Aroma Teh Redakan Stress

Aroma Teh Redakan Stress

Teh hitam merupakan salah satu jenis teh yang banyak digemari di dunia. Meskipun rasanya sedikit pahit dan pekat. Ini karena teh hitam dipercaya bisa menjaga tubuh tetap sehat. Teh kaya akan senyawa bermanfaat yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satunya adalah aroma teh redakan stres. Betulkah?

Teh merupakan minuman herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat karena kaya akan kandungan senyawa aktif. Dari antioksidan hingga kafein, dikatakan memiliki efek yang sama seperti minum kopi. Tak hanya dari kandungan senyawa aktifnya, teh juga memiliki aroma unik yang konon bisa memberikan efek menenangkan atau rileks dalam waktu singkat. Betulkah? Berikut penjelasan dari para ahli yang mencoba mencari kaitan antara teh dan relaksasi.

Saat meminum teh, ada kandungan L-theanine yang masuk ke dalam tubuh manusia. Para ahli mengungkapkan bahwa L-theanine dapat mengurangi stres, kecemasan, dan mengurangi risiko lonjakan tekanan darah, sehingga menghasilkan perasaan rileks atau tenang tanpa efek samping seperti pusing. Selain kandungan L-theanine, terdapat senyawa asam amino yang dapat mengatasi stres mental dan fisik. Manfaat kombinasi L-theanine dan asam amino mengacu pada perasaan tenang yang mungkin timbul setelah minum secangkir teh.

 

teh redakan stres
Sumber : Pexels.com

Penelitian Aroma Teh Redakan Stress

Para ahli juga telah melakukan berbagai penelitian terkait khasiat teh. Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa minum teh dalam jumlah sedang dapat membantu memperpanjang umur seseorang. Teh yang terbuat dari berbagai daun diketahui mengandung kafein. Sementara itu, kebanyakan teh yang dibuat dari rempah-rempah diketahui bebas kafein.

Kaitan antara kadar senyawa teh yang dapat memberikan efek menenangkan juga dijelaskan oleh Anthony Kuori yang merupakan ahli bedah  ortopedi di Ohio. Banyaknya senyawa dalam teh ini membuat teh benar-benar menenangkan. “Teh berasal dari tanaman camellia sinensis, yang mengandung antioksidan yang disebut katekin. Yang terpenting adalah jumlah epigallocatechin gallate (EGCG),” kata Anthony Kuori.

Peneliti Jepang juga percaya teh hitam bisa mengurangi stres kortisol. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan dalam tubuh ketika sedang mengalami stress. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology yang menunjukkan bahwa menghirup teh hitam dapat mengurangi tingkat stres yang disebabkan oleh komputasional stress.

Teh bisa Membuat Tenang

Teh kaya akan senyawa bermanfaat yang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satunya adalah efek menenangkan.  Teh merupakan minuman herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat karena kaya akan kandungan senyawa aktif. Mulai dari antioksidan hingga kafein yang disebut-sebut memiliki efek yang mirip dengan minum kopi.

Para ahli juga telah melakukan berbagai penelitian tentang khasiat teh. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa minum teh dengan benar dapat membantu orang hidup lebih lama. Tak hanya dari kandungan senyawa aktifnya, teh ini juga memiliki aroma yang khas dan disebut-sebut memiliki efek menenangkan atau relaksasi dalam waktu singkat.

minum teratur teh hitam bisa redakan stres
Sumber : Pixabay.com

Jenis – Jenis Teh untuk Meredakan Stress

1. Teh Hitam

Teh hitam telah dikenal manfaatnya bagi kesehatan selama berabad-abad. Teh hitam adalah salah satu teh paling populer di dunia. Meski rasanya sedikit pahit, rasanya kuat. Hal ini karena teh hitam dipercaya dapat menjaga kesehatan. Selain itu, aroma teh hitam yang harum juga dapat membuat orang rileks secara fisik dan mental. Menurut hasil penelitian, orang yang menghirup aroma teh hitam memiliki kadar konsentrasi CgA saliva yang lebih rendah setelah 30 menit bekerja berat. dibandingkan dengan mereka yang hanya terpapar air hangat.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang melawan stres dan kecemasan. Namun di satu sisi, teh ini juga mengandung kafein yang bisa membuat tetap terjaga dan tidak mengantuk.

3. Teh Peppermint

Menthol dalam peppermint adalah relaksan alami. Saat cemas dan tegang, menthol membantu menenangkan. Caranya cukup satu sendok teh dan tuangkan sekitar 200ml air panas. Diamkan selama 3-4 menit, lalu saring dan nikmati.

 

Cara Mengkonsumsi Teh dengan Benar

Rutin minum teh tanpa gula bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Anda tidak  mudah stres, tubuh  terasa lebih tenang dan rileks, mood membaik dan  lebih mudah berkonsentrasi. Sehingga baik dikonsumsi saat stress atau bad mood. Salah satu bahan yang bisa menenangkan adalah L-theanine dalam teh. Selain menenangkan, kandungan tersebut juga dapat membantu meningkatkan aktivitas otak.

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!