Yuk, Cuci Muka dengan Air Teh dan Rasakan Banyak Manfaatnya!

Yuk, Cuci Muka dengan Air Teh dan Rasakan Banyak Manfaatnya!

Teh adalah salah satu minuman jutaan orang yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bahkan, kebiasaan minum teh setiap hari seolah sudah menjadi bagian dari budaya di beberapa negara, termasuk Indonesia. Mulai dari teh tubruk, teh tarik, hingga varian milk tea dan bubble tea.

Seperti halnya kopi, teh juga bermanfaat saat dikonsumsi. Namun, selain diminum, teh ternyata memiliki kegunaan lain. Ya, air teh ternyata bisa digunakan untuk mencuci muka. Ini mungkin terlihat kurang familiar, tetapi jika Anda menggunakannya untuk mencuci muka akan banyak manfaat yang dirasakan.

Teh sangat tinggi antioksidan, yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Itu sebabnya para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi tiga cangkir daun teh setiap hari. Setelah diseduh selama 20 menit, segera minum.

Sifat antioksidan, anti-penuaan, dan anti-inflamasi teh membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya. Teh mengandung kafein dan sangat tinggi katekin dan polifenol, dua antioksidan yang dikenal untuk melawan jerawat dan penuaan.

Tentu sayang jika melewatkan manfaat teh untuk kecantikan, bukan? Nah, simak manfaat teh untuk kecantikan dan cara menggunakannya untuk kulit yang lebih sehat.

1. Mengurangi Mata Bengkak dan Lingkaran Hitam

Teh tidak hanya bisa diminum, tapi juga digunakan sebagai bahan toner wajah. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mencuci muka dengan air teh. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam.

Kantung mata biasanya didapat seseorang saat waktu tidurnya tidak teratur dan sering begadang. Kelelahan mata ini akhirnya menyebabkan lingkaran hitam dan bentuk seperti bengkak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan air teh, atau bisa juga dibuat menjadi masker wajah.

2. Menenangkan Sunburn karena Paparan Sinar Matahari

Asam tanat dalam teh membantu kulit menghilangkan kulit terbakar dan noda. Seduhlah teh dalam teko. Setelah air mendingin, rendam kain dalam teh dan letakkan di area yang terkena hingga 30 menit. Anda juga bisa mengoleskan kantong teh langsung ke wajah untuk mengurangi kemerahan di wajah karena sinar matahari.

3. Bisa Menjadi Toner

Jika Anda kekurangan toner, Anda bisa mengandalkan kantong teh atau daun teh. Sifat zat teh menjadikannya tonik yang luar biasa. Ini membuat wajah tidak terlalu berminyak dan membantu menjaganya tetap bersih. Oleskan kantong teh ke wajah Anda dan bersihkan dengan handuk bersih.

4. Bisa Menjadi Scrubber

Jika Anda membuang kantong teh ke tempat sampah, Anda kehilangan scrubber yang bagus. Keringkan kantung teh bekas. Sekarang potong dan gunakan sebagai scrub dan bilas. Teh dapat memberikan manfaat melembabkan dengan baik setelah mencuci muka.

5. Menyerap Minyak Berlebih

Teh melati penuh dengan minyak yang bermanfaat bagi kulit. Ini memiliki sifat anti-mikroba dan sangat bagus dalam menyerap minyak berlebih. Ambil teh melati, dinginkan dan oleskan pada kulit berminyak dan berjerawat. Ini melawan bakteri jerawat dan juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit.

6. Penenang Kulit

Jika Anda ingin menenangkan kulit dari iritasi dan peradangan yang berlebihan, teh kamomil adalah ramuan pilihan Anda. Ini dapat memberikan manfaat mengendurkan jaringan yang tegang dan teriritasi. Bahkan, bisa digunakan untuk mengurangi ruam gatal atau bercak merah, kering, dan bersisik pada kulit. Oleskan kantong teh ke wajah Anda secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal.

7. Pembersih Wajah

Teh putih, yang merupakan teh yang kurang diproses, mengandung lebih banyak antioksidan daripada teh hijau. Berkat nutrisi yang dikandung teh, dapat membantu membersihkan kulit wajahmu. Saring teh putih dan pisahkan daun dari infus sebenarnya. Biarkan dingin. Oleskan masker dan saksikan kulit Anda bersinar!

Teh sebagai pendamping saat membaca buku
Sumber Foto : www.pexels.com

8. Mengatasi Bibir Pecah Pecah

Teh hijau dikatakan dapat meredakan nyeri bibir kering dan pecah-pecah. Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan kantong teh hijau yang dibasahi air hangat ke bibir Anda. Ini akan membantu meredakan sensasi terbakar dan menjaga bibir Anda tetap terhidrasi lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Tentunya teh harus digunakan secara rutin untuk membasuh wajah agar mendapatkan manfaatnya.

9. Mengurangi Komedo

Komedo adalah masalah wajah paling umum yang dialami banyak orang. Namun jika tidak dibersihkan, sangat mengiritasi dan akan merusak performa penampilan. Komedo bisa disebabkan oleh minyak berlebih di wajah, dan juga berasal dari sisa make-up yang belum dibersihkan dengan baik.

Kandungan vitamin pada air teh secara bertahap dapat mengatasi masalah ini. Gunakan secara teratur dan wajah Anda akan jauh lebih bersih.

10. Menghilangkan Jerawat

Tehnya mengandung sifat anti-bakteri dan anti-radang, serta kandungan ini bisa mengatasi jerawat membandel di wajah. Tak hanya itu, teh juga bisa mengurangi jumlah sebum yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari teh juga memberikan perasaan segar pada wajah Anda.

Teh di dalam cangkir
Sumber Foto : www.pexels.com

11. Mencerahkan Wajah

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah bersih dan cerah? Kandungan vitamin E pada teh membuat wajah Anda lebih berseri. Bahkan jika teh dibiarkan semalaman, kandungan vitamin E tidak hilang. Juga, teh memiliki 500 kali lebih banyak vitamin C daripada lemon.

12. Mengencangkan Wajah

Selain dapat mencerahkan kulit wajah, air teh juga dapat mengencangkan kulit berkat vitamin E yang dikandungnya. Dengan rutin menggunakan air teh sebagai bahan pembersih wajah, Anda dapat mencegah penuaan.

13. Mengatasi Kulit Iritasi

Produk kimia yang terkandung dalam berbagai produk yang kita pakai bisa membuat kulit menjadi merah atau gatal. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan dibiarkan, segera cuci muka dengan air teh. Makan perlahan mengurangi kemerahan dan rasa terbakar.

14. Menjadi Tabir Surya

Sinar matahari memiliki efek yang sangat berbahaya bagi kulit, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk mengatasinya, cukup rutin mencuci muka dengan air teh, maka otomatis kulit Anda akan terlindungi dari sinar matahari.

15. Menghaluskan Wajah

Vitamin E yang terdapat pada air teh dapat membantu mengatasi kekeringan kulit dan membuat wajah lebih halus. Caranya juga sederhana, rutin cuci muka dengan air teh.

Anda bisa mendapatkan manfaat teh untuk kecantikan dan kesehatan kulit, tentunya teh harus digunakan secara rutin dengan cara yang tepat. Untuk mempersiapkan stok teh di rumah, Anda bisa membeli melalui website ini dengan menghubungi WhatsApp di bawah atau membeli online di website ini. Selain memproduksi teh hitam premium, Teh Villa juga memiliki produk lainnya yaitu teh celup kotakteh celup sachetteh merah wangitumbler strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Selamat mencoba!