4 Cara Alami Redakan Sakit Gigi, Salah Satunya dengan Minum Teh

4 Cara Alami Redakan Sakit Gigi

Hal yang Terjadi Saat Sakit Gigi

Salah satu masalah gigi dan mulut yang sering dialami banyak orang adalah sakit gigi. Sakit gigi mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi sebenarnya menghambat aktivitas kita karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Bagaimana tidak, sakit akibat sakit gigi itu berdenyut-denyut, hampir menjalar dari daun telinga, rahang, hingga kepala. Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Kebersihan mulut yang buruk adalah penyebab nomor satu. Penyebab lainnya termasuk pulpitis, periodontitis, pembusukan tambalan lama, gigi berlubang, atau masalah gigi bungsu. Lantas, jika tidak sempat ke dokter, apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba sakit gigi? Beberapa cara alami dapat bantu redakan sakit gigi, salah satunya dengan minum teh.

sakit gigi, cukup redakan dengan teh hitam celup
Sumber : Pixabay.com

Cara Alami Redakan Sakit Gigi

Nah, untuk mengobati sakit gigi ternyata kita bisa menggunakan bahan yang sangat sederhana, karena biasanya sudah tersedia di dapur. Berikut 4 cara alami redakan sakit gigi:

1. Kompres Menggunakan Es

Untuk meredakan sakit gigi, bisa dengan cara kompres menggunakan es. Caranya adalah dengan meletakkan es batu yang dibungkus kain pada rahang atau area wajah yang bengkak. Kompres es ini dapat dilakukan selama 20 menit dan diulang beberapa kali. Es dianggap efektif karena menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi rasa sakit.

2. Kumur dengan Air Garam

Metode ini dapat dianggap sebagai metode pertolongan pertama utama jika terjadi serangan sakit gigi. Sifatnya sebagai disinfektan alami membuat air garam cukup efektif untuk melarutkan partikel kotoran dan sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi. Selain itu, air garam juga membantu mengurangi radang mulut dan sariawan.

3. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Bawang putih tidak hanya efektif membunuh bakteri, tetapi juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit. Untuk meredakan sakit gigi, hancurkan satu siung bawang putih dan oleskan pada area yang bengkak atau juga bisa dikunyah.

4. Teh Hitam Celup  

Kantong teh dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan sakit gigi. Teh celup juga memiliki sifat mendinginkan sehingga nyaman digunakan tanpa menimbulkan rasa sakit. Cara pemakaiannya pun sangat sederhana, cukup rendam kantong teh tersebut dengan air hangat, lalu tiriskan airnya dan tempelkan pada permukaan gigi yang sakit. Kemudian gigit dengan keras, biarkan cairan hangat mengalir di gigi. Hal ini dianggap dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi yang sakit.

Para ahli percaya bahwa nutrisi dalam teh celup dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Bahan alami ini juga diduga dapat meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain menggunakan teh celup, juga bisa meminum teh secara langsung untuk meredakan sakit gigi.

teh hitam bisa redakan sakit gigi
Sumber : Pixabay.com

Manfaat Teh yang Baik untuk Kesehatan Gigi

Teh merupakan salah satu minuman sehat untuk tubuh. Teh tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Teh kaya akan antioksidan yang dapat mengendalikan peradangan dan mencegah infeksi bakteri dalam tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minum setidaknya tiga cangkir teh hitam sehari dapat membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Teh membantu mengurangi risiko kerusakan gigi. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam membantu melawan 2 jenis bakteri, Streptococcus mutans dan Lactobacillus. Bakteri ini berhubungan dengan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Bakteri bereaksi dengan karbohidrat dan menghasilkan asam yang dapat mengikis email gigi, mengubah gigi menjadi berlubang dan mengendur. Terdapat beberapa manfaat teh yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut, antar lain:

1. Teh dapat Mencegah Kerusakan Gigi

Teh dapat mengontrol bakteri dan mengurangi keasaman air liur dan plak pada gigi, sehingga  sangat bermanfaat dalam mencegah kerusakan gigi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Mesir melakukan penelitian tentang kesehatan mulut  sebelum dan sesudah seseorang meminum teh. Akibatnya, jumlah bakteri lebih rendah setelah peserta minum teh daripada sebelum minum teh.

2. Teh dapat Menjaga Kesehatan Gusi

Teh juga dapat membantu menjaga kesehatan gusi. Teh mengandung zat anti inflamasi yang dapat membantu mencegah penyakit gusi. Penelitian yang dilakukan di Jepang pada 1.000 pria menemukan bahwa mereka yang minum teh secara teratur memiliki gusi yang lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak minum teh. Penelitian di Jerman juga menunjukkan hasil  serupa pada orang yang mengunyah permen karet yang mengandung ekstrak teh.

3. Teh dapat Membuat Nafas Lebih Segar

Teh juga dapat membuat nafas lebih segar. Karena teh dapat membunuh kuman di mulut yang menyebabkan bau mulut. Penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh cenderung memiliki nafas yang lebih segar. Bahkan dibandingkan dengan mint, teh memiliki kemampuan mencegah bau mulut yang lebih baik.

4. Teh dapat Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dan zat lain dalam teh dapat melindungi sel-sel dan mencegah pertumbuhan  dan kanker tumor di mulut dan gigi. Sebuah studi di Universitas Texas mengungkapkan bahwa konsumsi teh dapat memperlambat perkembangan kanker mulut. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa zat  teh dapat mencegah perkembangan kanker.

Nah Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotakteh villa sachetteh merah wangitumbler strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!