Cara Minum Teh untuk Kecilkan Perut

Cara Minum Teh untuk Kecilkan Perut

Teh telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain meredakan penyakit, teh juga bisa digunakan untuk mengecilkan perut asalkan dikonsumsi dengan cara yang benar. Teh adalah minuman dengan beberapa manfaat kesehatan. Minuman yang terbuat dari tanaman camellia ini menjadi favorit banyak orang.

Dilansir dari Eat This, Jessica Bippen seorang ahli diet menjelaskan kalau minum teh dapat menghidrasi tubuh dan meningkatkan fungsi pencernaan sehingga baik dikonsumsi untuk mengecilkan perut.

Tentu saja ada beberapa cara minum teh yang perlu diperhatikan agar dapat melunturkan lemak dalam perut. Mulai dari memilih jenis teh yang tepat hingga memerhatikan penggunaan gula.

Teh Hitam bisa untuk bantu kecilkan perut
Sumber : Pexels.com

Teh Bisa Menghancurkan Lemak, Apakah Bisa?

Teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama karena mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan. Banyak teh juga diketahui dapat membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan. WebMD mengungkapkan bahwa ”Tidak dapat mencapai berat badan ideal hanya dengan secangkir Teh”. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa minum teh, meski dalam jumlah kecil, jika disertai dengan olahraga dan pola makan yang baik, dapat membantu menurunkan berat badan.

Teh mengandung katekin yang meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak lebih cepat. Selain itu, kafein yang juga terdapat dalam teh dapat meningkatkan energi tubuh sehingga membakar lebih banyak kalori. Oksidasi adalah reaksi kimia yang terjadi ketika daun teh terpapar udara, membuatnya semakin gelap warnanya. Teh hitam mengandung flavonoid yang tinggi, sehingga dapat menurunkan berat badan, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang.

Minum teratur, teh hitam turunkan berat badan
Sumber : Pexels.com

Cara Minum Teh untuk Kecilkan Perut

Membesarnya perut disebabkan oleh meningkatnya konsumsi kalori yang diubah menjadi lemak. Semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, semakin banyak aktivitas fisik yang diperlukan untuk mencegah tubuh menyimpan kalori tersebut sebagai lemak. Selain itu rutin mengkonsumsi teh tawar juga menjadi solusi untuk kecilkan perut. Berikut cara minum teh yang tepat untuk mengecilkan perut:

1. Pilih Teh yang Tepat

Pada beberapa penelitian, teh yang mudah ditemui seperti teh hitam dan teh putih disebutkan bisa mengecilkan perut. Seperti studi pada tahun 2014 yang menemukan kalau minum 3 cangkir teh hitam setiap hari bisa menurunkan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang secara signifikan.

2. Kurangi Gula

Pemakaian gula pada teh juga perlu diperhatikan. Karena, gula salah satu bahan yang bisa memicu kenaikan berat badan. Jika ingin sesuatu yang manis pada teh, kamu bisa menambahkan madu.

Banyak yang mengatakan kalau madu memiliki rasa yang lebih manis dari gula. Selain itu indeks glikemiknya juga lebih rendah sehingga tidak meningkatkan gula darah dengan cepat.

3. Minum Saat Hangat

Jika ingin mengecilkan perut, mulai sekarang kamu harus berpikir dua kali untuk menikmati es teh. Karena menurut Bippen sebaiknya teh diminum dalam kondisi hangat.

“Minum teh hangat dapat membantu dalam mengurangi kembung dan mendorong pergerakan usus. Cairan hangat telah terbukti merangsang saluran pencernaan dan meningkatkan motilitas,” ujar Bippen.

4. Tambahkan Rempah

Bippen juga merekomendasikan untuk menambahkan bahan penunjang pencernaan ke dalam teh yang akan dikonsumsi. Salah satunya adalah jahe yang bisa ditambahkan ke dalam teh.

Cukup tambahkan sekitar 2,5 cm jahe segar ke dalam teh. Selain jahe, Bippen juga merekomendasikan untuk menambahkan adas atau daun mint.

5. Hati-hati Saat Menambahkan Susu dalam Teh

Saat mengkonsumsi teh, harus hati-hati dalam menambahkan susu. Hal ini dikarenakan beberapa orang tidak toleran terhadap laktosa, yang dapat menyebabkan sakit perut, kram, mual, dan diare.

6. Jangan Tambahkan Pemanis Buatan

Pemanis buatan seperti sukralosa dan stevia juga tidak boleh dicampurkan ke dalam teh. Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa pemanis dapat mengubah mikrobiota usus. Ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri usus, menyebabkan perut kembung, diare, dan banyak lagi.

7. Rutin Konsumsi 3 sampai 5 Cangkir Sehari

Teh memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan senyawa tumbuhan alami seperti tanin dan flavonoid. Minum tiga sampai lima cangkir teh sehari paling bermanfaat bagi kesehatan. Konsumsi berlebihan akan menghasilkan efek samping tertentu, namun manfaatnya jauh lebih besar daripada risikonya.

8. Jangan Minum Teh saat Perut Kosong

Jangan minum saat perut kosong, karena minum teh saat perut kosong bisa menyebabkan sakit perut. Ini karena teh mengandung polifenol yang disebut tanin, yang dapat meningkatkan asam lambung, menyebabkan sakit perut, mual, sensasi terbakar, bahkan sembelit.

9. Hindari Minum Teh Selepas Makan

Kebanyakan orang meminum teh untuk menurunkan berat badan setelah makan, tanpa menyadari bahwa cara ini dapat menghambat penyerapan nutrisi. Hal ini apa pun yang Anda makan tidak akan terserap dengan baik karena kafein dan tanin bertindak sebagai penghalang. Ini juga mengencerkan cairan lambung, menyebabkan gangguan pencernaan. Karena itu, disarankan minum teh 30-45 menit setelah makan.

10. Hindari Menambah Perasa

Saat berencana minum teh untuk menurunkan berat badan, hindari penambahan kalori ekstra dari pemanis seperti gula, madu, susu atau krim. Tambahkan 1 sendok teh madu dan krim dan manfaat teh ini akan hilang. Karena, kalori dalam kandungan teh untuk diet akan bertambah. Sedangkan secangkir teh hanya memiliki 2 kalori, sehingga cocok sebagai minuman untuk mengecilkan perut.

Dan bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia. Stay Healthy Villavers!