Teh Hitam dapat Mengontrol Kadar Gula dalam Tubuh

Teh Hitam dapat Mengontrol Kadar Gula dalam Tubuh

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi. Selain obat-obatan, penderita diabetes sering disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat agar kondisinya tetap terjaga. Bagi penderita diabetes, sangat penting mengontrol kadar gula darah. Selain itu, penting untuk mengonsumsi berbagai macam makanan dan minuman untuk mengoptimalkan kontrol gula darah yang sehat. Memilih minuman nol kalori atau sangat rendah kalori seperti teh tanpa pemanis adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan pengendalian diabetes.

Teh telah menunjukkan efek positif dalam mengendalikan diabetes. Minum satu atau dua cangkir teh ini setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah. Selain itu, teh mengandung senyawa yang melawan kerusakan sel dan mengurangi peradangan sehingga menjadikan pilihan tepat bagi penderita diabetes. Selain itu, minum teh tanpa pemanis dapat membantu menjaga tubuh  tetap terhidrasi. Hindari teh yang manis karena sangat berisiko meningkatnya kadar gula darah. Teh jauh lebih baik jika dikonsumsi tanpa campuran apapun. Namun jika tidak terbiasa dengan teh tawar atau pahit, pastikan untuk memilih pemanis rendah kalori.

Kandungan Teh yang Dapat Membantu Mengontrol Kadar Gula

Teh adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Teh hitam mengandung senyawa yang kuat, seperti theaflavin dan thearubigin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Penelitian dari National Library of Medicine USA, menunjukkan bahwa teh memiliki sifat anti-inflamasi, hipoglikemik, dan sensitif insulin,  menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengontrol diabetes. Teh mengandung senyawa yang melawan kerusakan sel, peradangan, dan kadar gula darah yang kaya akan antioksidan serta dapat menurunkan gula darah. Kandungan antioksidan pada teh sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Antioksidan yang ditemukan dalam daun teh adalah senyawa yang disebut polifenol. Menurut penelitian lainnya, polifenol juga telah terbukti bermanfaat untuk pengaturan gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa teh dapat secara signifikan  mengurangi kadar gula darah pada orang dewasa, sehingga mencegah timbulnya diabetes. Polifenol dalam teh cenderung menghambat penyerapan gula dalam darah.

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Teh Tawar?

Untuk penderita diabetes, teh tawar sangat direkomendasikan. Karena teh dengan tambahan pemanis bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Teh hitam tawar dianggap baik untuk mengontrol kadar gula darah. Sebuah studi oleh Universitas Mahidol di Thailand menunjukkan bahwa teh hitam merupakan minuman antidiabetes yang dapat membantu menurunkan gula darah.

Ahli gizi HealthCanal Sara Chatfield juga menjelaskan bahwa teh dapat membantu menurunkan kadar gula darah. “Teh mengandung polifenol yang bisa digunakan untuk mengatur kadar gula darah,” jelasnya. Selain bagus untuk mengontrol kadar gula darah, teh juga bisa dinikmati sebagai minuman hidrasi. Jika tidak ada air putih, artinya teh bisa diganti untuk menghindari dehidrasi.

Diabetes adalah sekelompok penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh sensitivitas tubuh terhadap insulin yang tidak memadai atau tidak memadai.Teh adalah minuman bebas kalori atau sangat rendah kalori, sehingga meminumnya tanpa gula dapat membantu mengoptimalkan pengendalian diabetes. Selain itu, teh mengandung senyawa yang dapat melawan kerusakan sel dan mengurangi peradangan. Minum teh tanpa pemanis dapat menjaga tubuh penderita diabetes tetap terhidrasi sehingga pengaturan gula darah  berjalan dengan baik.

Teh hitam mengandung senyawa yang bersifat antiradang, antioksidan, dan penurun gula darah. Studi mengungkapkan bahwa minum teh hitam dapat mencegah penyerapan karbohidrat dan menghambat enzim tertentu, menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Dianjurkan untuk minum 3- 4 cangkir teh hitam sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Teh Hitam mampu bantu kontrol gula darah
Sumber : www.pexels.com

Cara Mengkontrol Kadar Gula dalam Tubuh

Ada berbagai cara untuk mengontrol gula darah agar tetap normal, terutama bagi penderita diabetes. Hal ini penting untuk mencegah komplikasi dari kadar gula darah yang tinggi, seperti penyakit jantung, gangguan pengelihatan, dan kerusakan ginjal.

Cara mengontrol gula darah tergantung pada situasi masing-masing individu. Bagi orang yang dalam keadaan sehat atau yang berisiko rendah terkena penyakit diabetes, cara mengontrol gula darah dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Sementara itu, untuk penderita diabetes atau kelompok risiko tinggi diabetes, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan pasien sindrom metabolik, pengendalian kadar gula darah umumnya dicapai melalui gaya hidup sehat dan pengobatan. Berikut beberapa cara mengkontrol kadar gula dalam tubuh, yang dapat di terapkan juga ketika rutin mengkonsumsi teh tawar:

1. Makan Makanan yang Sehat dan Seimbang

Mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah dan sayur untuk menurunkan gula darah, serta biji-bijian utuh juga dapat membantu memenuhi asupan nutrisi harian Anda. Asupan serat yang dianjurkan untuk dipenuhi adalah 25-32 gram untuk wanita dan 30-35 gram untuk pria. Untuk menjaga agar gula darah tetap terkendali, Anda juga disarankan untuk membatasi asupan gula hingga maksimal 24 gram, atau sekitar 6 sendok teh, per hari.

2. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga adalah bagian penting dari kontrol gula darah. Selama berolahraga, hormon insulin mendorong gula darah ke dalam otot sehingga mereka bisa mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk berolahraga. Akibatnya, kadar gula darah turun.

Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik Anda.

3. Mengurangi Stres

Stres yang berkepanjangan juga dapat memengaruhi peningkatan kadar gula darah. Ini karena hormon kortisol yang diproduksi tubuh saat stres dapat memengaruhi kinerja insulin. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mengelola stres dan menjaga kadar gula darah tetap normal. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang Anda sukai, seperti membaca, menggambar, menonton film atau mendengarkan musik. Anda bisa melakukan berbagai teknik relaksasi dan istirahat yang cukup yaitu tidur 7-9 jam per hari untuk mengurangi stres. Selain itu ketika mengkonsumsi teh hangat, aroma teh sangat menenangkan sehingga dapat mengurangi stres.

4. Berhenti Merokok dan Batasi Alkohol

Merokok meningkatkan risiko berbagai komplikasi diabetes, termasuk penyakit kardiovaskular. Di saat yang sama, minum berlebihan juga bisa memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, berhentilah merokok dan batasi konsumsi alkohol mulai sekarang.

Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.