5 Kebiasaaan untuk Bantu Perlancar Peredaran Darah

5 Kebiasaaan untuk Bantu Perlancar Peredaran Darah

Sistem sirkulasi darah sangat penting untuk semua kesehatan  tubuh. Terkadang  sistem sirkulasi darah jarang  di perhatikan oleh banyak orang.  Tubuh manusia memiliki 60.000 mil pembuluh darah. Bersama dengan jantung dan otot lainnya, mereka membentuk sistem peredaran darah. Jaringan ini membawa darah ke seluruh tubuh. Sirkulasi  sangat penting untuk kesehatan seluruh tubuh. Faktanya, sekitar 5 liter darah dipompa oleh jantung  melalui pembuluh darah tubuh setiap menit. Ketika sirkulasi darah buruk itu berarti darah tidak mengalir secara efektif melalui sistem dan dapat mengalami berbagai masalah, seperti mati rasa atau kesemutan. Sirkulasi yang buruk berarti juga memperlambat atau menghalangi aliran darah. Ini berarti bahwa sel-sel tubuh tidak bisa mendapatkan semua oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan.

Selain sirkulasi darah yang tidak mengalir secara efektif, tekanan darah tinggi  dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan gagal ginjal, stroke, gangguan penglihatan dan serangan jantung. Ada banyak faktor yang mencegah darah mengalir dengan lancar. Selain kondisi medis tertentu, faktor gaya hidup seperti aktivitas fisik, berat badan, dan kebiasaan merokok dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Kunci untuk menjaga peredaran darah yang baik adalah mengubah gaya hidup dan memperhatikan apa yang dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah 5 kebiasaaan untuk bantu perlancar peredaran darah:

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Terdapat cara untuk memperlancar peredaran darah yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan-makanan sehat dapat mencegah pembuluh darah dari plak dan penyempitan, sehingga organ-organ tubuh bisa bekerja sebagai mestinya. Apabila perdaran darah terganggu, tubuh akan terasa kesemutan, mati rasa, otot tegang, gangguan pencernaan, dan dingin di tangan atau kaki akibat kurangnya suplai darah. Konsumsi makanan yang tidak sehat dapat mempengaruhi aliran peredaran darah. Cobalah makan buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak, yang dapat membantu memperlancar peredaran darah.

2. Rutin Olahraga

Tetap aktif secara fisik dan sehat berdampak besar pada sirkulasi darah tubuh. Baik itu berlari, melakukan yoga, atau menari, aktivitas fisik apa pun yang meningkatkan detak jantung Anda dapat membantu meningkatkan sirkulasi. Tidak hanya itu, berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mempertahankan berat badan ideal, yang penting untuk mencegah risiko masalah peredaran darah. Ingat, sedikit olahraga lebih baik daripada tidak sama sekali.

3. Lakukan Peregangan

Peregangan memiliki manfaat yang serupa dengan olahraga. Peregangan secara teratur juga dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan pada tubuh, sehingga meningkatkan aliran darah. Jadi, cobalah untuk melakukan sedikit peregangan setiap jam, terutama jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk di meja sepanjang hari.

4. Banyak Minum

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Jadi menjaga tubuh terhidrasi dapat membantu memindahkan hal-hal di sekitar sistem peredaran darah Anda. Semakin banyak air yang di minum, semakin banyak oksigen yang dimiliki dalam darah, dan semakin lancar peredaran darah.

5. Rutin Minum Teh

Kebiasaan minum teh tanpa gula juga membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan polifenol dalam teh hitam, teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, sehingga lebih mudah untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah plak di pembuluh darah. Antioksidan dalam teh juga meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu, polifenol yang ditemukan dalam beberapa teh juga membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan mengelola diabetes.

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa teh dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat pasti membantu meningkatkan sirkulasi. Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa minum teh dikaitkan dengan insiden penyakit arteri koroner yang lebih rendah.

Yuk rutin minum teh tanpa gula untuk membantu memperlancar peredaran darah, dan kini Anda tidak perlu susah bila ingin mencari teh hitam karena Teh Villa memproduksi teh hitam premium.  Ada varian produk lainnya seperti teh celup kotakteh villa sachetteh merah wangitumbler strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!