Atasi Rambut Rontok dengan Teh

Atasi Rambut Rontok dengan Teh

Rambut rontok merupakan masalah rambut yang cukup mengganggu. Salah satu pemicu rambut rontok adalah stres dan faktor pikiran, namun teh hitam bisa menjadi  solusinya. Kandungan kafein dalam teh hitam dapat mengurangi hormon penyebab kerontokan rambut. Namun, mengonsumsi terlalu banyak kafein juga dapat menghambat pertumbuhan rambut. Jadi berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi teh. Ditambah lagi, kandungan antioksidannya bisa mengurangi stres, yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut dini pada wanita saat ini. Cara penggunaan cukup oleskan teh hitam secara merata ke seluruh permukaan rambut. Teh hitam dapat dioleskan langsung pada rambut dan kulit kepala dengan suhu teh tidak terlalu dingin atau panas. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan  sampo. Lakukan rutin ini seminggu sekali untuk membantu atasi rambut rontok secara alami dan efektif.

Penelitian Teh dapat mengatasi Rambut Rontok

Penelitian yang dilakukan Esfandiari et al tentang efektivitas polifenol teh untuk rambut rontok, bahwa aktivitas anti-inflamasi dan sifat penghambatan stres dari senyawa alami ini mempengaruhi pertumbuhan rambut kembali.

Menurut penelitian, 50% pria dan 25% wanita berusia 50 tahun ke atas akan mengalami kerontokan rambut terkait hormon.  Selama kerontokan rambut, siklus pertumbuhan alami Rambut alami akan dipertukarkan. Siklus ini terdiri dari tiga fase, yaitu androgen (pertumbuhan rambut), catagen (fase transisi) dan telogen (kerontokan rambut). Dua hormon, testosteron dan dihidrotestosteron, dapat menurunkan fase pertumbuhan rambut dan meningkatkan kerontokan rambut.

Kafein yang ada dalam teh hitam secara efektif memblokir DHT dan dengan demikian sangat mendorong folikel rambut, menghasilkan pertumbuhan rambut. dapat menutrisi rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat menguatkan rambut. Teh hitam berasal dari tanaman Camellia Sinensis yang memiliki proses oksidasi yang bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dan memberi kilau karena kandungan antioksidan dan kafeinnya. Teh hitam dan teh hijau juga dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga mencegah infeksi terjadi, jarena teh mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang baik bagi kesehatan kulit kepala.

 

Yuk, Atasi Rambut Rontok dengan Teh, Bisa lho
Sumber : www.pexels.com

Manfaat Teh untuk Rambut

Teh tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat kecantikan. Kita semua tahu bahwa ada beberapa bagian tubuh yang dapat dipercantik. Salah satunya adalah rambut. Rambut adalah mahkota yang sangat indah, terutama bagi wanita. Salon dan perawatan menawarkan berbagai macam produk perawatan rambut seperti sampo, minyak, kondisioner, vitamin rambut, dan banyak lagi. Tentunya produk-produk tersebut dapat membuat wanita lebih rajin merawat mahkotanya sehingga lebih menarik.

Sayangnya, beberapa produk perawatan kecantikan rambut tersebut justru bisa membuat rambut menjadi tidak sehat, seperti rebonding, coloring, dan coloring. Seringkali, rambut yang diwarnai terlalu sering bisa menjadi kering dan ujungnya bercabang. Untuk lebih amannya, Anda bisa menggunakan teh untuk menjaga kesehatan rambut karena rambut yang terlihat bagus adalah rambut sehat yang dirawat dengan baik. Berikut beberapa manfaat teh untuk rambut

1. Membantu Pertumbuhan Rambut

Teh dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Dalam sebuah penelitian kecil, peneliti menambahkan ekstrak EGCG (antioksidan dan anti-inflamasi) dari teh ke kulit kepala tiga partisipan yang mengalami kerontokan rambut. Setelah empat hari, peserta mengalami peningkatan aktivitas pertumbuhan rambut yang signifikan.

Namun, tidak jelas seberapa cepat atau efektif perawatan rambut teh dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada manusia, terutama mereka yang belum pernah mengalami kerontokan rambut terkait hormon. Untuk membantu pertumbuhan rambut, gunakan 1-2 kantong teh, lalu seduh dengan air mendidih dan diamkan selama 5 menit. Setelah dingin, oleskan cairan ke rambut.

2. Menutrisi Rambut

Rambut adalah bagian dari sistem yang lebih besar yang disebut sistem kulit, yang meliputi kuku, kulit, rambut, dan pelengkap. Faktanya, rambut tumbuh langsung dari kulit manusia, yang merupakan sumber darah dan nutrisi yang konstan selama fase pertumbuhannya.

Pertumbuhan rambut sebagian besar terkait dengan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulit. Padahal, sirkulasi darah yang buruk bisa menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, minum teh hijau dapat meningkatkan suplai nutrisi tersebut ke kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Teh ini memiliki sifat antiseptik yang membantu mencegah dan mengobati beberapa masalah rambut seperti ketombe dan psoriasis. Teh hijau juga populer untuk melembutkan rambut. Anda perlu mencuci rambut dengan teh di rumah. Ambil saja 4 kantong teh dan seduh dengan setengah liter air. Bilas rambut Anda dengan larutan teh. Setelah itu, Anda bisa mencuci rambut dengan sampo biasa.

4. Mencegah Rambut Bercabang

Salah satu tanda rambut tidak sehat adalah ujungnya terlihat bercabang. Teh bisa mengatasi masalah ini karena mengandung panthenol, zat yang dibutuhkan untuk melembabkan dan melindungi rambut dari kerusakan. Tambahkan 1-2 kantong teh ke dalam air mendidih dan diamkan selama 5 menit. Setelah dingin, oleskan cairan ke rambut di akhir mandi Anda.

5. Menghaluskan Rambut

Teh mengandung beberapa nutrisi seperti polifenol, vitamin C dan vitamin E yang membantu melindungi rambut dari radiasi UV dan elemen berbahaya lainnya. Membuat rambut terasa lebih halus dan berkilau. Oleskan kondisioner teh hijau atau masker rambut ke akar, batang, dan ujung rambut. Biarkan selama 3-10 menit, lalu bilas.

6. Mengatasi Ketombe

Teh dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Produksi minyak di kulit dikendalikan oleh pH dan teh bekerja secara ajaib untuk menyeimbangkan pH kulit kepala bahkan dalam kondisi ekstrem. Selain mengurangi produksi minyak berlebih, teh juga menutrisi dan melembabkan kondisi kulit kepala yang kering. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa rutin menggunakan masker rambut yang mengandung daun teh 2-3 kali seminggu.

7. Membuat Rambut Berkilau

Teh memberi kilau dan melindungi rambut dari polusi dan produk keras. Kandungan panthenol dan vitamin E dan C yang tinggi dalam teh hijau membantu merawat rambut. Untuk menggunakannya, seduh 2 atau 3 kantong teh dalam 4 cangkir air panas selama satu jam. Keluarkan kantong teh dan biarkan dingin. Basahi rambut Anda, lalu bilas rambut Anda dengan teh. Tunggu 10 menit, lalu keramas rambut Anda. Bilas rambut dengan air dingin. Lakukan proses ini 2 atau 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

8. Melembabkan Rambut

Memiliki rambut halus dan lembut tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Kini rambut lembap bukan lagi impian. Anda bisa menggunakan teh untuk melembapkan rambut. Teh dapat menutrisi rambut lebih baik, dari akar hingga ujung. Cukup sisir rambut Anda dengan teh dan bilas hingga bersih dengan air.

9. Mengatasi Gatal pada Kulit Kepala

Efek anti-inflamasi teh dapat mencegah  iritasi dan peradangan kulit kepala. Beberapa peneliti percaya bahwa teh dapat membantu mencegah gejala psoriasis (peradangan) pada kulit kepala. Kandungan antiseptik  teh juga melindungi folikel rambut dari  sel kulit mati atau bakteri yang tidak diinginkan, sehingga teh efektif menenangkan kulit kepala yang gatal.

10. Mengatasi Uban

Munculnya uban di kepala tentu bisa membuat kaget dan khawatir. Selain itu, uban tidak hanya ditemukan pada orang tua, tetapi banyak juga pada anak muda  yang sudah memiliki uban. Rambut beruban dapat disebabkan oleh stres, sering berganti sampo, dan banyak alasan lainnya. Terlepas dari penyebab uban,  kehadirannya merusak kepercayaan diri.

Gelapkan rambut Anda dengan teh. Caranya adalah dengan mendiamkan teh semalaman. Gunakan teh sebagai masker rambut keesokan harinya. Gunakan setelah dicuci. Tuangkan semua teh secara merata pada garis rambut. Tutup sebentar dengan handuk dan cuci dengan shampo dan air bersih.

Bagi Anda yang ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.