Resep Teh Hitam dari India untuk Diabetes

Resep Teh Hitam dari India untuk Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi di mana gula darah meningkat atau melebihi batas normal. Glukosa menumpuk di dalam darah karena sel-sel tubuh tidak menyerapnya dengan baik, yang dapat menyebabkan berbagai gangguan organ. Diabetes penyakit yang berbahaya dan mematikan. Data Kementerian Kesehatan dari Sample Registration Survey 2014 menunjukkan bahwa diabetes merupakan penyebab kematian nomor tiga di Indonesia sebesar 6,7%, setelah stroke (21,1%) dan penyakit jantung koroner (12,9%).

Menurut WHO, definisi diabetes melitus adalah gangguan metabolisme kronisĀ  yang ditandai dengan tingginya gula darah disertai gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein akibat kekurangan insulin. Pada diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Pada saat yang sama, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi energi tanpa insulin.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), saat ini ada sekitar 150 juta orang dengan diabetes di seluruh dunia. Maka jangan heran jika diabetes menjadi semakin menjadi masalah karena jumlah orang yang terkena semakin meningkat.

Kebanyakan penderita diabetes mengakui bahwa mereka baru menyadari diabetes ketika komplikasi serius seperti masalah mata atau ginjal berkembang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendeteksi munculnya penyakit ini sedini mungkin.

Di Indonesia, prevalensi diabetes di Indonesia meningkat dari 5,7% pada tahun 2007 menjadi 6,9% atau sekitar 9,1 juta orang pada tahun 2013. Data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 menunjukkan skor Indonesia 2,6. Ada 10,3 juta orang dengan diabetes di seluruh dunia.

Sakit Diabetes
Sumber : https://www.freepik.com/

Kandungan Teh Hitam

Teh hitam merupakan sumber antioksidan yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Teh hitam dan teh hijau menawarkan manfaat yang sama. Namun karena proses oksidasinya, para peneliti secara khusus mempelajari teh hitam. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat apa yang ditawarkan minuman ini.

Umumnya teh hitam diminum dengan susu, namun mengkonsumsinya tanpa susu memberikan manfaat yang paling besar. Karena teh hitam adalah jenis teh yang paling teroksidasi, ini memberikan warna dan rasa yang unik. Rasanya asin sampai manis dan teksturnya kuning sampai coklat tua. Banyak orang minum teh hitam sebelum latihan untuk meningkatkan energi, vitalitas, dan metabolisme. Ini karena kandungan kafeinnya. Ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan DNA.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh hitam dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, yaitu penyumbatan pada pembuluh darah, terutama pada wanita. Mari kita jelaskan nilai gizi teh hitam untuk memahami manfaat kesehatannya. 1 cangkir teh hitam (237 g) mengandung:

  • Kalori – 2,4
  • karbohidrat – 0,4 gram
  • serat – 0,1 gram
  • lemak – 0,0 gram
  • protein – 0,1 gram

Penelitian Teh Hitam untuk Diabetes

Menurut WebMD, teh hitam mengandung zat yang mirip dengan obat diabetes tipe 2 Precose dan Glyset. Teh hitam mengandung lebih banyak polisakarida daripada teh hijau dan teh oolong. Kandungan polisakarida teh hitam dapat menurunkan gula darah.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Tianjin di China telah menunjukkan bahwa polisakarida teh dapat menghambat enzim yang disebut alpha glucosidase, yang mengubah pati menjadi glukosa.

“Polisakarida teh hitam dapat digunakan dalam pengobatan diabetes,” kata Haixia Chen, seorang peneliti di Universitas Tianjin di China. Hasil penelitian ini dipublikasikan di Journal of Food Science.

Manfaat Teh Hitam untuk Diabetes

Penderita diabetes seringkali dibatasi dalam pilihan makanan dan minumannya, terutama yang tinggi gula. Namun sayangnya, terkadang penderita diabetes tidak bisa menahan keinginannya untuk makan makanan yang ingin mereka makan, yang bisa membuat diabetes semakin parah.

Padahal, mengendalikan nafsu makan sangat penting bagi penderita diabetes, agar gula darah tubuh tidak naik. Cara lain untuk mengontrol gula darah adalah dengan rutin meminum teh hitam.

1. Mencegah Penggumpalan Darah

Menurut penelitian teh hitam yang mengandung fenol dan antioksidan memiliki efek hemostatik karena memiliki sifat antikoagulan yang mencegah pembentukan gumpalan darah.

2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin Tubuh

Para peneliti telah menemukan bahwa teh hitam telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin lebih dari 15 kali lipat, sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, Express melaporkan.

3. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Minum teh hitam tanpa campuran susu dan gula berkhasiat meminimalisir resiko diabetes tipe 2. Para peneliti dari University Medical Center Utrecht, Belanda, mengungkapkan fakta dengan minum teh hitam minimal 3 cangkir dalam sehari dapat mencegah serangan diabetes tipe 2 sebanyak 40%.

4. Meminimalkan Resiko Serangan Jantung

Menurut sebuah penelitian, penderita diabetes memiliki risiko 60% terkena serangan jantung. Teh hitam mengandung senyawa antioksidan dan zat lain yang dapat meningkatkan sirkulasi dan mencegah penggumpalan darah, yang dapat meminimalkan serangan jantung.

5. Mengatasi Stres

Minum teh hitam juga bisa membuat pikiran lebih rileks dan mood lebih baik, sehingga bisa mencegah stres. Hal ini disebabkan kandungan asam amino pada teh hitam yang terbukti dapat mengatur tekanan darah.

Penyajian Teh Hitam
Sumber : https://www.freepik.com/

Resep Teh Hitam Khas India untuk Diabetes

Berikut adalah resep teh hitam tradisional dari India yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes:

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh teh hitam India
  • 1 gelas air
  • 1 batang kayu manis
  • 2-3 biji kapulaga
  • 2-3 cengkeh
  • 1/2 inci jahe, iris tipis
  • 1/2 sendok teh daun stevia kering (opsional, sebagai pengganti gula)

Cara membuat:

  1. Rebus air dalam panci kecil hingga mendidih.
  2. Setelah air mendidih, tambahkan teh hitam, kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan irisan jahe ke dalam panci.
  3. Biarkan campuran teh mendidih selama sekitar 2-3 menit untuk meresapkan aroma dan rasa bumbu ke dalam teh.
  4. Jika Anda ingin menambahkan stevia sebagai pengganti gula, tambahkan daun stevia kering saat ini dan aduk rata.
  5. Setelah teh selesai direbus, angkat panci dari api.
  6. Saring teh ke dalam cangkir atau teko untuk memisahkan bahan-bahan.
  7. Diamkan teh selama beberapa menit untuk mendinginkan sedikit sebelum diminum.

Minum teh hitam India ini secara teratur, sebaiknya tanpa tambahan gula, untuk membantu mengendalikan kadar gula darah.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makan atau mengonsumsi teh ini, terutama jika Anda memiliki diabetes atau masalah kesehatan lainnya. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Teh Hitam di atas meja
Sumber : https://www.freepik.com/

Kesimpulan

Teh hitam memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengatasi diabetes, namun untuk konsumsi Teh perlu diperhatikan, jika terlalu banyak hal bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Karena itu, jangan minum lebih dari 3-4 cangkir teh ini sehari. Selain itu, jika Anda merasakan ketidaknyamanan atau perubahan pada kesehatan Anda, terutama setelah Anda mulai minum teh ini, segera hentikan dan bicarakan dengan penyedia perawatan diabetes Anda.

Membeli teh hitam sangat mudah. Teh Villa memproduksi teh hitam premium, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!