8 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Kesehatan Pencernaan

Secangkir teh dan kettle

Teh merupakan minuman tradisional tertua di dunia. Sakit perut dapat diredakan dengan minum teh dengan takaran yang pas. Ada beberapa ramuan teh terbaik untuk meredakan sakit perut. Ekstrak dari daun hijau ini juga banyak mengandung zat gizi mikro yang baik untuk lambung atau sistem pencernaan serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Studi menunjukkan bahwa minum teh dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Campuran teh ini dapat dengan mudah diperoleh dan diseduh. Cukup rebus atau seduh dan minum airnya.

Manfaat Teh untuk Kesehatan Pencernaan

Saluran pencernaan tubuh akan lebih sehat dan bersih dengan mengonsumsi teh. Pertumbuhan bakteri jahat akan menghilang dan peningkatan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan akan berkurang karena peran baik polifenol yang terkandung di dalam teh.

Secangkir teh di samping keyboard
Sumber : Unsplash.com

Jenis Teh yang Direkomendasikan

Teh merupakan minuman yang sering dikonsumsi dan menjadi favorit banyak orang. Selain kandungan kafeinnya, teh juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. Tidak heran lagi jika minum teh menjadi sebuah kebiasaan banyak orang.

Teh memiliki aroma harum yang khas dan rasa yang sedikit pahit. Ada banyak jenis teh di dunia dan manfaatnya bagi tubuh. Namun menurut ilmu pengetahuan ada tiga jenis teh yang paling sehat untuk kesehatan fisik dan mental, yaitu teh rooibos, teh hijau, dan teh melati.

Racikan Teh Untuk Mengatasi Sakit Perut

Ketika perut berontak dan kenyamanan terganggu, alam menyediakan jawaban dalam bentuk teh. Mari kita telusuri racikan teh alami yang dapat meredakan sakit perut dan mengembalikan keseimbangan tubuh Anda:

1. Teh Peppermint

Teh peppermint panas memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengobati demam, batuk, dan pilek. Minum teh ini dapat menangkal bakteri dan mencegah penyakit. Vitamin B, antioksidan, kalsium dan potasium yang ditemukan dalam ekstrak daun peppermint berfungsi sebagai antibodi untuk melawan penyakit.

2. Teh Chamomile

Kesehatan pencernaan akan terjaga dan permasalahan pencernaan akan teratasi karena sifat anti inflamasi yang terkandung dalam teh chamomile. Bakteri penyebab diare dapat diatasi dan dilawan dengan ekstrak chamomile, hal tersebut sudah terbukti dalam sebuah penelitian.  Selain itu, sakit maag juga dapat dicegah dalam sebuah penelitian menggunakan sampel tikus yang mengonsumsi teh chamomile.

3. Teh Jahe

Rebusan air jahe dicampur dengan teh dapat membantu meredakan gejala sakit perut, gangguan pencernaan, pusing, dan mual. Kandungan gingerol yang merupakan komponen utama jahe dapat meningkatkan respons atau reaksi pencernaan. Gingerol juga membantu mengatasi perut kembung.

Teh di dalam Kettle
Sumber : Unsplash.com

4. Teh Daun Mint

Manfaat teh daun mint sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Tak heran jika varian teh ini banyak diminati banyak orang. Daun mint sendiri mengandung beberapa minyak atsiri seperti menthol, menthone dan limonene. Menthol mempunyai sifat yang menyegarkan dan aromanya yang khas.

Teh peppermint pada dasarnya tanpa kafein, tetapi beberapa teh peppermint campuran mungkin mengandung kafein dari bahan lain yang disertakan. Saat cuaca panas, teh peppermint dicampur es merupakan pilihan terbaik. Sedangkan ketika cuaca dingin, teh peppermint panas cocok diminum karena dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan.

5. Teh Kayu Manis

Teh kayu manis dikemas dengan senyawa bermanfaat yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kram menstruasi, dan mengurangi peradangan dan kadar gula darah.

6. Teh Lemon Balm

Peradangan dan nyeri dapat dibantu obati dengan teh lemon balm karena memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan etanol dan asam rosmarinic pada ekstrak daun lemon balm memberikan efek antinociceptive yang dapat membantu melawan rasa nyeri dan radang.

7. Teh Licorice

Akar licorice, juga dikenal sebagai kayu manis yang kebanyakan digunakan sebagai pemanis dalam permen dan minuman herbal sejak lama. Daun tanaman licorice dapat dikeringkan dan dihaluskan menjadi teh. Licorice memiliki 300 senyawa berbeda yang terkandung di dalamnya, salah satunya sifat antimikroba dan antivirus. Ini membuat teh licorice bermanfaat bagi kesehatan. Kesehatan pencernaan, pernapasan, dan kelenjar adrenal dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi teh ini.

8. Teh Fennel

Fennel merupakan tanaman yang rasanya seperti akar manis atau licorice. Studi sebelumnya telah mengungkapkan bahwa fennel mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah bisul. Tanaman ini juga dikenal dapat memperbaiki kondisi lambung dan meredakan sembelit.

Teh Lemon
Sumber : Unsplash.com

Cara Menyeduh Teh yang Tepat

Sebagian besar dari kita sudah terbiasa atau tahu cara membuat teh standar. Beberapa orang mencoba cara paling sederhana untuk membuat teh, seperti memanaskan segelas air dalam microwave, diikuti dengan teh celup. Namun, ketika Anda mempelajari cara menyeduh teh yang benar, Anda bisa menghasilkan secangkir teh yang sangat nikmat dan menyegarkan.

1. Memanaskan Air

Langkah pertama adalah memanaskan air untuk membuat teh. Antara jenis teh yang satu dengan yang lain memiliki derajat suhu yang berbeda-beda untuk dipanaskan. Suhu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh merah misalnya sekitar 100 derajat Celcius atau dikenal dengan istilah air mendidih. Sedangkan suhu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh seperti green tea atau teh hijau tidak boleh terlalu tinggi, yakni hanya sekitar 70 derajat Celcius. Biasanya suhu ini terdapat pada dispenser air panas.

2. Buang Air Infus Pertama

Sambil menunggu air panas di ketel, letakkan daun teh ke dalam gelas takarannya harus disesuaikan. Saat air sudah panas, tuangkan air dari ketel ke dalam gelas secara perlahan. Jangan tuang terlalu banyak, sedikit saja agar teh meresap. Setelah itu, segera buang air rebusan teh yang pertama. Hal ini dilakukan agar air hasil seduhan teh lebih jernih, karena kotoran dan seduhan yang terlalu kental akan tersapu terlebih dahulu.

3. Membuat Teh

Jika sudah, cukup tuang air panas untuk membuat teh ke dalam gelas. Tuangkan air panas dengan gerakan melingkar. Pastikan air mencapai setiap bagian teh, supaya panasnya merata. Teh siap dinikmati selagi masih panas.

Itulah rekomendasi teh yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Untuk para Villavers yang sedang mencari teh hitam premium dengan kualitas terbaik, selalu ingat Teh Villa. Dengan kualitas daun teh terbaik, Teh Villa mampu memberikan berbagai macam manfaat. Untuk area Surabaya, nikmati layanan gratis pengiriman. Mari mulai hidup sehat dengan rutin minum teh hitam.