Tak Hanya Di Minum, ini 6 Manfaat Tak Terduga Teh untuk Membersihkan Furniture di Rumah

Tak Hanya Di Minum, ini 3 Manfaat Tak Terduga Teh untuk Membersihkan Furniture di Rumah

Teh merupakan salah satu minuman seduhan yang paling populer, dikonsumsi secara rutin oleh banyak orang. Minuman dari tanaman Camelia Sinensis ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain menjaga saluran pencernaan, tekanan darah, mengurangi stres, dan lainnya. Namun, selain karena teh dipercaya baik untuk tubuh dan kesehatan, ternyata teh juga bermanfaat di rumah. Selain digunakan sebagai pengharum ruangan alami, teh juga bisa digunakan untuk merawat furnitur dan peralatan rumah tangga lainnya. Berikut 5 manfaat teh untuk membersihkan furniture di rumah. Selamat mencoba!

interior design estetik
Sumber : Pexels.com

1. Membersihkan Lantai dan Furniture Kayu

Untuk membersihkan lantai dan furniture kayu cukup seduh beberapa kantong teh dengan air panas dan dinginkan. Lalu bisa menggunakan air hasil pembuatan teh untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel di lantai atau perabot kayu lainnya.

furniture kaca estetik
Sumber : Pexels.com

2. Membersihkan Cermin dan Kaca

Kalau membersihkan kaca, biasanya sering pakai sabun semprot kan? Atau mungkin Anda bisa menggunakan sabun cuci piring rumah tangga untuk membersihkannya. Nah, mulai sekarang coba ganti teh yang Anda minum. Jika Anda minum teh celup, jangan buang teh celupnya. Ternyata kantong teh bekas ini bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela di rumah. Faktanya, salah satu benda tersulit di rumah Anda untuk dibersihkan adalah jendela atau pintu kaca. Selain debu, plak atau kotoran cicak terkadang menempel sangat mengganggu dan membuat rumah terlihat kotor. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan kantong teh dan air untuk membersihkan kaca. Lap dengan kain lembut berserat untuk hasil sempurna. Caranya, semprot air teh ke permukaan kaca secara merata, lalu usap permukaan kaca dengan lembut. Kemudian bersihkan dengan kain kering yang bersih. Anda akan melihat cermin atau kaca Anda sangat bersih dan berkilau lagi. Ditambah lagi, aroma tehnya juga bisa menjadi pewangi alami bagi cermin atau kaca Anda.

3. Membersihkan Karpet

Karpet yang sudah lama digunakan biasanya memiliki bau apek dan tertutup tumpukan debu. Untuk menyegarkan karpet, bisa dengan cara menaburkan daun teh hitam di permukaan karpet dan diamkan selama sepuluh menit. Setelah itu, sedot daun teh yang sudah ditaburkan di atas karpet atau bisa menggunakan cara lain dengan membiarkan kantong teh mengering. Lalu ambil daun teh yang sudah kering, campur daun dengan segenggam besar soda kue, dan taburkan campuran tersebut pada noda kotor atau bau di karpet. Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu sedot area tersebut secara menyeluruh. Teh dan soda kue akan bekerja sama untuk menjebak kotoran dan menyerap bau.

4. Membersihkan microwave

Daun teh dapat digunakan untuk membersihkan oven microwave. Caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam mangkuk berisi air dan daun teh lalu direbus dalam microwave. Uap panas  dari air yang direbus dengan teh dapat membantu menghilangkan bau microwave dan menambah aroma  segar atau bisa menggunakan cara kedua dengan rebus air dan tambahkan beberapa daun teh hingga terendam. Saat sudah cukup dingin untuk dipegang, gunakan air teh untuk mencuci bagian dalam dan luar microwave. Membantu menghilangkan bau dan menambah aroma segar.

teh hitam seduh
Sumber : Pexels.com

5. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Gunakan kantong teh bekas untuk menghilangkan bau tak sedap di lemari es. Kantong teh dapat menyerap bau lemari es seperti kue atau bau makanan yang menyengat lainnya. Dengan cara letakkan daun teh di wadah terbuka lalu taruh di lemari es selama satu atau dua hari. Daun teh akan menyerap bau-bau menyengat di didalam kulkas.

6. Membersihkan Kotoran pada Peralatan Stainless Steel

Teh membantu memberihkan kotoran yang mengeras sehingga Anda tidak perlu menggosok dan menggunakan sabun cuci piring berlebih untuk menghilangkannya. Kantong teh juga membersihkan kotoran dari panci atau wadah perak atau stainless steel

Tekan perlahan kantong teh ke peralatan stainless steel yang kotor, lalu gosokkan kantong teh ke bagian wadah yang kotor. Setelah itu bersihkan dengan air mengalir. Namun, kita harus hati-hati untuk tidak menekan kantong teh terlalu keras, karena akan menyebabkan kantong teh bocor.

Selain membersihkan furniture rumah, teh teh juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari dalam sepatu. Nah Villavers, itu tadi berbagai manfaat teh hitam untuk membersihkan benda-benda di rumah. Apakah kamu tertarik untuk melakukannya?

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!