Teh Hitam: Kandungan dan Khasiat Bagi Kesehatan Mata dan Penglihatan

Secangkir teh

Meski ukurannya relatif kecil, mata adalah indra yang memberikan informasi paling banyak ke otak. Faktanya, ketika informasi dari indera lain digabungkan, hal tersebut tidak dapat menandingi jumlah informasi yang diberikan mata ke otak. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus merawat dan menjaga kesehatan mata agar tetap sehat.

Yang perlu Anda ingat, asupan gizi dan nutrisi makanan menentukan kesehatan mata. Selain wortel, sayuran hijau, dan ikan berlemak yang terkenal dengan khasiatnya untuk mata, ternyata teh juga tak kalah bagusnya untuk menjaga kesehatan mata. Teh juga dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu mata Anda terhindar dari penyakit mata, misalnya katarak. Yuk, simak manfaat teh hitam yang bisa membuat mata Anda sehat.

Kandungan Antioksidan Dalam Teh Hitam

Teh merupakan bahan alami yang mengandung banyak antioksidan. Nah, salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam teh hitam adalah polifenol. Polifenol adalah kelompok antioksidan yang terdiri dari aflavin, katekin, dan arubigin. Kandungan polifenol sebagai antioksidan berperan dalam membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang telah rusak akibat radikal bebas. Selain mampu melawan radikal bebas, konsumsi teh hitam secara rutin juga bermanfaat untuk menangkal penyakit yang disebabkan oleh patogen.

Menuang teh ke cangkir
Sumber : Pexels.com

Kandungan Kafein Dalam Teh Hitam

Kandungan asam amino L-theanine dan kafein dalam teh hitam sangat membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Asam amino L-theanine dapat meningkatkan aktivitas alfa di otak, yang dapat menghasilkan konsentrasi dan relaksasi yang lebih baik. Tak hanya itu, teh hitam juga mengandung zat perangsang bernama teofilin. Oleh karena itu, teh hitam cocok dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan konsentrasi dan energi secara alami.

Perlindungan Terhadap Degenerasi Makula

Degenerasi makula atau age-related macular degeneration (ARMD) merupakan gangguan yang biasa terjadi pada orang dengan usia lanjut berupa gangguan penglihatan yang diakibatkan dari degenerasi atau berkurangnya fungsi sebagian mata. Konsumsi teh hitam secara rutin dan dalam dosis yang tepat, akan membantu memberikan perlindungan kepada mata agar terhindar dari degenerasi makula.

Secangkir teh di samping buku
Sumber : Pexels.com

Efek Anti Inflamasi

Telah dilaporkan bahwa salah satu karakteristik dari beberapa obat anti inflamasi non steroid adalah kemampuannya untuk menstabilkan (mencegah denaturasi) albumin yang diberi perlakuan panas pada pH fisiologis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa daun teh hitam memiliki efek anti inflamasi yang nyata terhadap denaturasi protein secara in vitro. Peneliti sebelumnya telah melaporkan aktivitas anti-inflamasi teh hitam.

Hasil saat ini mengkonfirmasi sifat ini secara in vitro, terhadap model denaturasi protein ini. Korelasi ini diperkuat oleh fakta bahwa penelitian ini dilakukan dalam model yang berbeda, yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Disarankan bahwa efek anti-inflamasi daun teh dapat dievaluasi lebih lanjut dalam model eksperimen lainnya.

Pengaruh Teh Hitam Terhadap Tekanan Intraokular

Peningkatan tekanan intraokular (TIO) merupakan faktor risiko berkembangnya glaukoma atau memperburuk prognosis glaukoma. Selain itu, peningkatan tekanan intraokular dapat menyebabkan terjepitnya serabut saraf dan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik. Peningkatan intraokular dapat dipengaruhi oleh beberapa aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi TIO, termasuk olahraga, minum, dan makanan. Salah satu minuman yang dapat mempengaruhi TIO adalah teh yang mengandung kafein.

Dewasa ini, semakin banyak orang yang mengkonsumsi minuman berkafein karena berbagai alasan. Minuman berkafein yang paling banyak dikonsumsi pertama kali adalah kopi kemudian teh. Seperti diketahui, budaya minum kopi dan teh di seluruh dunia tersebar luas.

Belum banyak penelitian yang membahas pengaruh minuman berkafein terhadap TIO, namun dua pendapat yang kontradiktif muncul dari penelitian yang ada; beberapa penelitian menyatakan bahwa peningkatan TIO yang disebabkan oleh kafein sendiri tidak cukup berpengaruh untuk menjadikannya sebagai faktor risiko glaukoma, namun penelitian lain menyatakan sebaliknya yaitu peningkatan TIO yang disebabkan oleh minuman berkafein cukup berpengaruh terutama pada pasien glaukoma, dan efeknya paling terasa 60-90 menit setelah mengonsumsi minuman tersebut

Teh Hitam
Sumber : Unsplash.com

Khasiat Teh Hitam yang Bisa Buat Mata Kamu Jadi Lebih Cemerlang

Berikut ini adalah berbagai khasiat dan manfaat kesehatan dari teh hitam. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat teh hitam. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari teh hitam, pastikan Anda mengkonsumsinya secara teratur.

1. Meredakan Mata Bengkak

Anda tidak perlu khawatir saat mata bengkak akibat kurang tidur. Teh hitam juga bisa membantu meringankan mata bengkak dan mencegah lingkaran hitam. Coba kompres mata Anda dengan kantong teh hitam dingin. Cara ini bisa mempersempit pembuluh darah di bawah mata sehingga mengurangi bengkak. Teh hitam juga dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur agar terlihat lebih segar dan cerah.

2. Mengurangi Risiko Katarak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Eye Research menemukan bahwa teh hitam dapat mencegah kebutaan akibat katarak. Hal ini disebabkan tingginya kandungan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas. Konsumsi teh hitam secara rutin, menurut para ahli dapat membantu mengurangi kerusakan pada lensa.

3. Mencegah Glaukoma

Glaukoma adalah gangguan mata berupa kondisi mata ketika tekanan cairan pada mata merusak saraf optik. Akibatnya, dapat menyebabkan kebutaan jika dibiarkan tidak terdeteksi. Nah, salah satu antioksidan bernama katekin bisa mengurangi risiko glaukoma. Katekin mengandung vitamin C, vitamin E, lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi jaringan halus mata sehingga dapat mencegah glaukoma dan penyakit mata lainnya.

4. Melindungi Retina dari Sinar UV

Selain katekin, ada juga antioksidan lain yang disebut gallocatechins. Zat ini sangat membantu dalam melindungi retina dari sinar UV yang berbahaya. Tidak hanya itu, sebuah penelitian oleh Departemen Oftalmologi dan Ilmu Visual Universitas Hong China telah mengungkapkan bahwa zat yang disebut flavonoid dalam teh hitam menawarkan perlindungan 20 jam untuk mata Anda. Mengesankan, bukan?

Teh Hitam
Sumber : Unsplash.com

Berapa Cangkir Per-hari?

Padahal, menjaga kesehatan mata tidaklah sulit. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mendapatkan mata yang sehat dan terhindar dari berbagai gangguan mata, salah satunya yaitu rutin mengkonsumsi teh hitam dengan dosis yang pas. Menurut rekomendasi Publikasi Kesehatan Harvard, Anda harus minum beberapa cangkir teh hitam setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Para ahli dari University of California, Los Angeles dan University of Maryland Medical Center, AS juga menyarankan agar Anda mengonsumsi dua hingga tiga cangkir teh hitam setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Alasannya, pertimbangan ini didasarkan pada jumlah senyawa antioksidan dalam teh hitam. Menurut para ahli, kita harus mengonsumsi setidaknya antara 240 dan 320 miligram polifenol per hari. Nah, jumlah itu sama dengan dua atau tiga gelas.

Jadi, jika Anda memiliki keluhan tentang kesehatan mata atau ingin mengetahui manfaat teh hitam lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Semoga membantu!

Untuk para Villavers yang sedang mencari teh hitam premium dengan kualitas terbaik, selalu ingat Teh Villa. Dengan kualitas daun teh terbaik, Teh Villa mampu memberikan berbagai macam manfaat. Untuk area Surabaya, nikmati layanan gratis pengiriman. Mari mulai hidup sehat dengan rutin minum teh hitam.