Lantai Kayu yang Kusam Bisa Mengkilat Lagi Menggunakan Teh! Bisa Bersih Seperti Baru Dipasang

Lantai Kayu yang Kusam Bisa Mengkilat Lagi Menggunakan Teh! Bisa Bersih Seperti Baru Dipasang

Secara umum, menggunakan lantai kayu adalah lama-lama bisa terlihat kusam dan tidak mengkilap lagi. Lantai kayu membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan keindahannya. Itu sebabnya Anda perlu mengetahui cara memoles lantai kayu dengan benar agar tetap mengkilap dan terlihat seperti baru.

Kebanyakan orang, ketika mereka melihat bahwa lantai kayu susah untuk di bersihkan. Ada beberapa cara memoles lantai kayu, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Tahukah Anda bahwa teh hitam tidak hanya nikmat, tetapi juga dapat diseduh dalam keadaan hangat dan harumnya nikmat. Namun ternyata teh hitam juga bisa digunakan untuk merawat lantai kayu di rumah Anda. Teh hitam mengandung tanin, yang dapat meningkatkan atau mempertajam warna alami kayu. Terbuat dari spesies pohon teh Camellia Sinensis, teh ini juga mengandung polifenol yang mencegah mikroba tumbuh di kayu. Jika ingin mencoba membersihkan lantai kayu perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan, antara lain air, teh celup hitam, dan kain pel.

bersih dan kilapkan lantai kayu dengan teh
Sumber : www.pexels.com

Mengkilapkan Lantai Kayu dengan Bahan Alami

Membersihkan lantai kayu selain menggunakan teh, terdapat beberapa cara alami yang dapat dilakukan. Menurut Villavers mana cara alami yang mudah untuk dilakukan?

1. Larutan Cuka

Larutan cuka adalah bahan yang paling efektif untuk membersihkan lantai, membuatnya tampak lebih halus dan bersih. Untuk menggunakannya, campurkan setengah cangkir cuka dengan seember air. Juga gunakan jus lemon jika memungkinkan untuk hasil yang lebih baik.

Bersihkan lantai kayu di rumah Anda dengan campuran air, cuka, dan jus lemon. Perpaduan bahan-bahan tersebut sangat efektif untuk membersihkan kotoran membandel dan noda yang menempel di permukaan lantai. Selain lebih mudah ditemukan, bahan-bahan tersebut juga lebih terjangkau.

2. Baking Soda

Cara lain untuk memoles lantai kayu adalah dengan menggunakan baking soda. Tentunya bahan ini mudah ditemukan di dapur Anda. Selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue, soda kue juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih untuk menghilangkan noda yang disebabkan oleh noda minyak, juga dapat menghilangkan garis-garis pada permukaan lantai kayu yang disebabkan oleh goresan benda tajam.

Baking soda juga diklaim lebih cepat membersihkan noda yang sulit dihilangkan. Pelajari cara menggunakan soda kue dengan memercikkannya ke permukaan lantai yang diinginkan. Selanjutnya, ambil kain pel basah dan peras hingga kain pel bebas dari tetesan air, lalu bersihkan area yang telah ditaburi baking soda. Melakukannya akan memunculkan kotoran dan noda yang sulit dihilangkan oleh pembersih lantai kayu, membuat lantai terlihat lebih berkilau.

3. Minyak Zaitun

Bahan alami ini mungkin lebih mahal dari yang sebelumnya. Namun di sisi lain, minyak zaitun dapat membantu Anda membersihkan lantai kayu, menjadikannya lebih bersih dan berkilau.

Cara Penggunaan Campurkan minyak zaitun dengan cuka, lalu campurkan kedua bahan tersebut. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan kotoran dan noda membandel pada lantai kayu.

4. Teh

Larutan semprotan teh hitam dapat digunakan untuk menghilangkan noda dari lantai kayu keras. Dengan cara campur kantong teh dengan air mendidih. Masukkan larutan ke dalam botol semprot dan aplikasikan ke lantai kayu, dengan memberisihkan lantai kayu dengan menggunakan lap akan menghilangkan semua kotoran, minyak, dan noda.  Sebagai catatan, takaran air dan kantong teh disesuaikan dengan luas lantai yang dibersihkan. Sebagai perkiraan, Anda harus menggunakan sekitar 8 kantong teh hitam untuk setengah galon air.

Lantas, langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk membersihkan atau mengepel lantai kayu dengan teh hitam?

Berikut beberapa langkah penggunaan teh untuk membersihkan lantai kayu.

  1. Rebus sepanci air dan tambahkan lima hingga enam kantong teh ke dalam air. Matikan api dan biarkan teh terendam selama sekitar 10 menit.
  2. Tuang teh dengan hati-hati ke dalam ember pel. Air dingin juga bisa ditambahkan untuk menurunkan suhu jika perlu.
  3. Masukkan kain pel ke dalam air teh dan peras sepenuhnya agar kain pel tidak basah.
  4. Mulailah dengan mengepel area kecil di tempat tersembunyi untuk memastikan larutan teh tidak berubah warna.
  5. Jika tidak ada perubahan warna, pel lantai seperti biasa, dan gunakan teh sebagai air pel.
  6. Lalu, biarkan lantai mengering.

Cara ini mungkin berhasil untuk membersihkan lantai kayu keras, tetapi berhati-hatilah saat menggunakan daun teh untuk mengepel lantai kayu jenis ini.

Bagi Anda yang ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotaktumbler strianerteh villa sachetteh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh terbaik di Indonesia. Selamat mencoba Villavers!