Resep Teh Talua, Minuman Penambah Energi

teh talua

Teh talua atau teh telur merupakan minuman khas Sumatera Barat, disana kita sangat mudah menjumpai Teh talua, mulai dari warung tradisional hingga rumah makan Padang menyajikan minuman khas tersebut. Menurut orang Minang dahulu, tidak sembarang orang dapat meminum teh talua. Minuman ini hanya dapat dinikmati oleh bangsawan. Teh talua baru menjadi minuman untuk orang kebanyakan sesudah kebun-kebun teh dibuka di Sumatra Barat, setidaknya pada sepertiga awal abad ke-20. Minuman ini terdiri dari teh, gula, telur kocok dan sedikit perasan jeruk nipis serta susu kental manis sesuai selera. Telur yang dipakai biasanya telur telur ayam kampung atau telur bebek.

Pertama-tama, telur bebek atau telur ayam kampung dikocok, dicampur sedikit susu dan gula, hingga berbusa. Setelah itu, seduh dengan air teh panas dan ditambah sedikit perasan jeruk nipis untuk menyamarkan bau amis dari telur.

Setelah diseduh, teh Talua terlihat menjadi berlapis-lapis. Lapisan atas berbusa, lapisan tengah berwarna putih, dan lapisan bawah berwarna coklat. 

Umumnya teh talua diolah dan dikonsumsi oleh para pekerja yang membutuhkan stamina ekstra. Pasalnya, kandungan dalam teh talua ternyata ampuh untuk meningkatkan energi. Jadi jika Anda lelah dengan kehidupan sehari-hari atau bekerja membutuhkan tubuh yang selalu bugar, Anda harus mencoba teh Talua.

Selain dapat meningkatkan energi, teh talua juga mengandung karotenoid yang baik untuk kesehatan mata. Jika Anda bekerja di depan laptop seharian, Anda wajib mencoba minuman ini. Datang dan siapkan teh Talua di rumah. Metodenya ditunjukkan di bawah ini.

Resep Teh Talua

Membuat teh talua sebenarnya sangat mudah, hanya beberapa bahan yang ditambahkan, tetapi prosesnya sedikit berbeda dengan pembuatan teh biasa. Simak Resep Teh Talua berikut yang diposting di YouTube oleh Kotpul RY.

Yuk ikuti resep teh talua di bawah ini banyak sekali manfaatnya dan rasanya dijamin enak.

Bahan-bahan :

  • 1 tea bag merk Teh Villa
  • 1 butir telur, boleh pakai telur ayam kampung atau telur bebek
  • Gula aren secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • jeruk nipis

Cara membuat :

  • Pisahkan kuning telur ayam kampung atau telur bebek dengan putihnya. Kemudian masukkan kuning telur tersebut ke dalam gelas. Tuangkan seduhan air teh panas ke dalam gelas yang berisi kuning telur tadi, lalu tambahkan gula aren secukupnya kemudian kocok hingga rata.
  • Terakhir tambahkan susu kental manis dan jeruk nipis sesuai selera.
  • Nah, itulah resep teh talua yang enak. Yuk, praktikkan resepnya langsung di rumah. Selamat mencoba

Bila Anda ingin membeli teh hitam, Teh Villa memproduksi teh hitam premium. Juga ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!