Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Teh, Bagaimana Caranya?

Menurunkan Kadar Asam Urat, Bagaimana Caranya?

Bagaimana Cara Menurunkan Asam Urat dengan Cepat?

Ada berbagai cara untuk menurunkan asam urat dalam darah, salah satunya dengan menjaga pola makan. Ada banyak makanan penurun asam urat aman yang bisa membantu meringankan gejala nyeri kondisi ini. Dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda tidak hanya dapat menurunkan asam urat, tetapi juga melindungi tubuh dari masalah kesehatan lainnya. Salah satu cara untuk meredakan gejala asam urat adalah dengan melakukan perubahan pola makan. Yang perlu diketahui bahwa tidak ada makanan yang bisa menyembuhkan penyakit asam urat, melainkan hanya membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, sehingga bisa cepat mengurangi gejalanya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengkonsumsi teh dapat memicu tingginya kadar asam urat dalam darah karena adanya xantin yang terdapat dalam alkaloid teh. Tapi ternyata mengkonsumsi teh dapat menurunkan kadar asam urat loh, bagaimana caranya?

Menurut penelitian, teh kaya akan antioksidan  yang disebut katekin, yang dapat mencegah produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, teh juga dapat mencegah pembentukan kristal asam urat dan batu ginjal yang besar.

Teh di dalam cangkir putih
Sumber : Pexels.com

Manfaat Teh untuk Asam Urat

Teh memiliki manfaat yaitu dapat menurunkan asam urat karena kemampuannya dalam menghambat xantin oksidase, yang telah dibuktikan dalam penelitian tentang teh hitam. Senyawa utama yang terkandung dalam teh adalah katekin, theaflavin, dan lacrimin. Katekin adalah senyawa polifenol yang dikenal sebagai flavonoid. Senyawa polifenol memiliki kemampuan untuk mengais radikal bebas.

Perlu diperhatikan cara minum teh, teh sebaiknya tanpa gula, karena gula memiliki risiko meningkatkan asam urat. Selain rutin minum teh, mengatur pola makan empat sehat lima sempurna juga dapat membantu mengatasi kadar asam urat yang tinggi. Selain asupan makanan yang sehat, juga harus berolahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal dan memenuhi kebutuhan cairan (2 liter/hari) untuk mencegah penumpukan kadar asam urat dalam tubuh.

Teh di dalam cangkir
Sumber : Pexels.com

Hasil Penelitian Teh dapat Menurunkan Kadar Asam Urat

Hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa flavonoid dalam teh berfungsi sebagai zat yang mampu menginhibisi enzim xantin oksidase (XO) yaitu enzim yang mengubah hipoxantin menjadi xantin, kemudian mengubah xantin menjadi asam urat. Teh Hitam dari kelas I jenis Broken Orange Pekoe (BOP) memiliki aktivitas inhibisi enzim XO paling besar yaitu 61,58%. Kemampuan Teh Hitam dalam menginhibisi enzim xantin oksidase disebabkan karena adanya kandungan katekin dan polifenol.⁣

Menurut penelitian lainnya yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, teh hitam dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Dalam penelitian pada kelompok yang meminum 9 gram teh hitam (setara dengan 3 cangkir teh) per hari selama 12 minggu menunjukkan penurunan asam urat yang signifikan sebesar 9,4%.

Makanan dan Minuman Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Salah satu pantangan asam urat adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi purin. Penyakit asam urat dianggap sebagai penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan batu ginjal jika tidak ditangani dengan baik.

Sebuah jurnal berjudul “Pola Makan dan Hubungannya Terhadap Kadar Asam Urat” yang ditulis oleh Elvie Febriani Dungga, mengungkapkan bahwa asam urat terjadi ketika tubuh memiliki terlalu banyak senyawa purin. Purin diproduksi di dalam tubuh atau diperoleh dari makanan.

Asam urat biasanya ditandai dengan nyeri sendi yang tiba-tiba dan berulang. Untuk mencapai efek yang diinginkan, ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Berikut beberapa minuman yang pantang diminum oleh penderita asam urat.

1. Alkohol

Alkohol adalah minuman dengan kandungan purin tinggi, yang berlaku untuk minuman beralkohol apa pun. Minum alkohol akan mengurangi kemampuan ginjal untuk menyaring asam urat, dan asam urat akan menumpuk.

2. Sirup

Sirup mengandung fruktosa yang sangat tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan produksi asam urat. Bahkan madu yang manis pun bisa berbahaya bagi penderita asam urat.

3. Softdrink

Seperti halnya sirup, minuman bersoda merupakan minuman yang mengandung fruktosa tinggi, yang dapat meningkatkan risiko asam urat. Namun, beralih ke Diet Coke atau Zero Sugar bukanlah solusi yang tepat. Sebagai gantinya, Anda bisa membuat air dengan jus lemon atau jeruk nipis.

4. Minuman gula tinggi

Minuman tinggi gula merupakan pantangan bagi penderitaasam urat. Minuman tinggi gula tidak langsung mengandung purin. Namun, kandungan fruktosa atau sirup jagung menjadi penyebabnya. Ini karena fruktosa yang masuk dipecah oleh tubuh, menghasilkan purin. Selain menyebabkan asam urat, minuman tinggi gula juga bisa menyebabkan orang terkena penyakit diabetes. Oleh karena itu, asupan minuman tinggi gula harus dibatasi untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas asupan gula per hari adalah 50 gram atau 4 sendok makan.

5. Durian

Penderita asam urat tinggi tidak dianjurkan makan durian. Karena durian mengandung purin yang cukup tinggi, maka akan mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah selain durian.

6. Makanan yang Mengandung Ragi

Penderita asam urat juga harus menghindari konsumsi roti, acar, tape, dan makanan fermentasi lainnya secara berlebihan. Ini karena ekstrak ragi yang digunakan untuk mengolah makanan ini diketahui mengandung purin, yang dapat memperparah rasa sakit akibat asam urat.

7. Makanan Laut

Hasil laut yang dikontraindikasikan untuk asam urat antara lain kerang, udang, dan ikan teri. Sebab, seperti yang kita ketahui bersama, makanan laut ini mengandung konsentrasi purin yang tinggi.

8. Jeroan

Pantangan asam urat yang pertama adalah Jeroan. Jeroan hewan, seperti jantung, jeroan, hati, usus, ampela, dll, diketahui mengandung kadar purin yang relatif tinggi. Oleh karena itu, sebisa mungkin batasi atau bahkan hindari makan jeroan, terutama jika asam urat kambuh.

9. Daging Merah

Selain jeroan, daging merah juga tidak boleh untuk asam urat. Namun purin yang terkandung dalam daging merah relatif sedang, tidak setinggi jeroan. Oleh karena itu, sahabat penderita asam urat tetap boleh mengonsumsi daging merah, namun batasi jumlahnya. Batasan makan daging merah maksimal 100 gram per hari.

10. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan penyebab asam urat kambuh. Faktanya, asparagus memiliki kadar folat dan potasium yang tinggi, sehingga membantu menjaga kesehatan. Namun asparagus memiliki kandungan purin yang tinggi pula. Hal inilah yang mengakibatkan asparagus termasuk pantangan asam urat.

11. Bayam

Selain asparagus, bayam juga merupakan sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Pasalnya, bayam diketahui memiliki kandungan senyawa purin yang cukup tinggi. Padahal, diketahui bahwa dalam 100 gram bayam terdapat sekitar 57 gram purin.

Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.