Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur

Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur

Manfaat dan Risiko Minum Teh Sebelum Tidur

Minum teh sudah menjadi gaya hidup sehat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan, minum teh sebelum tidur dikatakan memberikan manfaat. Teh merupakan minuman herbal yang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Teh khususnya teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu tubuh melawan senyawa radikal bebas. Teh dapat memberikan rasa tenang atau rileks pada tubuh. Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan sebelum tidur. Namun ternyata, minum teh sebelum tidur memiliki manfaat yang berlipat ganda. Hal ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Teh merupakan minuman herbal yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Teh khususnya mengandung antioksidan tinggi, yang membantu tubuh melawan senyawa radikal bebas.

Minum teh sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Dalam hal ini, kandungan theanine mengurangi hormon yang berhubungan dengan stres dan meningkatkan fungsi neuron bahagia di otak. Selain itu, kandungan ini dapat meningkatkan perasaan tenang dan rileks pada tubuh. Sehingga secara tidak langsung lebih baik meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Ini mungkin cara yang mudah dan efektif untuk mengatasi gangguan tidur.

Kualitas tidur yang baik memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami berbagai gangguan tidur yang berujung pada kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk. Namun, perlu memperhatikan waktu terbaik untuk minum teh. Pasalnya, teh juga mengandung kafein seperti kopi, meski dalam jumlah yang lebih sedikit.Kafein adalah zat yang dapat meningkatkan kewaspadaan. Senyawa ini memiliki efek yang berbanding terbalik dengan theanine. Theanine adalah asam amino yang membantu meningkatkan kualitas tidur.

teh hitam dituang ke dalam gelas
Sumber : pixabay.com

Kandungan Baik pada Teh Jika Di Konsumsi Sebelum Tidur

Minum teh sebelum tidur tentu saja bermanfaat bagi mereka yang sering merasakan insomnia. Selain itu minum teh sebelum tidur juga dapat membantu meningkatkan durasi dan kualitas tidur. Berikut kandungan baik pada teh jika di konsumsi sebelum tidur:

1. Katekin

Katekin merupakan antioksidan yang dapat digunakan untuk melawan senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antioksidan ini juga memiliki banyak sifat terapeutik dan pencegah penyakit.

2. Kafein

Kafein biasa ditemukan dalam minuman kopi, coklat dan teh. Kafein dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi sel saraf, meningkatkan mood atau mood, dan daya ingat atau memory di otak.

3. Asam Amino

Theanine merupakan asam amino yang terkandung pada teh  yang dianggap sangat berguna untuk meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi fisik. Ini adalah salah satu bahan yang dapat memberikan tubuh kualitas tidur yang baik.

Efek yang Harus Diperhatikan Ketika Minum Teh Sebelum Tidur

Selain manfaat minum teh sebelum tidur, ternyata minum teh sebelum tidur memiliki beberapa efek lainnya. Berikut beberapa efek lain yang harus diperhatikan:

1. Kandungan Kafein membuat sulit tidur

Kandungan theanine dapat membantu tubuh rileks dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, namun dapat menyebabkan insomnia pada beberapa orang yang sensitif terhadap kandungan kafein. Karena itu, orang yang sensitif terhadap kafein harus minum teh tanpa kafein. Untuk menghilangkan kafein dengan cara merendam teh pada suhu kamar alih-alih merebus air untuk mengurangi jumlah kafein di dalamnya.

2. Sering buang air kecil

Teh yang dikonsumsi kurang dari dua jam sebelum tidur. Akan mengingkatkan produksi urin, sehingga memberikan efek sering buang air kecil.

Efek Lain Kafein Pada Tubuh

Kafein tidak berbahaya bagi tubuh. Namun, zat ini dapat merangsang otak dan sistem saraf kita. Ini berguna untuk meningkatkan kewaspadaan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein memiliki banyak efek kesehatan yang positif. Manfaat tersebut meliputi perlindungan dari peradangan, kesehatan jantung dan lapisan pembuluh darah untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Padahal, kafein diharapkan bisa membantu mengurangi risiko kematian dini.

Pakar kesehatan merekomendasikan agar anak di bawah usia 12 tahun menghindari kafein. Wanita hamil juga disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 200 mg kafein per hari. Untuk orang dewasa, batas harian kafein adalah 300 mg. Tidak hanya itu, kafein dapat menyebabkan rasa mual, gelisah, susah tidur, dan berbagai efek samping lainnya. Asupan kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan risiko gangguan tidur, pencernaan, dehidrasi, dan maag.

dua teh hitam di dalam cangkir
Sumber : Pixabay.com

Pilihan Teh yang Bisa Anda Minum Sebelum Tidur

Beberapa pilihan jenis teh yang  ingin Anda dapatkan relaksasi dari teh untuk tidur, ada beberapa jenis teh yang menjadi pilihan. Berikut beberapa teh yang bisa Anda coba:

1. Teh Hitam

Teh hitam memiliki kandungan theanine dan kafein yang dapat menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur, namun kafein dalam teh hitam cukup tinggi. Untuk mendapatkan manfaat teh hitam saat di konsumsi sebelum tidur, bisa lakukan seduhan teh dengan tingkat kepahitan yang sedikit, seperti menyeduh dengan waktu 3 menit dan tambahkan sedikit air agar teh tidak terlalu pekat dan kandungan kafein yang terdapat dalam teh hitam tidak terlalu tinggi, sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur.

2. Teh Hijau

Kandungan dalam teh hijau yaitu theanine dapat menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Ketika kadar kortisol tinggi, itu berarti Anda  merasa stres. Nah, stres bisa membuat otak Anda lebih aktif dan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur.

Saat kadar kortisol menurun, rangsangan otak menurun dan Anda menjadi lebih rileks. Perasaan tenang ini dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak.  Anda bisa meminum secangkir teh hijau rendah kafein sebelum tidur untuk mendapatkan manfaatnya. Kandungan kafeinnya yang rendah tidak akan mengganggu tidur malam.

3. Teh Chamomile

Banyak orang mengenal tanaman chamomile sebagai minuman penenang. Karena itu, Anda bisa menggunakan chamomile untuk mengurangi kecemasan, peradangan, dan insomnia.

Selain itu, chamomile mengandung salah satu antioksidan yaitu apigenin. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Author’s Manuscript, apigenin berikatan dengan reseptor di otak, sehingga mengurangi kecemasan dan menenangkan. Minum teh ini sebelum tidur akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Teh Lavender

Seperti chamomile, lavender juga dikenal sebagai aromaterapi. Pada zaman dahulu, orang Yunani dan Romawi sering menambahkan lavender saat mandi mereka untuk menambah aromanya. Bahkan, tanaman ini juga bisa dijadikan teh. Tujuannya sama, untuk mengendurkan otot, syaraf dan pikiran.

Untuk para Villavers yang sedang mencari teh hitam premium dengan kualitas terbaik, selalu ingat Teh Villa. Dengan kualitas daun teh terbaik, Teh Villa mampu memberikan berbagai macam manfaat. Untuk area Surabaya, nikmati layanan gratis pengiriman. Mari mulai hidup sehat dengan rutin minum teh hitam.