Ampuh! Teh Hitam Dapat Mencegah Kerusakan Gigi

Ampuh! Teh Hitam Dapat Mencegah Kerusakan Gigi

Apakah Anda suka minum teh hitam? Kabar baik untuk Anda karena kemungkinan kecil Anda mengalami kerusakan gigi. Berdasarkan penelitian terbaru, minum teh secara rutin setiap hari dapat menutrisi gigi dan mengurangi resiko gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Para peneliti telah menemukan bahwa teh hitam dapat melawan bakteri Streptococcus dan Lactobacillus, yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Menurut Dr Carrie Ruxton, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa 3-4 cangkir teh sehari adalah “dosis” yang dianjurkan untuk hasil yang maksimal.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa bahkan setelah menambahkan sedikit gula, teh hitam dapat mencegah gigi tanggal dan kerusakan gigi. Dr Ruxton mengatakan ada bukti kuat bahwa minum teh dapat melindungi gigi orang dewasa agar tidak rontok seiring bertambahnya usia.

Menurut dr. Carrie, jika kita meminum teh hitam 3-4 cangkir sehari akan terbukti membantu serta mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Hal tersebut juga diyakini akan disambut baik oleh dokter gigi dan tenaga kesehatan yang melakukan edukasi kepada masyarakat tentang seberapa penting menjaga kesehatan gigi dan mulut serta perawatan gigi.

Selain teh hitam, teh hijau juga memiliki efek yang sama. Teh ini tidak hanya dapat mencegah kerusakan gigi tetapi juga mencegah bau mulut dengan menetralkan belerang di mulut yang menyebabkan bau mulut.

Ia menjelaskan bahwa ketika bakteri di dalam mulut bereaksi dengan karbohidrat, mereka menghasilkan asam yang melarutkan email gigi. Hal ini menyebabkan kerusakan yang membuat gigi keropos atau kendor. Teh hitam dan hijau dapat mengurangi peradangan, mencegah plak menempel pada gigi, dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Selain itu, teh mengandung antioksidan seperti flavonoid dan katekin yang memiliki efek anti-mikroba. Dr. Tim Bond, juru bicara Tea Advisory Panel pada produk teh, setuju dengan temuan penelitian.

Dr. Tim Bond mengatakan bahwa efek dari minum teh sangat menguntungkan karena dapat mengurangi peradangan di rongga mulut dan mencegah perlekatan dan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit gigi dan gusi.

Untuk mencapai gigi yang kuat dan sehat hingga usia lanjut, Anda bisa menyiapkan teh sebagai minuman yang ideal. Namun, jangan berlebihan. Bahkan jika Anda sangat suka minum teh, batasi asupan Anda hingga batas yang disarankan yaitu empat cangkir sehari.

Teh yang Anda minum harus dibuat dalam kantong atau daun teh kering. Tidak ada teh dalam botol atau kemasan lain dengan kandungan antioksidan yang berkurang. Namun, Anda juga harus memenuhi kebutuhan air putih yang cukup.

Teh hangat di dalam gelas
Sumber Foto : www.pexels.com

Rekomendasi Minum Teh Berapa Gelas Dalam Sehari

Kabar gembira bagi Anda yang ingin gigi tetap cantik dan sehat lebih lama. Selain menyikat gigi secara teratur, obat kumur, dan kunjungan enam bulanan ke dokter gigi, teh hitam membantu menjaga kesehatan gigi.

Biasanya, kita bisa menggunakan secangkir teh hitam untuk bersantai dan melepas penat. Ternyata, kandungan teh hitam bisa menjadi senjata dalam melawan bakteri perusak gigi. Bakteri ini termasuk Lactobacillus dan Streptococcus. Meski Anda menikmati teh hitam dengan sedikit gula, kandungan teh hitam tidak mengurangi manfaatnya untuk menjaga kesehatan gigi.

Hal ini dilakukan oleh dr. Carrie Ruxton membenarkan. Menurutnya, minum teh hitam 3-4 kali sehari dapat membantu melawan bakteri di mulut dan mengurangi risiko kerusakan gigi. Selama ini teh hitam dan teh hijau dikenal sebagai dua bahan yang dapat memberikan efek baik bagi tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan seperti flavonoid yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh kita. Efek lain dari menurunkan berat badan dan membuat tubuh kita awet muda adalah kemampuan kedua teh ini untuk menjaga kesehatan gigi. Jadi jika ingin menjaga kesehatan gigi dari waktu ke waktu, tidak ada salahnya menikmati teh hitam di waktu senggang.

Menyeduh Teh Hitam Panas
Sumber Foto : www.pexels.com

Fungsi Teh Selain Mencegah Kerusakan Gigi Juga Bisa Mencegah Bau Mulut Tak Sedap

 

Kini semakin banyak alasan untuk melanjutkan kebiasaan minum teh, terutama jika Anda menginginkan gigi yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa minum setidaknya tiga cangkir teh hitam sehari membantu menjaga kondisi gigi tetap baik. Teh membantu mengurangi resiko kerusakan gigi.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hitam membantu melawan dua jenis bakteri, yaitu Streptococcus mutans dan Lactobacillus. Bakteri ini berhubungan dengan kerangka gigi dan gusi. Bakteri bereaksi dengan karbohidrat dan menghasilkan asam yang menyerang enamel gigi, menyebabkan gigi membusuk dan kendur.

Menurut peneliti Dr. Carlos Ruxton, manfaat teh hitam tidak berubah meski gula ditambahkan ke dalam teh. Teh hijau juga memiliki efek yang sama dengan menetralkan komponen belerang yang mencegah bau mulut. Baik teh hitam maupun teh hijau mengurangi risiko peradangan dan menghambat pertumbuhan serta reproduksi bakteri. Flavanoid antioxidant dan catechins dalam teh telah terbukti memiliki manfaat antimikroba. Penelitian juga menunjukkan manfaat teh lainnya, yaitu menurunkan berat badan, karena meningkatkan pengeluaran energi dan membakar lebih banyak lemak. Konsumsi teh secara teratur meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4-5 persen, sedangkan oksidasi lemak tidak. Peningkatan lemak disimpan hingga 16 persen.

Itulah informasi manfaat teh untuk kesehatan gigi dan mulut, sangat berguna bukan? Teh Villa memproduksi teh hitam premium yang merupakan teh tradisional kualitas ekspor dari daun teh murni. Selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumbler strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung