Meredakan Batuk dengan Teh

Meredakan Batuk dengan Teh

Batuk penyakit yang sering muncul saat musim pancaroba. Batuk bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Batuk bisa menjadi tanda sakit tenggorokan atau penyakit pernapasan. Meredakan batuk dengan teh hitam panas yang dicampur dengan lemon dikatakan sebagai solusi yang sangat baik untuk mengatasi gatal-gatal dan batuk yang sangat tak tertahankan.

Batuk bukanlah penyakit yang berbahaya dan mengancam jiwa. Namun, batuk harus segera diobati sebelum berlanjut. Batuk adalah cara alami tubuh untuk menjaga tenggorokan bersih dari dahak atau iritasi lainnya. Batuk dipicu oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, dan asam lambung. Umumnya, penderita batuk merasa tidak nyaman di malam hari. Karena batuknya semakin parah. Penderita batuk sering mengonsumsi obat-obatan kimia yang banyak dijual di toko. Sebagai alternatif, penderita batuk juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk meredakannya.

 

redakan batuk dengan teh
Sumber : www.pexels.com

Teh Herbal untuk Meredakan Batuk  

Ada banyak jenis teh herbal untuk batuk yang bisa dibuat di rumah, seperti teh jahe, teh madu, dan teh lemon. Batuk adalah refleks tubuh untuk membantu membersihkan saluran udara. Batuk biasa terjadi saat Anda sakit, tetapi bisa juga disebabkan oleh kondisi lain, seperti alergi, asma, dan refluks asam. Batuk dengan gejala lain bisa sangat tidak nyaman dan melelahkan sehingga mengganggu aktivitas.

Memperbanyak asupan cairan mungkin bisa menjadi salah satu cara meredakan batuk, termasuk minum teh herbal. Selain membersihkan saluran udara, minum teh herbal untuk batuk dapat membantu meredakan nyeri dan mengendurkan lendir untuk sementara. Secara umum, meminum air hangat apa pun, baik itu air putih, sup, atau minuman beraroma lainnya, dapat membantu meredakan gejala batuk. Manfaat teh herbal untuk batuk antara lain menyejukkan tenggorokan, melonggarkan lendir dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. Berikut beberapa teh yang dapat meredakan batuk:

1. Teh Madu

Teh herbal yang mudah dibuat untuk meredakan batuk adalah teh madu. Menurut Greatist, madu telah terbukti dapat menekan batuk dan memberikan kelegaan tambahan bila dicampur dengan teh panas. Madu memiliki sifat antibakteri yang melawan bakteri, dan tekstur lengket madu dapat bertahan di tenggorokan untuk sementara waktu, menurut sebuah penelitian. Teh madu bisa dibuat dengan mencampurkan satu atau dua sendok madu ke dalam secangkir teh panas. Anda dapat menggunakan madu jenis apa pun, tetapi madu mentah memberikan kekuatan antioksidan ekstra dan memiliki sifat penyembuhan yang lebih baik.

2. Teh Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, dan senyawanya membantu meningkatkan relaksasi saluran napas. Teh jahe merupakan salah satu teh herbal untuk batuk yang dapat membantu kita meredakan tenggorokan yang teriritasi. Cara membuat teh jahe dengan mengambil empat sampai enam jahe segar yang sudah dikupas, dipotong tipis-tipis, direbus dengan dua gelas air, lalu seduh bersama teh. Tunggu 10-20 menit, lalu minum.

3. Teh Lemon

Minum teh hitam hangat yang dicampur dengan lemon juga dikatakan mengencerkan dahak yang memperburuk batuk. Minum teh hitam dengan air lemon saat batuk dipercaya sangat membantu dalam meredakan dan menyembuhkan batuk dengan cepat dan mempercepat pemulihan setelah batuk yang sangat parah dan mengganggu. Antioksidan dalam teh hitam dan vitamin C dalam lemon memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Perpaduan teh hitam dan lemon ini sangat bagus untuk mengobati radang tenggorokan yang ditandai dengan sakit tenggorokan. Minum teh hitam yang dicampur dengan lemon dikatakan sangat efektif meredakan sakit tenggorokan dan sakit tenggorokan. Apalagi jika diminum dalam keadaan panas, para ahli sangat menyarankan untuk menikmati ramuan ini saat Anda mulai merasakan sakit tenggorokan.

Para ahli juga mengatakan bahwa minum teh hitam yang dicampur dengan lemon membantu komponen diuretik dalam tubuh. Para ahli mengatakan bahwa konsumsi teh hitam dengan lemon secara teratur sangat bermanfaat untuk pengobatan alami batu ginjal, dan pencegahan keparahan batu ginjal harus diatasi dengan operasi medis.

Sudah coba meredakan batuk dengan Teh Lemon, Villavers? Bagi Anda yang ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotaktumbler strianerteh villa sachetteh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh terbaik di Indonesia.