Tradisi Minum Teh Di Indonesia

Tradisi Minum Teh Nyaneut

Pengenalan Teh dalam Budaya Indonesia

Budaya minum teh merupakan tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia yang diturunkan dari generasi ke generasi. Dinikmati oleh berbagai kalangan tanpa mengenal batasan kelas, teh merupakan minuman populer yang disajikan setelah makan siang atau sebagai pendamping makanan ringan.

Meski teh sudah sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari, namun masih banyak orang yang menganggap teh sebagai minuman biasa yang bisa dituang berulang kali secara cuma-cuma di warung Tegal atau angkringan pinggir jalan. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa teh yang disajikan dalam cangkir saat ini memiliki banyak sejarah dan cerita panjang yang berkaitan dengan sejarah perjalanan bangsa Indonesia dan turut andil dalam persilangan budaya nusantara di masa lampau. Menelusuri sejarah, teh pertama kali datang ke Nusantara pada tahun 1684, dibawa oleh ahli botani Jerman Andreas Cleyer. Saat itu, teh didatangkan dalam bentuk biji dan hanya dikenal sebagai tanaman hias. Selang beberapa waktu, tepatnya pada tahun 1826, bibit teh asal China berhasil ditanam di Kebun Raya Bogor. Budidaya teh berlanjut dalam skala yang lebih besar di seluruh Hindia Belanda, terutama di pulau Jawa, termasuk Bogor, Garut, Purwakarta, dan Banyuwangi. Pabrik pengolahan teh didirikan dan semakin banyak perkebunan teh ditanam. Saat itu, teh dianggap sebagai komoditas yang menguntungkan. Sejak itu, masyarakat adat mulai mengenal tumbuhan yang terus populer dalam kesehariannya hingga saat ini. 

Minum teh setiap hari bukanlah kebiasaan yang aneh bagi orang Indonesia. Kebiasaan ini sudah lama mendarah daging. Kebiasaan minum teh juga berlaku untuk semua golongan, tanpa memandang batas kelas sosial atau keterikatan dengan budaya daerah tertentu. Berbeda dengan budaya Jepang, Kegiatan minum teh di sana tidak bisa sembarangan atau non-formal layaknya di Indonesia. Minum teh menjadi sebuah ritual khusus bagi orang Jepang yang membutuhkan persiapan tertentu. Mengapa teh bisa disebut sebagai minuman pokok orang Indonesia? Karena di seluruh wilayah Indonesia sudah menjadi kebiasaan untuk minum teh apapun makanannya. Ibarat air yang bisa diminum kapanpun, dimanapun, dengan makanan apapun. Meski cara penyajiannya berbeda, teh panas atau  es teh sesuai selera, teh tetap menjadi teman setia saat disantap. Maka dari itu tidaklah heran jika setiap rumah maupun rumah makan selalu menyimpan teh untuk sajian minumnya.

Ragam Jenis Teh yang Dikonsumsi di Indonesia

Ada beberapa jenis teh yang beredar di pasaran. Walaupun berasal dari daun yang sama, namun daun teh diolah dengan cara berbeda sehingga jenis teh nya juga beragam. Seperti black tea atau teh hitam yang mudah dikenali karena warnanya yang hitam. Teh hitam adalah salah satu jenis teh yang paling mudah untuk ditemukan. Teh yang biasa kita seduh bisa jadi termasuk ke dalam jenis teh hitam ini. Untuk menghasilkan teh hitam, daun teh membutuhkan proses paling lama, sehingga dibandingkan jenis teh lainnya, teh ini memiliki aroma dan rasa yang paling kuat. Teh hitam juga memiliki kandungan polifenol yang baik untuk membantu mencegah jantung koroner, membantu pencernaan, menghilangkan lemak dan kolesterol. Kemudian ada juga teh hijau (Green Tea) atau matcha yang saat ini tengah hits di kalangan generasi milenial. Tak hanya dikonsumsi, perisa teh hijau sering digunakan untuk membuat beragam kudapan, seperti kue cubit dan es krim. Teh hijau sendiri dihasilkan dari daun teh tanpa proses yang lama. Inilah yang membuat warnanya tetap hijau dan bersih. Pengolahan green tea yang cepat membuat teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit jika dibandingkan teh hitam. Warna hijau berguna untuk membantu membuat tubuh rileks. Selain itu Teh hijau ini mampu mengikis lemak, sehingga cocok untuk kita yang sedang program diet. Ada juga teh oolong, teh oolong merupakan teh yang diolah melalui proses fermentasi. Proses fermentasi inilah yang memberikan warna gelap, rasa yang sedikit pahit, dan aroma yang khas pada teh oolong. Selain aromanya yang unik, teh oolong juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan antara lain kafein, fluoride, mangan, kalium, natrium, magnesium, niasin serta asam amino theanine dan antioksidan yang cukup tinggi. Dan yang terakhir adalah teh putih atau white tea. Meski berasal dari tanaman yang sama, teh putih diambil dari kuncup dan daun teh muda dengan metode pengolahan yang berbeda sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik.Teh ini merupakan salah satu jenis teh yang paling sedikit diproses dan rasanya lebih manis bila dibandingkan teh hijau atau teh hitam. Diantara berbagai jenis teh yang disebutkan di atas, masyarakat Indonesia paling banyak mengkonsumsi teh hitam, terutama teh hitam murni seperti Teh Villa dengan khas rasa vanilanya.

Tradisi Minum Teh dalam Masyarakat Indonesia

Cara minum teh di Indonesia tidak mengenal waktu tertentu. Meski kebanyakan kita meminumnya di pagi hari, namun bisa dinikmati kapan saja, apalagi diminum saat cuaca panas, pilihan es teh manis menjadi minuman yang sangat populer dan sangat mudah untuk membuatnya. Selain dibuat menjadi minuman es teh, ternyata masih banyak lagi resep makanan dan minuman yang menggunakan teh sebagai bahan dasarnya, salah satunya adalah Es Teh Cincau .

teh celup di dalam teko kaca

Bahan:
– 1 Sachet  teh celup merk Teh Villa
– Madu
– Air  panas secukupnya
– Cincau serut secukupnya
– Es batu secukupnya

Cara membuat:
– Siapkan air panas dalam gelas, masukkan teh celup merk Teh Villa
– Tunggu air sampai warnanya pekat.
– Masukkan madu dan aduk rata.
– Masukkan cincau serut dan es batu.

– Es Teh Cincau  siap disajikan.

Sebagai salah satu merek teh terkemuka di Indonesia, Teh Villa sangat memahami kebutuhan masyarakat Indonesia. Teh Villa membuat teh celup biasa untuk penggunaan sehari-hari, namun juga menawarkan teh celup ukuran jumbo yang cocok untuk banyak porsi, misalnya untuk resto atau rumah makan. Selain itu Teh Villa juga menawarkan Premium Black Tea yang sangat sehat buat tubuh kita, dengan kandungan teh hitam murni yang kaya kandungan khasiat baik untuk tubuh kita.