10 Manfaat Minum Teh Setiap Hari Baik untuk Kesehatan

6 Manfaat Minum Teh Setiap Hari Baik untuk Kesehatan

Kebiasaan minum teh tidak hanya bermanfaat untuk pelepas dahaga saja. Minuman tersebut juga terbukti memiliki banyak kegunaan positif bagi kesehatan, termasuk mencegah penyakit berbahaya dan diet untuk menurunkan berat badan.

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan bahwa peminum teh secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular aterosklerotik atau kematian dini akibat penyebab apa pun, terutama stroke. “Hasilnya menunjukkan bahwa minum teh bisa dianggap sebagai perilaku gaya hidup yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan,” tulis Vanessa Bianconi, peneliti di University of Perugia di Italia, mengenai fakta tersebut, dikutip dari laman Today.

Berikut 6 manfaat minum teh setiap hari baik untuk kesehatan:

1. Memiliki Sifat Antioksidan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Antioksidan diketahui memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu mempertahankan diri dari radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat teh hitam yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Teh hitam mengandung kelompok antioksidan lain yang disebut flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung. Manfaat teh hitam jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi banyak faktor risiko penyakit jantung, antara lain tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida, dan obesitas.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Tubuh manusia mengandung dua lipoprotein yang mengangkut kolesterol ke seluruh tubuh. Salah satunya adalah lipoprotein densitas rendah (LDL) dan yang lainnya adalah lipoprotein densitas tinggi (HDL). LDL dianggap sebagai lipoprotein “buruk” karena mengangkut kolesterol ke sel-sel di seluruh tubuh. Sedangkan HDL dianggap sebagai lipoprotein yang “baik” karena mengangkut kolesterol dari sel dan hati keluar dari tubuh. Jika LDL terlalu banyak di dalam tubuh, dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan endapan yang disebut plak. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti gagal jantung atau stroke. Untungnya, banyak penelitian telah menemukan bahwa teh hitam dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko komplikasi kesehatan seperti diabetes tipe 2, obesitas, penyakit kardiovaskular, gagal ginjal, dan depresi. Teh hitam adalah minuman tanpa pemanis yang telah terbukti membantu meningkatkan penggunaan insulin oleh tubuh.  Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan manfaat teh hitam yaitu meningkatkan insulin dalam tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat meningkatkan aktivitas insulin hingga lebih dari 15 kali lipat.

5. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Ada lebih dari 100 jenis kanker, beberapa di antaranya tidak dapat dicegah. Namun, polifenol dalam teh hitam dapat membantu mencegah kelangsungan hidup sel kanker. Studi yang dipublikasikan di Anticancer Medicinal Chemistry ini menganalisis efek polifenol dalam teh pada sel kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh hitam dan hijau dapat membantu mengatur pertumbuhan sel kanker dan mengurangi produksi sel kanker baru.

6. Membantu Mengurangi Resiko Stroke

Stroke terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah. Namun, 80% kasus stroke dapat dicegah. Misalnya dengan mengatur pola makan, berolahraga, menjaga tekanan darah dan tidak merokok.

Menariknya, penelitian dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa manfaat teh hitam juga membantu menurunkan risiko stroke. Orang yang minum lebih dari tiga cangkir teh hitam per hari memiliki risiko stroke 21 persen lebih rendah, studi tersebut menjelaskan. Dibandingkan dengan mereka yang minum teh kurang dari 1 cangkir per hari.

7. Bantu Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Praktisi Ayurveda telah menggunakan teh berabad-abad untuk membantu menjaga sistem kekebalan  tetap kuat setelah cedera atau penyakit karena sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasinya.

8. Bebas Kalori

Teh adalah minuman bebas kalori alternatif yang bagus. Tanpa harus menambahkan apapun ke minuman ini atau meminumnya panas atau dingin,  sangat mudah dan sehat untuk mengkonsumsi teh.

9. Melancarkan Pencernaan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal evidence-based complementary and Alternative Medicine, teh hitam mengandung senyawa theorubigin yang dapat mengobati gangguan pencernaan. Namun, senyawa theaflavin yang dikandungnya juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi dari penyakit lambung. Anda bisa menyeduh satu kantong teh hitam dalam segelas air matang (250 ml) selama 5-10 menit. Saring teh hitam setelah bir sebelum diminum.

10. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat teh hitam lainnya dapat memperkuat tulang dan gigi. Manfaat teh hitam  ini berasal dari kandungan fitokimia  teh hitam yang bahkan  dapat mengurangi risiko radang sendi. Orang yang minum teh hitam setiap hari  dapat mengembalikan kepadatan tulang karena teh hitam mengandung  pengganti kalsium. Masalah tulang seperti patah tulang pada lansia juga bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi teh hitam.

Selain dapat bantu memperkuat tulang, teh juga memiliki manfaat untuk bantu jaga kesehatan gigi. Peneliti Jepang telah menunjukkan bahwa kebiasaan minum teh dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan gigi. Manfaatnya antara lain mencegah gigi berlubang,  gigi berlubang atau goyang atau tua. “Teh mengubah pH  mulut  saat Anda meminumnya, dan mungkin itu mencegah gigi berlubang,” ungkap  Anna Ardine, direktur nutrisi klinis di Rumah Sakit Magee-Womens, Pusat Medis Universitas Pittsburgh, AS. Selain itu, tidak seperti banyak minuman lain, teh tampaknya tidak menimbulkan korosi pada enamel gigi.

Jadi, ayo konsumsi teh hitam sekarang juga. Teh Villa memproduksi teh hitam premium lho, selain itu ada varian produk lainnya seperti teh celup kotak, teh celup sachet, teh merah wangi, tumbler strainer dan teh villa cup yang merupakan inovasi baru, praktis, tinggal seduh dapat diminum langsung. Anda bisa mengunjungi kategori produk di website ini untuk membeli. Selamat mencoba!