Tidak Hanya Menyehatkan, Teh Juga Dapat Digunakan Sebagai Aromaterapi

Tidak Hanya Menyehatkan, Teh Juga Dapat Digunakan Sebagai Aromaterapi

Manfaat Aromaterapi untuk Tubuh dan Pikiran

Aromaterapi, seperti namanya, merupakan pemulihan yang memanfaatkan minyak atsiri (essential oil) yang diekstrak dari ekstrak tumbuh-tumbuhan. Minyak atsiri ini sering diolah dari tanaman obat, bunga, tumbuhan, akar, buah dan pohon.

Aromaterapi bekerja dengan merangsang saraf di hidung dan otak. Saat menggunakan minyak aromaterapi, wanginya menguap dan menyebar ke seluruh ruangan. Saat kita menghirup uapnya, aromanya akan masuk ke rongga hidung, lalu merangsang sistem saraf di otak, sehingga berperan dalam mengatur emosi. Aromanya merangsang hipotalamus, area otak yang menghasilkan hormon peningkat mood serotonin. Selain itu, aromaterapi juga dapat merangsang sistem saraf untuk mengatur detak jantung, tekanan darah, dan mengatasi stres, juga dapat berperan sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan pereda nyeri. Sangat lengkap bukan?

Aromaterapi tidak dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit. Namun terapi ini dapat digunakan sebagai suplemen untuk mendukung penyembuhan berbagai kondisi. Diantara mereka:

1. Relaksasi

Manfaat utama aromaterapi adalah membantu lebih rileks. Beberapa jenis, teh membantu menenangkan saat merasa terlalu stres atau cemas. Selain membuat rileks, aroma yang dikeluarkan diyakini dikendalikan oleh sistem saraf simpatik. Sistem saraf ini bertanggung jawab untuk merespon stres dan gejala fisik yang terjadi. Misalnya, jantung berdetak kencang dan tangan berkeringat deras.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Aromaterapi juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur karena memiliki efek relaksasi dan mengurangi stres dan kecemasan. Seseorang dengan kondisi seperti kecemasan, sindrom kaki gelisah, serta insomnia dan gatal di malam hari dapat menggunakan minyak aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur.

3. Obat Penyakit Pernafasan

Banyak aromaterapi juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu membersihkan udara dari jamur, bakteri, dan kuman. Mikroorganisme ini diyakini berperan dalam gejala pernapasan seperti bersin, batuk, dan hidung tersumbat. Gunakan minyak pohon teh yang dikatakan memiliki sifat antimikroba dan antiseptik. Atau minyak kayu putih, yang dapat melegakan saluran pernapasan saat Anda masuk angin.

4. Meredakan Peradangan dan Nyeri

Sementara itu, aromaterapi juga bisa meredakan nyeri sendi, jaringan yang meradang, atau otot yang tegang dengan menggunakan kunyit, jahe, dan jeruk. Pada saat yang sama, ketidaknyamanan sakit kepala dapat dikurangi dengan penggunaan minyak esensial yang mengandung aroma rosemary, mint, dan daun mint.

5. Mengurangi Rasa Mual

Selain itu, minyak aromaterapi yang mengandung peppermint, chamomile, ginger, lemon, eucalyptus, dan anggur dapat membantu meredakan gejala gangguan pencernaan. Misalnya mual, kram perut akibat PMS, asam lambung dan mual saat hamil. Jahe dan kunyit memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi erosi, nekrosis dan pendarahan pada dinding lambung. Selain itu, secara signifikan mengurangi sakit perut.

Sumber : Pexels.com

Villavers, apakah Anda tahu? Selain air seduhan yang bermanfaat, teh memiliki banyak manfaat lho! Ya, teh yang biasanya diseduh ternyata memiliki banyak manfaat, mulai dari kecantikan hingga menjaga lingkungan. Teh biasanya menemani kita di pagi atau sore hari. Aromanya menyejukkan, rasanya menyegarkan, dan kehangatannya memulihkan kesehatan. Minum teh tidak hanya nikmat, kita juga bisa mendapatkan manfaat lain dari teh.

Manfaat Teh Sebagai Aromaterapi

Selama berabad-abad manfaat teh hitam telah dikenal karena kegunaannya untuk kesehatan tubuh. Kini para peneliti telah menemukan bahwa manfaat aroma teh hitam digunakan sebagai aromaterapi sehingga bisa membuat rileks. Jika Anda mulai merasa stres dan lelah karena pekerjaan, cobalah aromaterapi dengan teh.

“Saat ingin menenangkan diri, Anda bisa bersantai dengan secangkir teh. Manfaat aromanya bisa menenangkan Anda,” ujar Jenny Chua.

Aroma teh hitam yang kuat ini bisa menenangkan juga dapat berfungsi untuk membantu menghilangkan stres. Menurut sebuah penelitian, menghirup aroma teh hitam secara signifikan dapat berguna untuk merangsang pelepasan zat kimia yang berhubungan dengan saraf tubuh, yang pada akhirnya membuat saraf dan otot tubuh menjadi lebih tenang dan rileks. Mencium aroma teh secara teratur tidak hanya dapat mengendurkan saraf dan otot, tetapi juga berfungsi sebagai aromaterapi sehingga lebih efektif meredakan stres. Beberapa jenis teh seperti teh mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Dalam bentuk aromaterapi, teh dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam proses penyembuhan.

 

Cara Menggunakan Teh Sebagai Aromaterapi

Jika Anda mulai merasa stres dan lelah karena pekerjaan, cobalah aromaterapi dengan teh. Aromaterapi teh juga bisa dipadukan dengan terapi lilin atau candle healing. Ini cukup untuk menghilangkan kepenatan. Bisa juga ketika Anda menyeduh teh lalu menghirup aromanya terlebih dahulu sebelum menikmatinya.

Menurut penelitian Erni, keunikan aroma teh seduhan disebabkan oleh kandungan zat volatil (mudah menguap) pada teh dan memiliki sifat terapeutik dan psikoterapeutik. Khasiat inilah yang memberikan aroma teh yang unik, yang dapat menenangkan pikiran.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh UCL (University College London) menunjukkan bahwa teh dapat mengeluarkan hormon stres. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology membuktikan bahwa minum teh memberikan pereda stres lebih cepat, dan teh yang direkomendasikan adalah teh yang diseduh secara alami dan artifisial.

Penting untuk diingat bahwa aromaterapi adalah pengobatan komplementer dan bukan pengobatan utama. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang serius atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsultasikan dengan ahli aromaterapi atau profesional kesehatan sebelum menggunakan aromaterapi teh.

Sumber : Pexels.com

Segarkan Udara Di Rumah dengan Aromaterapi dari Daun Teh

Jika rumah sering berbau dan tidak segar, Anda tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang untuk membeli pengharum ruangan. Daun teh dapat digunakan untuk menyegarkan udara di dalam rumah. Selain dapat dijadikan aromaterapi, daun teh dapat menambah aroma segar pada ruangan di rumah Anda.

Metodenya sederhana dan mudah, hanya perlu membuat daun teh kering seperti membuat teh untuk diminum. Setelah itu, juga bisa menambahkan rempah untuk menambah rasa seperti kayu manis dan lainnya. Kemudian biarkan mendidih hingga teh mengeluarkan aroma yang harum. Aroma daun teh akan membawa aroma segar ke rumah Anda. Selain itu, ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menyimpan daun teh kering dan memasukkannya ke dalam wadah kecil.

Menggunakan daun teh untuk menyegarkan rumah merupakan cara yang ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan pengharum ruangan dengan kandungan kimia yang tinggi. Cara ini tidak hanya lebih ramah lingkungan, tetapi juga lebih mudah dan murah. Apa yang kamu tunggu? Coba sekarang! 

Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.