Raih Khasiat Minum Teh Jahe di Musim Hujan, Catat Resepnya!

teh jahe di dalam cangkir

Musim hujan biasanya dimulai pada bulan Oktober-Maret, namun saat ini musim hujan sudah tidak dapat diprediksi secara pasti, bahkan pernah negara kita mengalami musim hujan hampir sepertiga tahun, hal inilah yang menyebabkan seseorang rentan terserang penyakit seperti pilek atau flu.

Jika Kita menderita pilek atau flu selama musim hujan, minum teh jahe panas dapat membantu melawan infeksi virus secara efektif. Jahe adalah rempah yang sangat serbaguna dengan banyak manfaat dalam menjaga kesehatan dan dapat mengurangi berbagai gejala penyakit. Selain rasanya yang enak, minuman jahe juga memiliki banyak manfaat karena mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati masalah perut seperti mual. Tidak hanya itu saja, terdapat manfaat lain dari jahe yang perlu kita ketahui, antara lain mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, meredakan nyeri haid, meredakan nyeri sendi dan otot serta dapat mencegah resiko penyakit jantung. Sedangkan teh mengandung zat yang mampu membantu kita untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zat tersebut adalah vitamin C yang sangat aktif untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh kita. Hal ini membantu kita untuk bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Sehingga dengan menggabungkan jahe dan teh yang keduanya mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan menjadi teh jahe panas tentunya akan memberikan efek yang sangat luar biasa bagi tubuh kita dan bahkan juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

manfaat teh diminum tanpa gula
Sumber gambar : Pexels

Resep Cara Membuat Teh Jahe

Berikut resep rumahan membuat teh jahe panas untuk flu dan flu saat musim hujan.

Bahan-bahan:

  • Jahe 1 ruas
  • Teh Villa (teh celup atau teh tubruk, sesuai selera)
  • 1 buah lemon
  • 1 sendok madu
  • 1 gelas air

Cara membuat:

  1. Rebus 1 gelas air sampai mendidih
  2. Tambahkan 1 ruas jahe (bisa digeprek ataupun diparut) dan Teh Villa ke dalam air mendidih
  3. Saring air rebusan jahe dan teh ke dalam cangkir
  4. Tambahkan perasan lemon dan madu ke dalamĀ  teh jahe
  5. Aduk rata dan teh jahe panas siap disajikan

Manfaat dan Efek Samping Teh Jahe untuk kesehatan

Selain membuat badan terasa hangat, teh jahe juga sering dikonsumsi sebagai minuman yang menyenangkan saat cuaca dingin atau sebagai ramuan penyembuh tradisional. Mari kita eksplorasi lebih jauh tentang kelezatan dan manfaat teh jahe ini.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Meredakan gejala flu
  3. Meghangatkan badan
  4. Meredakan Mual
  5. Melancarkan Pencernaan
  6. Mencegah Kanker
  7. Menjaga Kesehatan Jantung
  8. Meredakan Sakit Kepala
  9. Mengontrol Berat Badan

Teh jahe dianggap sehat dalam jumlah sedang. Namun perlu kita sadari bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Termasuk juga konsumsi teh jahe yang berlebihan juga ada efek sampingnya. Kita tidak boleh minum lebih dari dua cangkir kecil teh jahe sehari.

Berikut adalah beberapa efek samping dari teh jahe yang perlu Anda ketahui seperti dikutip AyoBandung dari Boldsky:

Keasaman

Ketika jahe dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, hal ini dapat membantu kesehatan Anda. Namun ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebih menyebabkan kelebihan produksi asam di dalam tubuh.

Tekanan darah rendah

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi apabila mengkonsumsi jahe bisa membantu kesehatan, tetapi bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah sangatlah berbahaya karena jahe merupakan salah satu pengencer darah.

Diabetes

Jahe dikenal untuk mengurangi tingkat gula darah, sehingga penderita diabetes perlu menghindari konsumsi jahe berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan hipoglikemia.

Kurang Tidur

Minum teh jahe sebelum tidur harus dihindari karena membuat Anda sulit tidur.

Masalah gastrointestinal

Minum teh jahe pada perut kosong dapat menyebabkan masalah pencernaan. Bahkan, ketika meminum teh jahe berlebih dapat memperburuk masalah.

Mulas

Minum teh jahe dalam jumlah kecil membantu pencernaan, tetapi ketika mengkonsumnya berlebih menyebabkan mulas.

Tidak dianjurkan untuk ibu hamil
Minum teh jahe lebih dari setengah cangkir dapat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil. Konsumsi jahe berlebih dapat menyebabkan kontraksi dan mempengaruhi kehamilan.

Bila Anda ingin membeli teh hitam, Teh Villa memproduksiĀ teh hitam premium. Juga ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!