Khasiat Minum Teh, Cegah Penyakit Alzheimer

Khasiat Minum Teh, Cegah Penyakit Alzheimer

Tahukah Anda bahwa minuman teh memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh? Salah satu khasiat dari minuman teh, menurut beberapa studi yang baru dilakukan, adalah memerangi penyakit alzheimer. Studi tersebut telah dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, Health, and Aging.

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa mengkonsumsi teh secara rutin dapat mengurangi lebih dari setengah risiko penurunan kognitif pada orang dewasa. Dengan begitu, menjadi semakin bertambah lagi khasiat dari minuman teh, selain untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Jadi bertambah lagi alasan bagi Anda untuk rutin mengkonsumsi minuman teh setiap hari.

 

Minum Teh Meningkatkan Fungsi Kognitif Pada Otak

Seperti halnya pada minuman kopi, teh mengandung kafein yang bisa menghambat aktivitas adenosin atau senyawa di tubuh yang dapat menimbulkan rasa kantuk. Kafein juga memiliki khasiat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. Meminum secangkir teh setiap pagi dapat mencegah risiko alzheimer sampai 50%, dan mengurangi risiko masalah kesehatan lain sampai 86%.

Meskipun teh merupakan minuman yang mengandung kafein, tapi kafein di dalamnya adalah jenis yang sehat dan bernutrisi tinggi selama dikonsumsi dengan benar, yaitu tanpa tambahan gula. Kafein mampu melakukan perbaikan dalam berbagai fungsi otak termasuk peningkatan suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori yang berkaitan dengan penyakit alzheimer.

Penyakit alzheimer sendiri merupakan penyakit neurodegeneratif yang paling umum terjadi pada manusia. Alzheimer merupakan penyebab utama penyakit demensia. Oleh karena itu meminum teh setiap pagi dapat meningkatkan fungsi kognitif pada otak.

 

minum teh teratur bisa cegah penyakit alzheimer
Sumber : unsplash.com

Kandungan Antioksidan dalam Teh

Antioksidan merupakan sebuah molekul yang dapat membentuk untuk melawan senyawa radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel dalam tubuh. Kandungan polifenol pada teh yang berupa katekin dan flavanol memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan yang terdapat dalam teh tersebut juga dapat mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas yang terdapat dalam tubuh muncul karena udara di lingkungan sekitar tercemar oleh polusi. Selain itu, radikal bebas juga bisa terdapat pada makanan tidak sehat yang dimakan. Oleh karena itu, Anda perlu rutin minum teh untuk mengurangi dampaknya.

minum teh teratur mampu cegah sakit alzheimer
Sumber : pexels.com

Jenis-Jenis Teh yang Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer

Minuman teh memiliki beragam jenis, berikut ini adalah jenis-jenis teh yang memiliki kemampuan untuk mencegah munculnya penyakit alzheimer:

Teh Hitam

Menurut para peneliti dari Rush University di Chicago, Amerika Serikat, secangkir teh hitam dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer. Teh kaya akan zat flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Tim peneliti tersebut melacak pada lebih dari 900 orang tua selama 12 tahun yang mengonsumsi teh hitam setiap hari memiliki risiko lebih rendah menderita penyakit alzheimer.

Teh Hijau

Jenis teh lain yang dapat mencegah alzheimer adalah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan bioaktif dan katekin yang memiliki manfaat melindungi otak terutama saat memasuki usia lanjut. Jika Anda rutin mengonsumsi teh hijau, risiko terkena alzheimer dan parkinson menjadi lebih kecil.

Teh Putih

Kandungan yang terdapat dalam teh putih adalah katekin dan epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu zat yang dapat menurunkan resiko perkembangan penyakit parkinson dan alzheimer. Dalam penelitian ditunjukkan hasil bahwa kedua senyawa tersebut dapat mencegah protein dari akumulasi dan penggumpalan yang menjadi penyebab utama penyakit parkinson dan alzheimer.

Teh Oolong

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi teh oolong ternyata dapat meningkatkan kognitif otak dan juga kemampuan berpikir Anda? The oolong adalah teh yang diolah melalui proses fermentasi, proses fermentasi tersebut memberikan warna gelap. Selain itu, proses fermentasi memberikan rasa yang sedikit pahit dan aroma yang khas pada teh oolong.

Minum teh oolong yang mengandung theanine dan antioksidan, selain dapat memelihara dan mempertahankan fungsi otak, juga dapat membantu mencegah kepikunan dan penyakit alzheimer. Sehingga pengonsumsian teh oolong dalam jangka panjang juga dapat melindungi sistem saraf otak.

Teh Kembang Sepatu

Hibiscus atau teh kembang sepatu dapat mencegah peradangan yang dapat membawa perkembangan dalam berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang timbul akibat peradangan pada otak adalah alzheimer. Selain itu teh kembang sepatu juga bisa menawarkan efek anti-inflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Itulah beragam penjelasan mengenai khasiat dari rutin mengkonsumsi teh. Anda sebaiknya rutin mengkonsumsi minuman teh setiap pagi tanpa gula. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, Anda juga bisa terbebas dari penyakit alzheimer.

Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasiĀ  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.