Rutin Minum Teh dapat Menambah Kewaspadaan dan Energi

Rutin Minum Teh dapat Menambah Kewaspadaan dan Energi

Teh merupakan minuman yang disukai semua usia dan kalangan. Teh hitam mengandung banyak antioksidan. Antioksidan yang  ditemukan dalam teh hitam termasuk polifenol, katekin, theaflavin, dan thearubigin. Bila dikonsumsi secara teratur, kelompok antioksidan ini dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti hipertensi, stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

Selain itu teh juga dapat meningkatkan mood dan energi seseorang sehingga lebih optimal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Dalam beraktivitas diperlukan tingkat kewaspadaan dan ketelitian yang cukup agar kegiatan yang akan dilakukan dapat berjalan dengan baik. Terutama seorang pekerja yang membutuhkan tingkat kewaspadaan dan energi. Sebagian orang memilih untuk minum teh hitam agar lebih waspada dan menambah energi. Hal ini karena ada kandungan kafein dan asam amino Ltheanin pada teh hitam yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan kewaspadaan serta fokus. Ltheanin juga berfungsi untuk meningkatkan aktivitas otak, memberikan relaksasi, serta fokus yang lebih baik pada tubuh. Dari semua teh, teh hitam paling sering dikaitkan dengan kewaspadaan dan energi.

Minum dua sampai tiga cangkir teh hitam akan meningkatkan kewaspadaan, energi, fokus serta membantu kita belajar lebih baik. Kombinasi asam amino yang disebut L-theanine dan kafein merangsang produksi gelombang otak alfa, memberi kita ledakan energi tanpa merasa gelisah.

Penelitian Teh Menambah Kewaspadaan dan Energi

Sebuah studi yang diterbitkan oleh University College London mengungkapkan bahwa orang yang minum teh hitam setiap hari cenderung mengalami penurunan tingkat stres yang signifikan. Teh ini membantu mengembalikan kadar hormon stres menjadi normal, dan itulah mengapa jika minum teh akan merasakan perbedaannya.

Lalu menurut studi teh di American Journal of Physiology, teh mengandung kaya akan katekin yaitu antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu membakar kalori dan bertindak sebagai penambah energi. Studi tersebut juga melaporkan bahwa orang yang minum teh selama 10 minggu meningkatkan kinerja mereka selama berolahraga sebesar 24 % dibandingkan sebelumnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dalam teh dapat meningkatkan durasi latihan.

Kandungan kafein dalam teh juga dapat membantu meningkatkan kinerja. Saat membutuhkan energi ekstra ketika berolahraga. Saat berolahraga dalam waktu lama, tubuh mulai menguras energi yang akhirnya membuat tubuh merasa lelah. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Waikato Institute of Technology di Selandia Baru.

teh mampu meningkatkan kewaspadaan dan menambah energi lho
Sumber : www.unsplash.com

Manfaat Minum Teh Meningkatkan Produktivitas

Teh hitam mengandung kafein dan asam amino yang disebut L-theanine. L-Theanine bekerja dengan meningkatkan aktivitas sel alfa di otak, yang menghasilkan relaksasi, kewaspadaan, dan fokus yang lebih baik. Minuman yang mengandung L-theanine dan kafein memiliki efek signifikan pada konsentrasi, demikian temuan penelitian. Karena itu, Anda bisa meminum teh hitam di sela-sela aktivitas pagi. Manfaat kesehatan lain dari teh segar adalah dapat membantu kita meningkatkan mood kita. Jadi saat sedang bad mood, bisa mencoba memulihkan diri dengan hanya minum teh. Teh panas, tanpa pemanis, dapat memberikan manfaat emosional seperti memberikan relaksasi dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, tindakan benar-benar menyiapkan dan meminum teh mungkin memiliki efek positif pada suasana hati. Oleh karena itu, banyak orang memasukkan minum teh ke dalam rutinitas sehari-hari. Berikut  beberapa manfaat teh yang dapat bantu, meningkatkan produktivitas:

1. Membantu Otak Tetap Waspada

Mata kabur dan pekerjaan masih menumpuk? Mau minum kopi tapi takut kesulitan tidur? Jika Anda mengalami dilema seperti itu, teh bisa menyelesaikannya. Meski tidak sekuat kopi, teh juga bisa membantu menjaga otak tetap waspada. Kandungan kafein dalam teh dapat membantu menjaga otak tetap waspada, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Psychopharmalogy. Tapi tidak seperti kopi, teh jauh lebih rendah kafein. Jadi jika Anda memiliki masalah asam lambung, minum teh relatif aman.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Teh ternyata dapat membantu meningkatkan efektivitas koneksi otak yang dapat memengaruhi kinerja kognitif, terutama daya ingat. Jika Anda sulit berkonsentrasi dan ingatan buruk, minum teh secara teratur dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

3.Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

Selain menjaga otak tetap awas, kandungan kafein pada teh juga bisa membantu Anda menjaga fokus. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuropharmacology membuktikan hal tersebut, minum teh setiap hari membantu meningkatkan konsentrasi sekaligus membantu mengatasi kelelahan.

4. Membantu Meningkatkan Mood

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference menemukan bahwa minum teh setelah bekerja dapat meningkatkan suasana hati dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Efek ini disebabkan oleh kafein dan theanine yang terkandung dalam daun teh. Namun bukan hanya minum teh saja yang bisa meningkatkan mood, proses menyeduhnya juga bisa membantu memberikan ketenangan pikiran dan menghilangkan stres.

5. Meningkatkan Kreativitas

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference, tim peneliti yang dipimpin oleh Suzanne Einother menemukan hubungan antara minum teh dan kreativitas di tempat kerja. Dalam penelitian tersebut, partisipan yang rutin minum teh cenderung lebih kreatif saat memecahkan masalah. Kandungan kafein dan theanine dalam teh mungkin berperan dalam hal ini.

6. Motivasi Kerja Meningkat

Teh juga dapat meningkatkan motivasi kerja. Dalam sebuah penelitian  di Belanda terhadap 150 peserta, orang yang rutin minum teh  menunjukkan antusiasme yang lebih besar untuk memecahkan masalah daripada peserta yang hanya minum air putih. Selain itu, peserta yang rutin minum teh bereaksi lebih cepat  saat menghadapi masalah yang lebih kompleks.

Ternyata, minum teh secara rutin membantu menjaga kesehatan tubuh. Di sisi lain, teh juga membantu meningkatkan efisiensi kerja. Namun, cara Anda meminum teh juga berdampak besar pada semua manfaat di atas. Selain itu, proses pembuatan teh dan rasa yang dihasilkan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Apapun metode dan teh yang dipilih, sebaiknya minum teh tanpa tambahan gula.

Meningkatkan Kualitas Tidur dengan Minum Teh

Selain menenangkan, minum teh segar sebelum tidur ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur kita loh. Hal ini karena minum teh dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga lebih mudah mengantuk dan tidur lebih nyenyak. Kandungan asam amino L-theanine pada teh dapat membantu kita merasa rileks. Teh juga mengandung antioksidan yang melindungi dari stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel sehat. Selain itu, manfaat teh dapat mengurangi depresi. Konsumsi rutin teh ini dapat mengurangi risiko gangguan saraf dan menurunkan tingkat stres. Faktanya, ini dapat mencegah penurunan kognitif yang terkait dengan penyakit otak seperti Parkinson dan Alzheimer.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.