Jangan Dilakukan! 8 Kesalahan ini dapat Mengurangi Manfaat Teh

Jangan Dilakukan! 5 Kesalahan ini dapat Mengurangi Manfaat Teh

Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari minum teh secara teratur. Kandungan antioksidan dan manfaat penurunan berat badan dapat menjadikan teh sebagai minuman yang tepat. Konsumsi teh yang sehat bisa saja kehilangan manfaatnya. Kesalahan yang sering kita lakukan bisa membuat teh menjadi tidak sehat. Kesalahan yang terjadi saat mengonsumsi teh tentu merugikan karena dapat mengurangi manfaat yang bisa kita peroleh dari teh. Berikut  8  kesalahan minum teh yang sering terjadi saat mengonsumsi teh di bawah ini!

teh di dalam cangkir coklat
Sumber : Pexels.com

1. Menggunakan terlalu banyak gula

Bahan tambahan buatan dan topping yang berpemanis. Penggunaan gula yang berlebihan terbukti mampu mengurangi kadar antioksidan dan penyerapan antioksidan dalam tubuh. Gula sebenarnya ditemukan dalam karbohidrat. Karbohidrat adalah bahan bakar yang memberikan energi bagi tubuh. Tubuh memecah makanan yang mengandung karbohidrat menjadi glukosa, yang kemudian bisa masuk ke aliran darah. Beberapa glukosa penting untuk berfungsinya otak, sistem saraf pusat, dan sel darah merah. Namun, terlalu banyak gula tidak baik untuk tubuh. Batas asupan gula yang disarankan adalah 12 sendok teh atau 200 kalori per hari. Asupan gula yang tinggi dianggap sebagai faktor risiko terkuat untuk diabetes. Terlebih lagi, asupan gula tinggi yang berkepanjangan meningkatkan resistensi terhadap insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur gula darah. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan risiko diabetes.

2. Mengonsumsi pada suhu yang cukup ekstrem

Misalnya terlalu dingin atau terlalu panas, maka akan membuat penyerapan antioksidan dalam tubuh juga berkurang. Suhu makanan yang terlalu ekstrem dan tidak sesuai dengan suhu tubuh akan membuat penyerapan zat dalam bahan makanan, termasuk antioksidan, jadi tidak maksimal

Teh panas adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Menurut Euromonitor International, sekitar 2,9 juta ton teh diminum pada tahun 2016. Hal ini tidak mengherankan karena teh memang nikmat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini karena efek antioksidan dari senyawa yang dikandungnya, seperti polifenol. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Peking di Beijing, China menemukan bahwa suhu teh yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan, terutama pada kelompok yang berisiko terkena penyakit serius.

Penulis utama studi tersebut, Jun Lv, seorang mahasiswa doktoral di Departemen Epidemiologi dan Biostatistik di Universitas Peking, menemukan bahwa konsumsi teh panas berkorelasi dengan kejadian kanker kerongkongan.

3. Memilih dan mengonsumsi teh kemasan dalam porsi berlebihan

Penggunaan gula pada teh kemasan kebanyakan menggunakan gula buatan sehingga porsi penggunaan gulanya termasuk tinggi. Teh kemasan boleh Anda konsumsi asalkan porsinya dikontrol, utamanya porsi kandungan dalam satu sajinya. Akan ada efek buruk pada tubuh jika mengkonsumsi teh kemasan dalam jumlah berlebih, salah satu resikonya adalah memicu munculnya penyakit diabetes.

Kandungan gula yang  tinggi juga berarti kandungan kalori yang tinggi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi 10% dari total kalori dari gula. Jika konsumsi gula berlebihan atau melebihi konsumsi gula yang dianjurkan, maka akan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

4. Meminum teh setelah mengonsumsi makanan berprotein hewani

Minum teh setelah mengonsumsi lalapan yang dapat mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh. Anda bisa meminum teh setelah mengonsumsi makanan berprotein hewani, misalnya daging, telur, atau hati ayam, dengan jeda waktu 4-5 jam agar zat besi yang tinggi pada makanan berprotein hewani bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh.

5. Terlalu sering mengonsumsi teh atau porsinya berlebihan

Mengkonsumsi teh secara berlebihan dapat mengganggu pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan perut merasa tidak nyaman. Karena kandungan antioksidan dalam tubuh yang terlalu tinggi, baik dalam satu kali minum atau total dalam satu hari. Pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi teh, paling banyak 3-4 gelas, 200-250 ml teh kental tawar setiap harinya.

daun teh hitam kering diseduh dan siap diminum
Sumber : Pexels.com

6. Terlalu Banyak Pemanis Buatan

Banyak orang minum teh manis. Gula benar-benar memberi rasa manis pada teh yang hambar dan pahit. Padahal gula merupakan faktor munculnya berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Teh manis sesekali juga baik-baik saja. Namun, jika kebiasaan itu menjadi kebiasaan sehari-hari, beda lagi. Minum teh tawar adalah cara tersehat untuk menuai manfaat teh. Daun teh segar juga mencegah efek antioksidan daun teh hancur dan dapat diserap tubuh secara normal. Teh adalah minuman rendah kalori, dan gula bisa merusak manfaat minuman ini.

7. Terlalu Banyak Krimer dan Susu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh yang dicampur susu mengurangi manfaat keduanya. Ini karena protein dalam susu, yang dikenal sebagai kasein, mengikat flavonoid dalam teh, mengganggu penyerapan dan aktivitas antioksidan.

Hal ini ditunjukkan oleh studi oleh Philippe Bourassa et al. Diterbitkan pada tahun 2013 oleh National Library of Medicine, bahwa Susu dapat mengurangi efek flavonoid dalam teh.

8. Menyeduh Terlalu Lama

Dikutip dari Well and Good bahwa pada dasarnya setiap teh memiliki toleransi waktu penyeduhan yang berbeda, yang memengaruhi rasa, aroma, dan kandungan nutrisinya.

Menurut para ahli, menyeduh teh terlalu lama akan melepaskan lebih banyak flavonoid, polifenol, dan katekin. Namun, produksi kafein dan tanin juga meningkat berkali-kali lipat. Kedua kandungan inilah yang merusak rasa teh dan membuat teh semakin pahit. Selain itu, jika kandungan kafeinnya terlalu tinggi, manfaat antioksidan dari teh akan kalah dengan risiko dosis kafein yang tinggi. Sebaliknya, jika kita menyeduh teh dalam waktu yang terlalu singkat, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk meminum berbagai antioksidan yang dimiliki teh. Karena jika diseduh dalam waktu singkat, flavonoid dan polifenol yang terkandung dalam teh dipastikan tidak akan terlepas secara maksimal.

Untuk para Villavers yang sedang mencari teh hitam premium dengan kualitas terbaik, selalu ingat Teh Villa. Dengan kualitas daun teh terbaik, Teh Villa mampu memberikan berbagai macam manfaat. Untuk area Surabaya, nikmati layanan gratis pengiriman. Mari mulai hidup sehat dengan rutin minum teh hitam.