Minum Teh Bikin Bahagia

Minum Teh Bikin Bahagia

Teh juga merupakan salah satu minuman hangat yang populer di pagi hari. Tak hanya menyehatkan, para ahli mengungkapkan bahwa minum teh bikin bahagia. Teh sering menjadi pilihan saat cuaca dingin atau saat dibutuhkan kehangatan di pagi hari. Secangkir teh panas baik untuk menyegarkan dan menghangatkan tubuh. Teh bukan hanya minuman panas, tetapi juga dianggap sebagai minuman padat nutrisi oleh para ahli kesehatan. Bahan aktif alami dalam daun teh memiliki manfaat tersendiri tergantung dari jenis teh yang diseduh dan dikonsumsi.

Minum teh dikatakan memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Saat diseduh, daun teh juga melepaskan asam amino, yang ketika di dalam tubuh dapat bertindak sebagai pereda stres alami. Kandungan asam amino ini biasa disebut dengan L-theanine. L-theanine telah diamati dalam berbagai penelitian, dan telah ditunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi L-theanine secara konsisten dan teratur telah mengurangi tingkat stres. Ketika dikombinasikan dengan kafein yang ditemukan secara alami dalam daun teh, l-theanine dapat membantu aktivitas otak dengan membuat merasa lebih bahagia.

Teh akan menciptakan perasaan senang, bahagia, mengangkat suasana hati dan membuat yang orang yang meminumnya tersenyum. L-theanine dikatakan menyebabkan perasaan bahagia ini memicu dopamin dan hormon serotonin di otak.

minum teratur teh hitam bisa bikin bahagia
Sumber : Pixabay.com

 

Penelitian Minum Teh Bikin Bahagia

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, teh adalah minuman harian yang direkomendasikan karena membantu menurunkan berat badan, memelihara tulang, meningkatkan mood, dan bahkan meningkatkan perawatan kulit. Sedangkan menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, kandungan fitonutrien dalam teh dapat menghasilkan aktivitas biologis tertentu untuk mendukung kesehatan manusia; serta melawan alergi, mengurangi risiko jenis kanker tertentu, dan mencegah penuaan. Tak hanya itu, teh dikenal bisa membuat orang bahagia karena mengurangi stres.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology, teh kaya akan flavonoid, senyawa bioaktif yang mengurangi stres oksidatif, mengurangi peradangan, dan teh akan memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya.

minum teh bikin bahagia
Sumber : Pixabay.com

Minum Teh dapat Menenangkan

Minum teh dikatakan memberikan efek menenangkan. Saat diseduh, daun teh juga melepaskan asam amino yang berfungsi sebagai pereda stres alami saat masuk ke dalam tubuh. Kandungan asam amino ini biasa dikenal dengan L-theanine. L-theanine telah diamati dalam berbagai penelitian dan terbukti bahwa partisipan yang mengonsumsi theanine secara konsisten dan teratur mengalami penurunan tingkat stres. Ketika dikombinasikan dengan kafein alami dalam teh, l-theanine dapat membantu aktivitas otak dengan membuat Anda merasa lebih bahagia.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan sifat theanine dan flavonoid daun teh secara efektif. Teh diseduh menggunakan air panas dengan suhu antara 80 hingga 100 derajat Celcius. Para ahli juga telah melakukan berbagai penelitian tentang khasiat teh. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa minum teh dengan benar dapat membantu orang hidup lebih lama. Tak hanya dari kandungan senyawa aktifnya, teh ini juga memiliki aroma yang khas dan disebut-sebut memiliki efek menenangkan atau relaksasi dalam waktu singkat. Saat minum teh, komponen L-theanine masuk ke dalam tubuh.

Para ahli mengungkapkan bahwa L-theanine mengurangi stres, kecemasan, dan risiko lonjakan tekanan darah, sehingga menimbulkan perasaan rileks atau tenang tanpa efek samping seperti pusing. Selain kandungan L-theanine, terdapat senyawa asam amino yang mampu mengatasi stres mental dan fisik. Manfaat kombinasi L-theanine dan asam amino ini mengacu pada perasaan menenangkan yang bisa muncul setelah meminum secangkir teh.

lebih bahagia dengan minum teh
Sumber : Pixabay.com

Manfaat Lainnya dari Minum Teh 

Minum teh tidak menggunakan tambahan gula, langsung memberikan efek dan manfaat yang berbeda. Berikut beberapa manfaat rutin minum teh tawar :

1. Meningkatkan Produktivitas

Studi telah membuktikan bahwa minum 2-3 cangkir teh selama 90 menit dapat meningkatkan kewaspadaan, perhatian, fokus, bahkan lebih kreatif dalam bekerja. Ini karena kandungan L-theanine dan efek stimulasi kafein yang diserap otak.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan polifenol pada teh membantu meningkatkan oksidasi lemak, meningkatkan energi dan metabolisme basal. Dengan meminum teh, Anda bisa membakar hingga 100 kalori lebih banyak saat berolahraga dibandingkan jika tidak meminumnya.

3. Menyehatkan Tulang

Pencegahan osteoporosis tidak harus bergantung pada susu. Jika susu bukan kesukaan Anda, Anda bisa menuai manfaatnya melalui teh. Polifenol dapat meningkatkan produksi massa tulang dan mencegah pengeroposan tulang, terutama pada wanita menopause.

4. Menyehatkan Jantung

Selain menyehatkan tulang, teh juga baik untuk kesehatan jantung. Teh hitam, misalnya, dapat memengaruhi kadar lemak tubuh, menyeimbangkan tekanan darah, dan memperlancar peredaran darah. Dapat disimpulkan bahwa jika rutin minum teh setiap hari, Anda akan lebih bahagia, sehat dan cerdas dalam beraktivitas. Sudah merasakan bahagia ketika minum teh, Villavers?

 

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!