Atasi Kanker dengan Konsumsi Teh dengan Dosis dan Cara yang Tepat

Daun teh

Teh adalah minuman yang mengandung kafein, infus yang diperoleh dengan merendam daun kering, kuncup atau batang tanaman camellia sinensis dalam air panas. Teh adalah minuman yang mengandung kafein. Teh terbuat dari tumbuhan teh, camellia sinensis. Setelah dipetik, teh akan layu karena mengalami oksidasi oleh udara.

Selama proses ini kandungan kimia yang ada di daun teh tersebut akan mengalami degradasi dan menghasilkan warna yang gelap serta mengeluarkan aroma khas teh. Jenis-jenis teh yang ada dibedakan berdasarkan durasi, besar kecilnya proses oksidasi, dan cara mengolahnya.

Penelitian Tentang Teh dan Kanker Kulit

Minum teh sudah dianggap sebagai kebiasaan sehat sejak zaman dahulu. Dikutip dari Tea and Health: Studies in Humans, 2023 bahwa Tanaman teh camellia sinensis telah dibudidayakan selama ribuan tahun dan daunnya telah digunakan sebagai obat. Teh digunakan sebagai minuman populer di seluruh dunia dan ramuannya sekarang menemukan manfaat pengobatan. Dari hasil penelitian menunjukkan efek pencegahan kanker kulit dari teh hijau dalam penelitian kultur sel, hewan dan manusia.

Konsumsi teh juga telah terbukti bermanfaat untuk mencegah banyak penyakit, termasuk pemeliharaan kesehatan jantung dan metabolisme. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa polifenol yang ditemukan dalam teh hijau dan hitam dikaitkan dengan efek menguntungkan dalam pencegahan penyakit kardiovaskuler, terutama arteriosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Selain itu, terdapat efek anti-penuaan, anti-diabetes, dan banyak manfaat kesehatan lainnya yang terkait dengan konsumsi teh. Katekin dan aflavin, yang masing-masing merupakan senyawa polifenol utama dalam teh hijau dan hitam, memberikan efek fisiologis.

Kebun teh
Sumber : Unsplash.com

Kandungan Aktif Dalam Teh

Zat apa saja yang terkandung dalam teh yang membuatnya dikenal sebagai minuman sarat manfaat?  Berikut adalah beberapa zat aktif yang terkandung dalam teh

1. Polifenol

Polifenol dalam teh adalah katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh dan juga efektif mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh, salah satunya kanker kulit. Radikal bebas ada dalam tubuh kita muncul karena polusi udara dan juga makanan yang kita makan.

2. Vitamin E

Terdapat kandungan 100-200 IU vitamin E dalam secangkir teh, kandungan tersebut cukup memenuhi kebutuhan vitamin E harian manusia. Jumlah tersebut digunakan untuk menjaga kesehatan jantung dan melembutkan kulit.

3. Vitamin C

Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau ketahanan bagi tubuh manusia. Daya tahan tubuh manusia terhadap penyakit dapat ditingkatkan dengan memenuhi kebutuhan vitamin c, karena berfungsi sebagai antioksidan.

4. Vitamin A

Vitamin A dalam teh berupa beta karoten merupakan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan mata.

Penyajian teh hitam
Sumber : Unsplash.com

Jenis Teh yang Direkomendasikan

Ada beberapa jenis teh yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Teh Hitam (Black Tea)

Teh ini diproses melalui proses fermentasi lengkap. Juga sering dikenal dengan teh merah. Teh hitam mengandung polifenol, yaitu antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Memang kandungan polifenol pada teh hitam dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, seperti diabetes, obesitas dan kolesterol tinggi.

2. Teh Oolong (Oolong Tea)

Teh oolong diproses melalui proses semi fermentasi. Teh ini adalah minuman favorit di Cina dan India. Teh oolong ini memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi kadar kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, menurunkan risiko diabetes, dan memperkuat tulang serta gigi.

3. Teh Hijau (Green Tea)

Teh ini tidak mengalami proses fermentasi dalam pembuatannya. Setelah dipanen daun teh langsung diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko terkena kanker, salah satunya kanker kulit. Teh ini tidak diproses melalui proses oksidasi. Teh hijau ini tidak menghasilkan klorofil atau zat hijau daun karena tidak terpapar sinar matahari.

Dosis dan Cara Konsumsi Teh

Dosis yang direkomendasi untuk mengonsumsi teh adalah tiga kali sehari. Yang tidak kalah penting dalam proses konsumsi teh adalah cara menyeduh teh. Kesalahan dalam cara menyeduh teh ini bisa menyebabkan teh tidak memberikan manfaat bagi orang yang meminumnya.

Untuk membuat teh gunakan air mendidih dengan suhu 80 derajat celcius, jangan gunakan air dengan suhu lebih dari 80 derajat karena bisa membuat teh kehilangan manfaatnya. Selain itu, teh bisa dicampur dengan lemon yang sering kita kenal dengan lemon tea. Lemon akan memberikan perlindungan untuk pencernaan, karena asam sitrat pada lemon mencegah terbentuknya kerak pada dinding usus.

Secangkir teh
Sumber : Unsplash.com

Peringatan dan Pertimbangan

Selain memiliki manfaat, teh juga ,mengandung zat yang tidak baik untuk tubuh. Zat itu adalah kafein. Kafein dalam teh (theine) dapat menghambat proses penyerapan makanan. Anda dapat mengonsumsi teh 5x200ml sehari atau setara dengan 750mg/hari karena kandungan kafein  masih dalam kadar yang normal. Ada juga hal yang harus diperhatikan saat minum teh agar zat-zat bermanfaat dalam tubuh tidak hilang, antara lain:

  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena stimulan dalam teh dapat menghilangkan zat yang terkandung dalam makanan.
  • Jangan mengonsumsi teh dalam keadaan perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.
  • Jangan mengkonsumsi teh yang dicampur gula karena dapat mengurangi zat yang terkandung di dalam teh tersebut.
  • Jangan mengonsumsi teh yang sudah didiamkan semalaman karena banyak kandungan yang teroksidasi dan hilang, sehingga berdampak negatif bagi tubuh Anda.
  • Jangan mengonsumsi teh selama hamil dan menyusui, karena kafein dan stimulan dalam teh dapat merangsang kontraksi dinding rahim. Selain itu, produksi air susu ibu atau ASI dapat terganggu karena kelenjar susu ibu mengalami gangguan.

Itulah informasi mengenai konsumsi teh yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Untuk para Villavers yang sedang mencari teh hitam premium dengan kualitas terbaik, selalu ingat Teh Villa. Dengan kualitas daun teh terbaik, Teh Villa mampu memberikan berbagai macam manfaat. Untuk area Surabaya, nikmati layanan gratis pengiriman. Mari mulai hidup sehat dengan rutin minum teh hitam.