Tips Menjaga Kadar Kolesterol dengan Rutin Minum Teh

Tips Menjaga Kadar Kolesterol

Kolesterol Tinggi Bolehkan Minum Teh?

Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menurunkan  kolesterol darah. Teh mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas. Produksi radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

Menurut sebuah studi meta-analisis yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan  dalam teh dapat membantu menurunkan  kolesterol total, termasuk kolesterol jahat (LDL) hingga 2,19 mg/dL. Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi di  hati, namun juga bisa didapatkan dari  makanan hewani seperti daging. Pada tingkat normal, tubuh membutuhkan kolesterol  untuk membuat sel-sel sehat, tetapi bila terlalu banyak kolesterol, kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah dan merusak dindingnya. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Mengkonsumsi teh hitam dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan  kolesterol tinggi dan mencegah penyakit jantung. Untuk jelasnya, simak pembahasan berikut mengenai manfaat teh hitam untuk kolesterol tinggi: Manfaat teh hitam untuk kolesterol tinggi karena berbagai senyawa alami yang dikandungnya, seperti flavonoid dan polifenol. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Flavonoid dapat menurunkan  kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan  kolesterol baik (HDL).

Seperti halnya  flavonoid, polifenol juga mampu menjaga kestabilan kolesterol dan gula darah untuk mengurangi risiko diabetes. Karena efek penurun kolesterol dari teh hitam, penderita hiperkolesterolemia dapat meminum minuman ini secara teratur. Teh hitam sebaiknya diminum 1-3 gelas sehari. Namun dianjurkan untuk mengkonsumsinya 1-2 jam setelah makan, agar tidak mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan lain.

Teh Tawar Bisa Turunkan Kolesterol

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, cobalah minum teh hitam secara rutin. Jangan tambahkan gula juga, sajikan selagi teh masih hangat. Maka jangan  heran jika teh hitam banyak dibicarakan karena khasiatnya sangat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh hingga 11%. Kadar kolesterol yang tidak terkontrol merupakan penyebab utama penyakit jantung dan masalah peredaran darah. Penting untuk memantau dan menjaga kadar kolesterol.  Sebenarnya, menjaga kadar kolesterol tidak sulit, berikut adalah beberapa tips menjaga kadar kolesterol yang bisa dilakukan menjaga kadar kolesterol normal dalam darah.

Tips Menjaga Kolesterol dengan Rutin Minum Teh

1. Terapkan Pola Makan yang Sehat

Memperhatikan pola makan juga diperlukan untuk menjaga kadar kolesterol. Makan tepat waktu jangan menunda-nunda makan. Buatlah pola makan menjadi lebih sehat dengan menambahkan makanan tinggi serat ke dalam menu harian. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dapat memperlancar pencernaan, menjaga jumlah bakteri baik di usus, serta menurunkan risiko penyakit kronis dan dapat menjaga kadar kolesterol.

2. Olahraga Teratur untuk Menjaga Berat Badan

Olahraga teratur agar berat badan tidak mudah naik. Menjaga berat badan ideal adalah salah satu cara untuk mencegah kolesterol tinggi. Pasalnya, semakin banyak timbunan lemak dalam tubuh, maka semakin tinggi pula kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, jaga berat badan dengan berolahraga secara teratur untuk menjaga kondisi ideal. Cobalah untuk melakukannya setiap hari. Waktu latihan yang ideal adalah 150-175 menit per minggu.

3. Mengurangi Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok mungkin menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Juga, kolesterol tinggi adalah penyakit dengan beberapa gejala spesifik. Gejala kolesterol tinggi bisa dirasakan setelah mengalami salah satu komplikasi kolesterol. Situasinya semakin buruk dan semakin sulit untuk ditangani. Sebelum melalui hal-hal ini, yang terbaik adalah berhenti merokok jika ingin menjaga kolesterol tetap normal.

4. Rutin Minum Teh Hitam

Teh hitam memiliki kandungan flavonoid, yang merupakan jenis antioksidan. Berbagai jenis flavonoid dalam teh hitam membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Teh hitam juga dikatakan dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol “jahat” atau LDL. Menurut CNN, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum 5 porsi teh hitam sehari menurunkan kolesterol LDL sebesar 11% pada orang dengan kadar kolesterol normal. Temuan juga menunjukkan bahwa orang yang minum teh hitam memiliki kadar LDL yang jauh lebih rendah.

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!