Kumur-Kumur Teh Hitam Kurangi Tumpukan Plak di Gigi

Kumur-Kumur Teh Hitam Kurangi Tumpukan Plak di Gigi

Manfaat kesehatan teh hitam dan hijau sangat besar. Beberapa senyawa yang terkandung dalam tanaman ini telah dipelajari dan terbukti memiliki manfaat mulai dari kesehatan mental hingga kanker. Bahkan obat kumur teh dapat mengurangi plak pada gigi. Tentu saja, teh bukanlah obat mujarab. Namun, minum teh juga tidak baik jika diminum terlalu banyak.

Penyebab Plak Gigi

Plak pada gigi merupakan salah satu masalah gigi yang paling umum dalam dunia kesehatan gigi. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari bahwa mereka memiliki plak di mulut mereka. Pasalnya, terkadang plak tidak membahayakan, sehingga pasien tidak merasa memiliki masalah dengan kesehatan giginya. Kalau sudah begini, tidak ada upaya sebagai cara menghilangkan plak. Padahal, plak jangka panjang bisa menimbulkan masalah yang lebih serius.

Plak sebenarnya merupakan lapisan tipis dari berbagai jenis mikroorganisme yang menempel pada gigi atau gusi. Sebagian besar mikroba ini sendiri berasal dari makanan yang masuk ke mulut kita saat kita makan. Tanpa pembersihan yang optimal, karang gigi ini lama kelamaan bisa mengeras dan menjadi karang gigi.

Di dalam plak inilah terdapat mikroorganisme hidup yang menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi. Enamel yang rusak membuat gigi rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan gigi dan seringkali berdampak negatif bagi penderita gigi berlubang.

Penyebab utama timbulnya plak adalah malas menyikat atau membersihkan gigi. Tanpa rutinitas pembersihan rutin atau sikat gigi yang baik, plak dapat dengan cepat menumpuk dan menebal, lalu mengeras. Ya, plak biasanya muncul sekitar 4 hingga 12 jam setelah Anda menyikat gigi terakhir. Sebab, jika dibiarkan terlalu lama, plak akan menebal dan sulit dihilangkan.

Kumur-Kumur Teh Hitam Kurangi Tumpukan Plak di Gigi ya
Sumber : pexels.com

Pengaruh dari Plak Gigi

Makan terlalu banyak makanan tinggi karbohidrat juga diduga mempercepat penumpukan plak di antara gigi dan gusi. Karbohidrat adalah apa yang disukai mikroba di mulut Anda. Oleh karena itu, jika ada sisa makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak disikat dengan baik akan menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme tersebut.

Plak jika dibiarkan dan terakumulasi dari waktu ke waktu, dapat menyebabkan kerusakan gigi dan berbagai masalah kesehatan gigi serius lainnya. Berikut adalah beberapa masalah yang dapat ditimbulkan akibat plak gigi:

1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah konsekuensi umum karena mikroba atau bakteri yang terkumpul dalam plak mengeluarkan asam. Asam ini perlahan menggerogoti enamel dan kemudian gigi. Retakan atau celah berkembang secara bertahap dan lama kelamaan dapat menjadi lubang besar pada gigi.

2. Gingivitis atau Gusi Bengkak

Gingivitis atau bahasa sehari-hari biasa dikenal dengan gusi bengkak juga merupakan salah satu efek eksaserbasi plak. Secara kasat mata, gingivitis tampak berwarna hitam kemerahan, dan bentuk gusi bengkak terlihat. Gusi yang meradang ini mudah sakit dan berdarah jika tersentuh atau tersentuh makanan yang cukup tajam. Sayangnya, ada banyak kasus gingivitis yang tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga Anda mungkin mengalaminya tanpa menyadarinya.

3. Periodontis

Periodontitis dimulai dengan infeksi pada gusi, yang biasanya disebabkan oleh masalah gigi. Infeksi ini kemudian dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan pada gigi di sekitar rahang. Dengan kata lain, periodontitis adalah efek samping dari gingivitis yang tidak diobati.

4. Tartar atau Kalkulus

Tartar atau kalkulus adalah lapisan plak yang mengeras seperti semen dan tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi biasa. Karang gigi terjadi ketika plak dibiarkan dalam waktu lama. Sekilas, karang gigi terlihat keropos dan memiliki permukaan yang kasar. Selain itu, karang gigi juga berwarna kuning kecokelatan sehingga membuat gigi tidak sedap dipandang. Semakin lama Anda membiarkannya tidak dicuci, karang gigi akan lapuk dan menggerogoti gigi Anda.

 

Berkumur dengan Teh Hitam Kurangi Tumpukan Plak di Gigi
Sumber : unsplash.com

Kandungan Teh Hitam untuk Mengurangi Tumpukan Plak

Teh hitam (black tea) terbukti dapat melawan bakteri dan mengurangi tumpukan plak di mulut yang sering menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Jenis teh yang lebih populer di negara-negara Barat ini memiliki kemampuan membunuh dan mencegah pertumbuhan dan produksi asam bakteri penyebab pecahnya plak. Teh hitam juga dapat memengaruhi enzim bakteri glikosiltransferase, yang bertanggung jawab untuk mengubah gula menjadi “zat lengket” yang melekat pada plak gigi. Saat terkena teh hitam, beberapa enzim bakteri bisa kehilangan kemampuannya untuk bergabung dengan bakteri lain di dalam plak. Dengan kata lain, teh hitam dapat mengurangi jumlah plak di mulut kita. The British Dental Association mengatakan bahwa teh hitam dan hijau dapat membantu kita melawan plak pada gigi kita.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sukarelawan yang diminta berkumur dengan teh hitam selama 30 detik, 5 kali setiap 3 menit, mampu menghentikan pertumbuhan dan produksi bakteri plak di mulutnya. Teh hitam memiliki pengaruh yang besar dalam menjaga kesehatan gigi kita, kata Dr. Christina Wu, pemimpin penelitian tersebut. Namun, mendapatkan hasil terbaik bergantung pada perawatan gigi lain yang dilakukan setiap orang. Jadi jika ingin gigi sehat, gantilah soft drink berbahaya tersebut dengan secangkir teh hitam atau hijau karena kandungan asam pada soft drink hanya menyebabkan pengikisan pada gigi.

 

Minum Teh yang Baik Sehari Berapa Kali?

Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan Teh, konsumsi teh bisa dibatasi dua sampai tiga cangkir sehari. Karena tubuh dianjurkan untuk menerima 20-300 miligram polifenol perhari, sehingga dua sampai tiga cangkir per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun, jumlah ini hanya direkomendasikan untuk orang yang tidak memiliki masalah kesehatan. Orang dengan masalah kesehatan tertentu seperti insomnia, GERD dan anemia defisiensi besi lebih baik mendapatkan jumlah yang berbeda. Teh juga mengandung kafein, yang dapat memperburuk insomnia dan memicu regurgitasi asam lambung. Di sisi lain, pada penderita anemia, terlalu banyak teh dapat membuat penyerapan zat besi menjadi sulit.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan, sebaiknya batasi dengan satu atau dua cangkir saja atau bisa berkonsultasi dengan dokter tentang kesehatan dan konsumsi teh.

Dan bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasiĀ  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.