daya ingat, kinerja, dan mengurangi kesalahan dalam melakukan pekerjaan.  Selain itu, kafein yang ada pada teh hitam mampu meningkatkan efek dari polifenol yang berperan melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Minum teh hitam secara teratur dapat memberikan manfaat jangka panjang

Minum teh hitam secara teratur dapat menurunkan risiko stroke hingga 16 persen dibandingkan orang yang tidak minum teh hitam. Stroke dapat terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah sehingga meningkatkan risiko kematian.

Teh hitam adalah cara yang nyaman dan terjangkau untuk meningkatkan kesehatan jantung

Teh hitam dapat mencegah penyakit jantung hingga 4 persen bila diminum secara teratur. Tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal dan serangan jantung. Konsumsi rutin teh hitam menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik tubuh bila diimbangi dengan gaya hidup sehat.

teh panas dan teko hitam
Sumber : Pexels.com

Teh hitam dapat dinikmati dengan berbagai cara

Cara mengolah teh yang benar menjadi sebuah keharusan agar hasil akhirnya optimal dan manfaat yang didapatkan tepat sasaran. Minum teh sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Namun, tidak semua orang mengetahui cara membuat teh untuk mendapatkan manfaat tanaman ini.

1. Menyesuaikan suhu

Cara membuat teh yang benar dan benar adalah dengan menggunakan teh hitam dengan air panas yang suhunya sekitar 70-80 derajat. Suhu sebesar 90 derajat dapat digunakan untuk menyeduh teh hitam.

2. Penyimpanan teh

Sebelum teh dikemas, disimpan sekitar satu sampai dua tahun. Bersihkan teh dengan air seduhan pertama. Setelah menuangkan, tuangkan air rendaman pertama. Pada minuman kedua atau ketiga, itu adalah teh yang paling enak karena tehnya sudah kembali segar dan daun tehnya sudah terbuka.

Teh biasanya diminum pada pagi hari sebelum beraktivitas atau pada sore hari saat berkumpul bersama keluarga. Teh memiliki banyak manfaat selagi dikonsumsi dalam jumlah yang tidak melebihi batas. Salah satu manfaat yang dirasakan saat minum teh adalah mampu menurunkan hipertensi.

Teh Villa memproduksi teh hitam premium. Dan selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!