Manfaat Rutin Minum Teh Hitam, Salah Satunya Dapat Melawan Radikal Bebas

Manfaat Rutin Minum Teh Hitam, Salah Satunya Dapat Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah istilah untuk sel-sel yang rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Ini disebut “bebas” karena sel-sel ini kekurangan molekul penting yang memungkinkan mereka membuat kekacauan saat bertemu dengan molekul lain. Padahal, radikal bebas adalah bagian dari proses alami tubuh. Radikal bebas juga bisa berasal dari luar tubuh. Melawan radikal bebas bisa diseimbangkan dengan antioksidan.

Mengapa Radikal Bebas dapat Merusak Kesehatan Manusia?

Radikal bebas adalah istilah untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan beberapa kondisi negatif. Disebut “bebas” karena sel-sel ini kekurangan molekul esensial yang memungkinkannya menyebabkan kerusakan saat bersentuhan dengan molekul lain. Radikal bebas tidak hanya merusak sel lain, tetapi seringkali merusak DNA yang merupakan benih tumbuhnya penyakit.

Satu sel yang rusak dapat dengan cepat menghancurkan sel lainnya. Ketika DNA berubah, sel dapat bermutasi dan berkembang dengan kecepatan yang tidak normal. Proses peradangan dan cedera juga dapat menghasilkan radikal bebas.

Dampak Radikal Bebas

Agar fungsi fisiologis dapat berfungsi dengan baik, tubuh harus menjaga keseimbangan antara kadar radikal bebas dan antioksidan, namun ketika kadar radikal bebas melebihi kemampuan tubuh untuk mengendalikannya, terjadi kondisi yang disebut stres oksidatif. Radikal bebas dapat menyerang dan merusak berbagai sel tubuh. Asam nukleat, lipid dan protein adalah elemen yang dapat terpengaruh.

Bahaya radikal bebas terjadi ketika jumlahnya melebihi jumlah antioksidan sehingga menyebabkan kerusakan sel. Kondisi ini disebut stres oksidatif. Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul berbahaya. Berikut ini adalah beberapa efek radikal bebas pada tubuh:

1. Stres Oksidatif

Stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara perlindungan antioksidan dan radikal bebas. Stres oksidatif juga berkaitan erat dengan kerusakan asam nukleat, protein dan lipid.

Serangan stres oksidatif dapat melemahkan sel dan jaringan tubuh, membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit, seperti: diabetes, katarak dan kehilangan penglihatan terkait usia, penyakit sistem saraf pusat, penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penyumbatan arteri, penyakit autoimun dan radang penyakit seperti kanker dan radang sendi, rambut rontok dan perubahan struktur rambut, kerutan di dahi dan bagian tubuh lainnya, dan hilangnya elastisitas kulit dan lainnya.

2. Kerusakan kulit

Radikal bebas dapat merusak kulit karena sifatnya yang reaktif. Ini karena molekul berusaha menarik elektron untuk menstabilkan dirinya. Selain itu, radikal bebas juga dapat menyebabkan kerusakan DNA pada kulit, sehingga sel-sel baru yang tumbuh di dalam tubuh tidak dapat tumbuh dengan baik sehingga penuaan dini tidak dapat dicegah.

3. Kerusakan Sel

Faktanya, tubuh memiliki ketahanan bawaan untuk melawan radikal bebas ini. Namun, penuaan seringkali mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawannya, sehingga efek radikal bebas tidak dapat dihindari. Akhirnya, ketika tubuh mengalami hal ini, organel-organel yang dimiliki oleh sel-sel tersebut terganggu dan tidak dapat menjalankan fungsi dan tugasnya secara normal.

manfaat teh untuk tangkal radikal bebas
Sumber : www.Pexels.com

Teh Dapat Melawan Radikal Bebas

Jika kita mengetahui bagaimana dan apa saja dampak buruk radikal bebas bagi kesehatan tubuh, maka solusinya adalah menjaga dan meningkatkan pola hidup sehat. Ada banyak cara untuk menjalani gaya hidup sehat. Beberapa di antaranya seperti makan makanan bergizi, berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Salah satu solusi yang dianjurkan untuk mengatasi radikal bebas adalah dengan minum teh. Teh hitam memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk melawan radikal bebas. Kandungan polifenol di dalamnya efektif melawan radikal bebas yang dapat terbentuk secara bertahap kapan saja di bawah pengaruh berbagai faktor. Kandungan dalam teh membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah dan karenanya sangat efektif dalam mencegah penyakit jantung. Teh juga memiliki sifat antibakteri dan antikanker yang dapat membantu tubuh melawan sel kanker dan mencegah peradangan. Teh mengandung antioksidan 100 kali lebih banyak daripada buah dan sayuran, sehingga dapat meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi teh hitam, antioksidan polifenol yang dibutuhkan tubuh dapat terisi kembali untuk menjaga daya tahan tubuh dan efektif melawan radikal bebas. Karena sehat itu mahal, jaga dan tingkatkan terus agar tubuh selalu sehat. Semua khasiat bermanfaat dari polifenol yang ditemukan dalam Premium Black Tea dari Teh Villa, yang mengandung antioksidan dan polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.