Bolehkah Minum Teh untuk Asam Lambung? Ketahui Faktanya

Bolehkah Minum Teh untuk Asam Lambung Ketahui Faktanya

Bolehkah Minum Teh untuk Asam Lambung?

Banyak orang Indonesia yang lebih suka minum teh saat sakit perut. Mereka percaya bahwa  minum teh manis panas bisa memperbaiki perut. Namun, bolehkah penderita asam lambung minum teh? Karena beberapa jenis teh  mengandung kafein yang sebenarnya kurang baik untuk lambung.

Orang Indonesia sangat sering minum teh, baik panas maupun dingin. Teh bersama seperti itu biasanya disajikan sebagai minuman untuk tamu atau pada acara kecil dan besar. Selain itu, banyak  minum teh untuk menenangkan tubuh dan menikmati  relaksasi. Jika demikian, bolehkah minum teh manis?

Banyak orang masih memperdebatkan apakah  penderita asam lambung dan maag boleh minum teh. Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa  minum teh dapat menetralkan asam lambung sehingga perut terasa nyaman. Namun,  beberapa ahli tidak setuju dengan teh yang digunakan untuk mengobati asam lambung atau maag karena kandungannya. Perdebatan ini sebenarnya muncul karena banyak sekali jenis teh yang kandungan kandungannya  berbeda-beda.

Jadi bolehkah penderita sakit maag minum teh manis? Jawabannya boleh. Namun perlu diketahui bahwa teh yang digunakan tidak mengandung kafein. Beberapa jenis teh tanpa kafein biasanya berupa teh herbal. Jenis teh herbal dapat merangsang lapisan kerongkongan, sehingga dapat melindungi kerongkongan dari iritasi akibat asam lambung. Jadi jangan salah minum teh ya Villavers!

 

Bolehkah Minum Teh untuk Asam Lambung? Ketahui Faktanya ya
Sumber: pexels.com

Teh untuk Asam Lambung yang Aman Dikonsumsi

Penderita asam lambung tetap boleh minum teh, asalkan tidak berlebihan dan tehnya rendah kafein.  Salah satunya teh jahe yang lebih aman untuk di konsumsi penderita asam lambung. Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat meredakan tekanan pada esophageal sphincter, titik terendah antara kerongkongan dan lambung. Pengurangan tekanan dapat meningkatkan kerusakan pada sfingter, otot halus berbentuk cincin yang  menutup bukaan beberapa organ untuk memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Minum teh jahe juga dapat membantu memberikan rasa hangat dan menenangkan pada tubuh.

 

Bolehkah Minum Teh untuk Asam Lambung? Cek Faktanya
Sumber : pexels.com

Minuman untuk Asam Lambung yang Aman Dikonsumsi

Selain teh jahe berikut beberapa minuman yang aman untuk di konsumsi oleh penderita asam lambung:

1. Yogurt

Minuman asam lambung yang pertama adalah yogurt. Produk susu tertentu, seperti yogurt, dianggap dapat meredakan gejala refluks asam. Anda dapat mencoba yogurt tanpa pemanis dan menambahkan sedikit madu ke dalamnya untuk rasa yang manis.

2. Susu

Bagi penderita asam lambung, susu rendah lemak atau bebas lemak bisa menjadi pilihan yang tepat, salah satunya adalah susu almond yang dianggap sebagai penetral asam. Namun,  jangan gunakan susu dengan kandungan lemak tinggi. Hal ini karena kandungan lemak pada susu justru dapat memperparah gejala sakit maag.

3. Jus Buah

Minuman perut yang baik untuk digunakan nanti adalah jus buah. Jus yang bisa dicoba yaitu jus buah semangka,  jus buah bit, dan jus buah pir. Namun, hindari memilih jus buah asam seperti buah jeruk, nanas dan tomat.

4. Air

Air terlihat sederhana. Namun, minuman ini  baik untuk penderita GERD. PH air biasanya netral dan dapat menaikkan tingkat pH  makanan  asam. Namun, jangan minum air terlalu banyak, karena dapat mencegah retensi mineral  dalam tubuh dan memicu gejala GERD.

5. Air kelapa

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan yang baik karena kaya akan elektrolit seperti potasium. Elektrolit dapat mendukung stabilitas pH  dalam tubuh untuk membantu mengontrol refluks asam.

 

Tips Makan dan Minum yang Sehat untuk Refluks Asam Lambung

Berikut  beberapa tips makan dan minum sehat yang bisa diterapkan oleh penderita asam lambung setiap hari:

  1. Ingatlah untuk sarapan atau makan siang untuk menghindari makan dan minum berlebihan nantinya.
  2. Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman ringan pada malam hari karena dapat menyebabkan mulas.
  3. Makan tepat waktu, dan usahakan untuk tidak makan malam mepet dengan jam tidur.
  4. Jangan makan setidaknya tiga jam sebelum tidur.
  5. Tetap tegak saat makan atau setelah makan.
  6. Hindari minum terlalu banyak alkohol karena dapat memperburuk gejala refluks asam  pada beberapa orang.
  7. Kurangi atau hindari makanan pedas atau gorengan.

 
Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.