Aroma Teh Redakan Stress

Aroma Teh Redakan Stress

Teh hitam merupakan salah satu jenis teh yang banyak digemari di dunia. Meskipun rasanya sedikit pahit dan pekat. Ini karena teh hitam dipercaya bisa menjaga tubuh tetap sehat. Teh kaya akan senyawa bermanfaat yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satunya adalah aroma teh redakan stres. Betulkah?

Teh merupakan minuman herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat karena kaya akan kandungan senyawa aktif. Dari antioksidan hingga kafein, dikatakan memiliki efek yang sama seperti minum kopi. Tak hanya dari kandungan senyawa aktifnya, teh juga memiliki aroma unik yang konon bisa memberikan efek menenangkan atau rileks dalam waktu singkat. Betulkah? Berikut penjelasan dari para ahli yang mencoba mencari kaitan antara teh dan relaksasi.

Saat meminum teh, ada kandungan L-theanine yang masuk ke dalam tubuh manusia. Para ahli mengungkapkan bahwa L-theanine dapat mengurangi stres, kecemasan, dan mengurangi risiko lonjakan tekanan darah, sehingga menghasilkan perasaan rileks atau tenang tanpa efek samping seperti pusing. Selain kandungan L-theanine, terdapat senyawa asam amino yang dapat mengatasi stres mental dan fisik. Manfaat kombinasi L-theanine dan asam amino mengacu pada perasaan tenang yang mungkin timbul setelah minum secangkir teh.

Penelitian Aroma Teh Redakan Stress

Para ahli juga telah melakukan berbagai penelitian terkait khasiat teh. Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa minum teh dalam jumlah sedang dapat membantu memperpanjang umur seseorang. Teh yang terbuat dari berbagai daun diketahui mengandung kafein. Sementara itu, kebanyakan teh yang dibuat dari rempah-rempah diketahui bebas kafein.

Kaitan antara kadar senyawa teh yang dapat memberikan efek menenangkan juga dijelaskan oleh Anthony Kuori yang merupakan ahli bedah  ortopedi di Ohio. Banyaknya senyawa dalam teh ini membuat teh benar-benar menenangkan. “Teh berasal dari tanaman camellia sinensis, yang mengandung antioksidan yang disebut katekin. Yang terpenting adalah jumlah epigallocatechin gallate (EGCG),” kata Anthony Kuori.

Peneliti Jepang juga percaya teh hitam bisa mengurangi stres kortisol. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan dalam tubuh ketika sedang mengalami stress. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology yang menunjukkan bahwa menghirup teh hitam dapat mengurangi tingkat stres yang disebabkan oleh komputasional stress.

Villavers, suka menghirup aroma teh sebelum meminumnya?