Peran Teh dalam Budaya Maroko: Menjelajahi Tradisi Minum Teh Mint

Peran Teh dalam Budaya Maroko Menjelajahi Tradisi Minum Teh Mint

Teh adalah minuman yang menyatukan orang-orang dari seluruh dunia. Ini bukan hanya minuman keluarga. Tanaman pohon teh kuno dari timur Himalaya telah menjadi ikon selama 2.000 tahun terakhir. Teh adalah minuman yang dinikmati oleh jutaan orang karena berbagai alasan. Jika di Indonesia kita mengenal teh hitam dan teh hijau, di negara lain lebih banyak variasi rasa dan teknik penyeduhan yang unik.

Teh telah sangat mempengaruhi pertukaran budaya dan perdagangan lintas benua dan mengubah cara hidup masyarakat. Ada banyak tradisi teh yang berbeda di seluruh dunia, dan perlahan-lahan kita akan menjelajahi budaya teh yang unik ini. Beberapa negara sangat mementingkan minum teh. Itu sering diminum pada pertemuan sosial, dan beberapa peradaban mengembangkan upacara formal yang rumit untuk acara tersebut.

Penyajian teh
Sumber : Pexels.com

Sejarah Teh di Maroko

Seni minum teh telah menjadi bagian dari budaya Maroko selama berabad-abad dan terdapat banyak tradisi dan cerita berbeda tentang budaya teh Maroko. Ini memiliki nilai simbolis di Maroko dan sejak itu menjadi salah satu importir teh terbesar di dunia. Saat perdagangan meningkat di Maroko pada akhir abad ke-19, teh menyebar ke seluruh negeri. Sejak itu, teh menjadi bagian dari ritual Maroko dan ritual sosial di negara bagian tersebut. Di Maroko mereka mulai minum teh karena tidak diperbolehkan minum alkohol. Oleh karena itu, teh Maroko terkadang disebut wiski Berber karena berfungsi sebagai pengganti alkohol, yang tidak boleh digunakan. Muslim tidak diperbolehkan mengkonsumsi alkohol untuk tujuan keagamaan, sehingga mereka melihat teh Maroko sebagai alternatif yang logis. Orang Maroko menyebutnya Tee Attay. Ini adalah minuman suci yang menawarkan rasa ramah dan kaya kepada setiap pejalan kaki atau pengunjung.

Meskipun teh tidak ditanam di Maroko, itu adalah bagian besar dari budaya dan kehidupan sehari-hari mereka. Teh Maroko yang paling terkenal adalah teh mint Maroko. Teh mint Maroko atau teh mint Maghrebi adalah simbol keramahan dan kemurahan hati dan sering diminum bersama keluarga, teman, kenalan dan lain-lain. Ini adalah teh hijau yang terbuat dari daun mint, gula, dan terkadang rempah-rempah lainnya. Ini adalah teh yang harus disiapkan di depan para tamu dan dapat diminum kapan saja sepanjang hari. Biasanya disajikan di atas nampan besar dengan panci berisi air panas, daun teh hijau, bumbu dapur, daun mint, dan gula. Teko yang sering berisi teh mint Maroko disebut nampan teh Sinia. Mereka biasanya berwarna perak dan dilengkapi dengan satu set perak yang serasi. Hidangan kebanyakan disajikan dalam satu panci besar, jadi Anda tidak pernah makan hanya satu gelas. Ini adalah contoh lain keramahan dalam budaya teh Maroko.

Teh dengan daun mint
Sumber : Pexels.com

Varietas Teh yang Digunakan

Di Maroko, teh hijau diseduh dengan cara yang unik. Bagi orang Maroko, membuat teh lebih dari sekadar menuangkan air panas ke dalam campuran teh, gula, dan daun mint. Bagi orang Maroko, minum teh tidak dilakukan saat bepergian atau terburu-buru. Mulai dari Par Taste, tradisi minum teh perlu dinikmati secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Saat Anda minum teh di Maroko, Anda mungkin kagum dengan cara pembuatannya yang menakjubkan. Cara menyeduhnya mirip dengan menyeduh teh. Ketinggian teko berleher panjang dari tepi cangkir harus dijaga di atas 30 cm. Bedanya, bubuk teh hijau “dibersihkan” dari rasa pahit sebelum diminum.

Uniknya, jika pada umumnya teh yang dituangkan ke dalam gelas bisa langsung diminum. Yah itu tidak sesuai dengan tradisi membuat teh mint Maroko. Teh mint Maroko menggunakan tiga bahan utama, air panas, daun mint segar, dan teh hijau Cina. Ada beberapa versi yang menjelaskan mengapa teh hijau dan mint segar harus dimiliki untuk membuat teh.

Persiapan dan Cara Minum Teh Maroko

Teh Maroko dicampur dengan menuangkan infus dari panci ke dalam ketel dan membiarkannya menjadi dingin selama proses tersebut. Rahasia menyiapkan teh mint Maroko terbaik terletak pada jumlah bahan tambahan dan waktu pencampurannya. Semakin manis tehnya, semakin berharga Anda sebagai tamu tuan rumah yang menyajikan teh Anda. Poin lain yang dapat dikaitkan dengan pentingnya tamu adalah ketinggian tempat tuan rumah menuangkan teh dari teko. Semakin besar cangkirnya, semakin penting Anda sebagai tamu. Ritual ini juga ilmiah karena membantu mengoksigenasi teh dan memperlancar pencernaan. Porsi besar dimaksudkan untuk bertindak sebagai faktor yang ramah dan bersahabat. Biasanya disiapkan oleh laki-laki, biasanya kepala keluarga, sedangkan memasak dilakukan oleh perempuan. Minuman keras merupakan simbol etiket Barat karena merupakan tanda penghormatan terhadap tuan rumah atau pembuat teh. Jika Anda berada di pasar Maroko, penjual dapat mengundang Anda dengan teh dan mencoba menjual produk mereka kepada Anda. Tradisi teh Maroko tidak hanya populer di Maroko tetapi juga di negara-negara Afrika Utara sekitarnya.

Makanan yang sering menjadi pendamping teh Maroko termasuk hidangan tradisional seperti couscous atau b’sara (sup kacang). Tidak ada batasan di sini, tapi jangan heran jika Anda menemukan meja yang penuh dengan karbohidrat. Kue-kue dan roti menjadi suguhan manis khas untuk meja sambil menikmati teh Maroko. Msemmen merupakan cemilan populer untuk anak-anak dan orang dewasa. Mereka biasanya disajikan untuk sarapan atau sebagai camilan sore. Selain itu disajikan manis dengan madu dan mentega atau dibuat gurih dan diisi dengan bawang dan rempah-rempah. Hidangan lain yang mungkin Anda lihat adalah sepiring kue Maroko, yang lebih dikenal dengan Ghoriba Bahla. Kue lezat ini adalah kue dengan almond dan biji wijen.

Menuang teh ke cangkir
Sumber : Pexels.com

Tradisi dan Adat Istiadat Terkait Teh Maroko

Salah satu hal terbaik tentang Maroko adalah upacara minum teh tradisional. Teh Maroko dikaitkan dengan kebaikan dan rasa hormat terhadap orang lain. Teh ini bisa dimana saja, kapan saja. Selama upacara, mereka menyiapkan teh di depan para tamu. Ini termasuk merebus air di atas kompor, mencuci toples, mengisi toples dengan air mendidih, menyaring daun teh hijau melalui saringan, diamkan sebentar, mengaduk dan menambahkan daun mint segar.

Saat teh sudah siap, tuan rumah atau nyonya rumah meletakkan teko, cangkir teh Maroko yang indah, dan semangkuk madu di atas nampan perak. Dia membawanya ke para tamu dan kemudian ada ritual menuangkan teh. Teh dituangkan dari tempat yang sangat tinggi, sekitar 30 cm di atas bagian atas cangkir teh. Menyaksikan teh yang dituangkan adalah seni tersendiri. Teh mint Maroko disajikan tiga kali karena kemurahan hati. Setiap gelas memiliki arti tersendiri: yang pertama dikatakan “pahit dari hidup”, yang kedua “lebih kuat dari cinta” dan yang ketiga “lembut seperti kematian”. Ketiga persembahan harus diminum untuk sopan santun dan menghormati budaya dan tradisi.

Manfaat Kesehatan Teh Mint

Bahan-bahan dalam teh peppermint Maroko memiliki banyak manfaat kesehatan yang jauh melampaui sifatnya yang menenangkan dan menyegarkan. Teh hijau adalah sumber antioksidan alami yang kuat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Teh mint telah lama dipuji karena efek positifnya pada sistem pencernaan. Ini membantu mengurangi gangguan pencernaan, kembung dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS). Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat membantu mengatur berat badan dengan meningkatkan oksidasi lemak. Sementara teh mint Maroko memang mengandung kafein karena kandungan teh hijaunya, jumlahnya relatif lebih rendah daripada yang ditemukan pada teh hitam. Konsumsi moderat tidak menyebabkan efek samping bagi kebanyakan orang.

Menuang air panas ke cangkir berisi teh
Sumber : Unsplash.com

Kesimpulan

Teh Mint Maroko adalah contoh klasik dari sejarah, tradisi, dan budaya Maroko. Teh ini bukan sekadar minuman, melainkan tanda keramahan, rasa hormat, dan kebersamaan.

Jika Anda ingin membeli teh hitam, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam, teh celup kotak, tumbler strainer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.