Jangan Dibuang! Ampas Teh dapat Mengurangi Kerutan pada Wajah

Jangan Dibuang! Ampas Teh dapat Mengurangi Kerutan pada Wajah

Teh adalah minuman favorit bagi banyak orang. Teh biasanya disajikan saat sarapan atau jam relaksasi sore. Efek yang menenangkan dapat membuat seseorang merasa lebih rileks. Setelah menyeduh teh, seringkali ampas teh celup langsung di buang. Ampas teh  memiliki banyak manfaat, terutama untuk wajah dan kulit. Teh mengandung polifenol dapat menghilangkan efek berbahaya dari radikal bebas yang seringkali mengakibatkan kulit kendur, bintik-bintik penuaan, dan kerutan.

Pada dasarnya, kulit akan terus kehilangan elastisitasnya seiring waktu. Akibatnya, kulit akan menjadi kasar dari hari ke hari. Ketika elastisitas kulit berkurang ditambah dengan banyaknya kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit, bukan tidak mungkin kulit Anda akan berakhir penuh dengan kerutan muncul lebih cepat dari biasanya. kerutan, bintik-bintik penuaan atau bahkan kulit kendur diwajahnya seiring bertambahnya usia. Hal-hal tersebut bisa disebabkan oleh sejumlah faktor selain usia, diantaranya sinar matahari, radikal bebas, merokok, kekurangan nutrisi kulit, polusi dan faktor genetik.

Selain menggunakan produk perawatan kulit anti-penuaan, memasukkan teh ke dalam rutinitas perawatan kulit untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan tidak akan menjadi masalah. Dengan menggunakan ampas teh celup yang sudah diminum sebagai bahan dasar untuk membuat masker wajah. Pertama, pindahkan ampas teh ke dalam mangkuk dan campur dengan beberapa tetes ekstrak lemon dan lidah buaya. Setelah tercampur rata, oleskan masker ke seluruh  wajah dan leher, lalu diamkan selama 5 sampai 10 menit. Lalu setelah mengering, bilas masker dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

Bagaimana Teh dapat Mengurangi Kerutan pada Wajah?

Ampas teh celup ini mengandung zat yang bisa menyempitkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Ampas teh celup ini dapat melancarkan peredaran darah. Tidak hanya itu, teh juga mengandung antioksidan polifenol yang memiliki kemampuan untuk menetralisir radikal bebas berbahaya. Sifat antioksidan dan anti inflamasi dari teh membantu menghaluskan kerutan.

Menurut tranglive.com dari University of Maryland Medical Center, radikal bebas terjadi secara alami di dalam tubuh melalui fungsi metabolisme. Dengan demikian, minum teh dan mengoleskan ampas teh dapat mengurangi efek kerutan akibat radikal bebas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa dilakukan secara rutin setiap malam selama 1 bulan.

manfaat minum teh hitam bisa atasi kerutan pada wajah
Sumber : www.unsplash.com

Manfaat Teh untuk Wajah

Teh mengandung banyak nutrisi dan zat  bermanfaat untuk kesehatan, termasuk kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat teh pada wajah, Anda bisa meminumnya langsung atau menggunakan produk perawatan kulit tertentu yang mengandung teh, seperti masker. Jenis teh yang berbeda, seperti teh hitam atau teh hijau, memberikan manfaat teh yang berbeda untuk wajah Anda. Berikut  beberapa manfaatnya.

1. Mencerahkan Kulit

Menggunakan perawatan kulit berbahan dasar teh dapat membantu mencerahkan kulit Anda. Manfaat teh untuk wajah sangat bermanfaat karena kandungan kafein pada teh yang baik untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Selain itu, teh juga mengandung gallic acid yang merupakan antioksidan yang dapat menghambat produksi melanin pada kulit. Bahkan, kulit akan terlihat lebih cerah.

2. Mencegah munculnya jerawat

Untuk mencegah munculnya jerawat, bisa menggunakan teh. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol pada daun teh, memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Bahan-bahan berbeda tersebut bekerja untuk melawan bakteri penyebab jerawat pada kulit, mengurangi kemerahan pada kulit saat berjerawat, dan menjaga agar pori-pori tidak tersumbat sehingga jerawat tidak semakin parah atau muncul kembali.

3. Mengurangi kerusakan kulit

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa tanin dapat mencegah munculnya garis-garis, kerutan dan warna kulit yang tidak merata akibat paparan sinar matahari. Konon, penggunaan teh pada kulit dapat mengurangi risiko kerusakan kulit karena teh merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung tanin.

4. Jaga Kelembapan Kulit

Agar tetap terhidrasi, kulit harus diberi nutrisi dengan baik. Teh merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat menjaga kelembapan kulit karena mengandung vitamin E. Vitamin ini dikenal dapat mengunci kelembapan untuk kulit yang lebih halus.

Cara Penggunaan Teh untuk Wajah

Jika ingin membuat masker teh sendiri di rumah, Anda bisa menyeduh teh ke dalam cangkir dan diamkan selama 1 jam. Setelah dingin, keluarkan daun teh dari kantong dan oleskan ke wajah. Untuk manfaat yang lebih banyak lagi, Anda bisa mencampurkan masker teh ini dengan bahan lain, seperti madu.

Teh untuk wajah memiliki banyak manfaat berbeda. Jika Anda sudah mencoba menggunakan teh sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah tetapi tidak merasakan manfaatnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai perawatan lain berdasarkan kondisi kulit.

Nah, bila Anda yang ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.