Ternyata! Kebiasaaan Minum Teh Bantu Perlancar Peredaran Darah

Ternyata! Kebiasaaan Minum Teh Bantu Perlancar Peredaran Darah

Pentingnya Sirkulasi Darah dalam Tubuh

Sistem sirkulasi darah sangat penting untuk semua kesehatan  tubuh. Terkadang  sistem sirkulasi darah jarang  di perhatikan oleh banyak orang.  Tubuh manusia memiliki 60.000 mil pembuluh darah. Bersama dengan jantung dan otot lainnya, mereka membentuk sistem peredaran darah. Jaringan ini membawa darah ke seluruh tubuh. Sirkulasi  sangat penting untuk kesehatan seluruh tubuh. Faktanya, sekitar 5 liter darah dipompa oleh jantung  melalui pembuluh darah tubuh setiap menit. Ketika sirkulasi darah buruk itu berarti darah tidak mengalir secara efektif melalui sistem dan dapat mengalami berbagai masalah, seperti mati rasa atau kesemutan. Sirkulasi yang buruk berarti juga memperlambat atau menghalangi aliran darah. Ini berarti bahwa sel-sel tubuh tidak bisa mendapatkan semua oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan. Karena itu, penting untuk mengonsumsi teh hitam dapat membantu perlancar peredaran darah.

Manfaat Menjaga Sirkulasi Darah

Sistem peredaran darah memegang peranan yang sangat penting, oleh karena itu kita harus menjaganya agar tetap sehat. Sistem peredaran darah atau kardiovaskular memiliki semua fungsi vital tubuh manusia. Beberapa di antaranya adalah mengangkut oksigen dan nutrisi dari jantung ke tubuh, menyalurkan hormon, dan mengeluarkan karbon dioksida melalui paru-paru. Kinerja sistem peredaran darah sangat menentukan apakah seseorang hidup atau mati. Jika ada gangguan seperti penyumbatan, maka penyakit dengan tingkat kematian yang tinggi akan segera terjadi. Kondisi ini termasuk serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, aterosklerosis dan aneurisma aorta perut. Oleh karena itu, menjaga sistem peredaran darah agar tetap lancar menjadi begitu penting. Berikut beberapa manfaat yang kita peroleh dengan menjaga kesehatan organ peredaran darah kita :

  1. Terhindar dari penyakit jantung akibat gaya hidup yang tidak tepat.
  2. Tekanan darah normal, hindari tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah.
  3. Terhindar dari penyakit paru-paru.
  4. Tubuh selalu segar karena oksigen disalurkan ke seluruh tubuh.
  5. Tidak mudah lelah.
  6. Risiko penyakit kardiovaskular rendah.

Jika sistem peredaran darah tidak bekerja dengan baik, beberapa masalah serius dapat terjadi pada tubuh. Tubuh membutuhkan sesuatu yang mempercepat sistem peredaran darah. Bagaimana caranya?

 

Ternyata! Kebiasaaan Minum Teh Bantu Perlancar Peredaran Darah
Sumber : unsplash.com

Teh Tawar Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh

Tak banyak orang yang tahu bahwa memperlancar peredaran darah salah satunya dengan rutin minum teh. Teh tawar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari laman Reader’s Digest, teh berasal dari tanaman teh yang mengandung antioksidan bernama katekin, yang terbagi menjadi senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Kebiasaan minum teh secara teratur dikatakan membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan polifenol pada beberapa teh dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Sehingga lebih mudah untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah plak di pembuluh darah.  Antioksidan dalam teh juga meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu, polifenol yang ditemukan dalam beberapa teh juga membantu mengurangi risiko diabetes dan mengelola diabetes.

Manfaat lain dari minum teh tawar adalah dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Manfaat ini berasal dari kandungan polifenol teh yang diduga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Teh umum yang bisa dikonsumsi sebagai obat penurun kolesterol alami.

Teh dikenal sebagai salah satu minuman yang dapat mencegah kanker. Polifenol dan antioksidan dalam teh diketahui dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda dapat memperoleh manfaat ini terutama dengan teh hitam. Selain itu, konsumsi teh tawar secara rutin juga dapat membuat tubuh terasa lebih rileks, karena kandungan L-theanine pada teh dapat membantu relaksasi tubuh. Tak hanya itu, L-theanine memiliki manfaat lain, seperti menghilangkan stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan fungsi otak. Meskipun banyak manfaatnya, pastikan untuk tidak memakannya secara berlebihan. Batasan konsumsi teh yang dianjurkan adalah 2-3 cangkir per hari. Jangan minum lebih dari jumlah tersebut, terutama jika Anda sedang hamil atau menderita sakit maag.

Yuk Villavers, rutin minum teh tanpa gula untuk membantu memperlancar peredaran darah! Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strainer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.