Asal Usul Teh Celup

Asal Usul Teh Celup

Bicara tentang seluk beluk teh, tidak terlepas dari berkembangnya tradisi minum teh. Dari waktu ke waktu, cara menikmati teh semakin beragam. Saat ini, teh celup menjadi andalan untuk menikmati teh yang nikmat dan fungsional, meski masih banyak orang yang lebih memilih menyeduh teh langsung dari daun teh. Kepraktisan kantong teh benar-benar kekuatannya. Hanya dengan memasukkan kantong teh ini ke dalam air dan menunggu sampai daun teh larut, secangkir teh siap disajikan. Namun tahukah Anda sejarah penemuan teh celup yang diduga telah mengubah kebiasaan minum teh masyarakat dunia? Karena kantong teh, kita tidak perlu lagi menggunakan filter atau saringan sehingga dapat menikmati teh tanpa ribet. Ternyata asal-usul teh celup muncul karena salah paham loh, gimana ceritanya?

Sejarah Teh Celup

Menurut beberapa catatan sejarah lainnya, penemu kantong teh adalah Roberta C. Lawson dan Mary Moralen dari Wisconsin, yang konon telah menemukan kantong teh pada tahun 1901. Tujuan dari teh celup Roberta dan Mary adalah untuk mengurangi limbah teh. Secangkir teh hanya membutuhkan 1 teh celup. Sekarang kantong teh versi Roberta dan Mary ini adalah kain jala yang dijahit. Setelah itu, teh celup terus berganti kemasan. Kantong teh dibungkus dengan tisu, kain kasa, kertas berserat dan berlubang. Seiring waktu, pembuat kantong teh juga menambahkan label untuk memudahkan mengangkat teh yang sudah selesai diseduh .

Sementara catatan sejarah lainnya menyebutkan seorang importir teh asal Amerika, Thomas Sullivan adalah sosok yang berperan besar dalam penemuan teh celup ini. Menurut cerita, pada tahun 1908, Thomas Sullivan mengirim sampel teh ke pelanggan dalam kantong sutra. Nah, pelanggan ini salah paham dan menyeduh teh tanpa membuka kantong sutra. Tapi siapa sangka pelanggan Thomas Sullivan yang lain juga meminta tehnya dikemas seperti ini. Namun serat kain sutra ini terlalu halus, sehingga sulit untuk menyeduh teh. Hal ini menyebabkan penggunaan kain kasa secara kreatif oleh Thomas Sullivan. Dari sinilah ide untuk membuat teh celup berasal.

Faktanya bahwa kantong teh diciptakan memberikan kemudahan yang luar biasa. Dalam penemuan sederhana ini, mereka mampu memecahkan dua masalah sekaligus, yaitu cara menyajikan minuman teh dengan lebih praktis, dan cara menyeduh teh tanpa repot membersihkan teko yang kotor karena daun teh. Selain itu teh celup juga memiliki manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk tumbuhan.

Ternyata Teh Celup memiliki Banyak Manfaat untuk Kehidupan Sehari-hari

Jika Anda suka menggunakan teh celup untuk membuat teh, maka perlu diketahui manfaat teh celup untuk keperluan mata, kesehatan, hingga tanaman. Berikut beberapa manfaat teh celup dalam kehidupan sehari-hari:

1. Meredakan Kelelahan Mata

Jika teman-teman menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer atau ponsel, mereka sering merasakan kelelahan mata. Untuk mengatasinya, sahabat bisa menggunakan kantong teh bekas. Selain mata tegang, penggunaan teh celup juga bisa mengatasi mata kering, bengkak, dan kemerahan. Tanin dalam teh dapat mengurangi bengkak dan masalah mata lainnya. Untuk menggunakannya, teman-teman tinggal menyeduh teh seperti biasa. Setelah selesai, ambil kantong teh dan peras agar tidak terlalu basah.

2. Mengatasi Gusi Berdarah

Selain mengatasi masalah mata, teh celup bekas juga bisa mengatasi masalah mulut yaitu gusi berdarah. Gusi berdarah pasti membuat sobat tidak nyaman. Bahkan luka pada gusi dapat mengganggu makan dan minum. Untuk menghentikan pendarahan dan mengurangi rasa sakit, cobalah teh celup. Yang harus Anda lakukan adalah merendam kantong teh bekas dalam air dingin dan menempelkannya langsung pada gusi yang berdarah.

3. Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki pasti akan membuat sobat merasa tidak percaya diri saat bertemu dengan banyak orang. Sahabat bisa mengatasi masalah kaki ini dengan menggunakan kantong teh bekas. Caranya cukup dengan merebus kantong teh bekas hingga mendidih dan biarkan dingin. Setelah dingin, rendam kaki Anda dalam air. Teh mengandung antioksidan yang juga menjaga kesehatan kulit.

4. Meredakan Iritasi Kulit

Teh celup bekas ini memiliki manfaat lain untuk mengatasi iritasi kulit yang mudah iritasi, memar, dll karena terlalu banyak terkena sinar matahari. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa menempelkan kantong teh bekas yang sudah didinginkan pada area yang teriritasi. Kelembaban dalam kantong teh membantu mempercepat pemulihan area yang teriritasi.

5. Pemupukan Tanaman Mawar

Tidak hanya untuk tubuh manusia, teh celup bekas juga bisa bermanfaat bagi tanaman mawar. Daun teh dari kantong teh bekas dapat membantu menutrisi tanaman mawar dan meningkatkan pertumbuhannya. Teh yang mengandung nutrisi asam tanat lebih disukai oleh tanaman mawar.

6. Sebagai Pupuk dan Pembasmi Hama Tanaman

Teh celup bekas dapat digunakan sebagai pupuk dan pengusir serangga untuk tanaman selain mawar. Pada daun teh dapat membantu meningkatkan kandungan nitrogen pada kompos. Kandungan nitrogen menjamin kesuburan tanaman. Selain aroma teh tiak disukai oleh hama, sehingga teh dapat mengusir hama pada tanaman.

Anda tidak perlu susah jika ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumblr strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!